Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Dari Internet

membuat-blog-yang-menghasilkan-uang-puluhan-juta-per-bulan-dari-internet
Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Dari Internet

 

Media internet sudah berkembang sedemikian rupa sehingga bisa menjangkau sudut-sudut daerah dan orang-orang yang terpisah jarak jauh secara geografis. Penggunanya pun semakin bertambah setiap tahunnya. Jika Anda sedang membaca artikel ini, artinya Anda adalah salah satu dari sekian ratus juta orang yang sudah terhubung dengan internet.

Selain jangkauan yang semakin luas, kecepatan koneksinya pun semakin cepat. Selain itu, harga konektivitas internet pun semakin murah. Hal ini memicu booming penggunakan media internet untuk berbagai aktivitas, baik itu media sosial, komunikasi, media online, entertainment, dan lain sebagainya.

Di tengah booming penggunaan internet ini, sebenarnya tersembunyi potensi penghasilan milyaran jika Anda jeli melihat peluang ini.

Saat ini, kebanyakan pengguna internet hanya konsumen semata. Mereka menikmati beragam hiburan, informasi, dan penggunaan sosial media hanya untuk ber-“haha-hihi” semata. Apakah Anda salah satunya?

Tahukah Anda, bahwa dengan semakin luasnya akses internet saat ini, pola belanja masyarakat juga sudah mulai berubah?

Ya, saat ini, kebanyakan orang sudah mengandalkan pencarian lewat internet untuk segala bentuk informasi atau produk yang hendak mereka beli. Pola belanja seperti ini sangat berpengaruh pada peningkatan pola belanja online setiap tahunnya.

Dengan peluang pasar, yakni pengguna internet, yang semakin meluas dan kenaikkan potensi jumlah belanja online yang semakin besar, sudah saatnya Anda mengambil bagian dan keuntungan dari booming internet ini.

Terlepas dari latar belakang pendidikan dan pekerjaan Anda saat ini, luasnya akses internet saat ini menjanjikan potensi pendapatan tak terbatas. Potensi pendapatan inipun juga tak terbatas waktu, artinya selain bisa Anda lakukan di waktu luang Anda, pendapatannya pun bisa mengalir sepanjang hari.

Mengapa Anda harus mengambil peluang mendapatkan income dari internet? Ada 3 alasan utama bagaimana internet bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dari internet.

Alasan Pertama : Internet Bisa Jadi Sumber Penghasilan Sampingan Yang Besar

Sudah terbukti banyak sekali milyarder baru di Indonesia yang bisa mendapatkan penghasilan besar dari internet. Sebut saja Tokopedia, Gojek, Para Pemilik Toko Online, dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah contoh orang-orang atau bisnis yang besar dan berkembang melalui jalur internet.

Alasan Kedua : Bisa Berjualan Tanpa Modal Lewat Internet

Kemampuan internet menghubungkan jarak geografis yang jauh, membuka peluang terjadinya proses jual beli antarorang per orang yang bahkan belum pernah bertemu. Dengan hanya bermodal gambar dan deskripsi produk yang jelas, seseorang bisa menjualkan satu atau beberapa produk kepada orang lain tanpa perlu bertemu.

Hal ini sangat menguntungkan beberapa orang yang mau mulai bisnis tapi tidak punya modal. Cukup dengan menjadi dropshipper saja, setiap orang bisa memulai bisnis dari internet tanpa modal.

Berjualan dengan cara dropship, artinya Anda hanya perlu mempromosikan produk yang hendak Anda jual terlebih dahulu. Jika ada yang tertarik membeli, Anda baru mengontak supplier Anda untuk mengirimkan produk tersebut kepada pembeli Anda atas nama Anda. Keuntungan yang Anda peroleh adalah selisih harga jual yang Anda berikan kepada konsumen Anda dikurangi harga produk yang harus Anda bayarkan kepada supplier Anda. Paham kan?

Selain model dropship, jenis produk yang bisa Anda jual tanpa modal di internet adalah jenis produk digital. Contoh produk digital adalah ebook, video tutorial, database supplier, koleksi gambar-gambar tertentu, dan lain sebagainya.

Baca juga :   4 Cara Membuat Judul Yang Mampu Menaikkan Klik 5x Lipat

Produk-produk ini bisa Anda jual di internet tanpa perlu stok terlebih dahulu dengan cara membuat blog yang menghasilkan uang lewat penjualan produk-produk ini.

Alasan Ketiga : Bisa Dikerjakan Di Sela Kesibukan Utama

Bisnis online lewat media internet tidak selamanya harus menyita waktu Anda. Bisnis online sampingan ini bisa Anda lakukan di sela kesibukan Anda yang masih bekerja. Bisnis sampingan internet ini juga bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga di sela kesibukannya mengatur rumah dan menjaga anak-anak.

Memang tidak selalu bisnis lewat internet baik untuk dilakukan paruh waktu. Misalnya, Anda mengelola toko online, tentu semakin Anda bisa fokus, semakin bisa berkembang bisnis toko online yang Anda kerjakan.

NAMUN, dari beberapa alternatif cari uang lewat internet, ada salah satu cara mudah mencari uang sampingan dari internet, yakni melalui BLOG.

Blog adalah sebuah website yang memiliki beragam artikel bertemakan bahasan spesifik dan berisikan berbagai informasi terkait tema spesifik tadi.

Pertanyaannya, bagaimana menghasilkan puluhan juta dari internet lewat BLOG?

Setidaknya ada 7 langkah bagaimana membuat blog yang menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya dari internet.

Langkah #1 : Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Jika Anda ingin membuat blog yang menghasilkan uang dari internet hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah MEMBUATnya.

Anda bisa membuat blog gratis yang menghasilkan uang dengan memanfaatkan Blog gratis dari Blogspot ataupun WordPress. Ataupun, Anda juga bisa membuat blog secara profesional dengan menggunakan hosting yang berbayar.

Membuat BLOG dengan hosting berbayar akan membuat blog Anda lebih terkesan profesional dan lebih dipercaya calon pembeli Anda. Hosting berbayar ini tidak perlu mahal dan sangat terjangkau bagi Anda yang mau bisnis internet modal kecil.

Hal yang pertama kali Anda persiapkan ketika hendak membuat blog sendiri adalah menentukan tema blog yang akan Anda buat. Setelah itu, silakan Anda melakukan step by step membuat blog Anda sendiri.

Langkah #2 : Mengisi Konten Yang Dahsyat Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

Setelah Blog Anda jadi, tugas Anda adalah mengisinya dengan konten-konten berkualitas yang bisa mendatangkan ribuan trafik ke blog Anda.

Saran saya, pilih satu tema spesifik (niche) yang kira-kira relevan dengan produk yang hendak Anda jual, lalu mulailah menyusun konten-konten yang berkualitas.

Kenapa harus memiliki tema spesifik? Tujuan utamanya adalah mendatangkan trafik pengunjung blog yang memang memiliki ketertarikan di topik spesifik tadi supaya potensinya tinggi menjadi calon pembeli produk yang hendak Anda jual di tema yang relevan tadi.

Alasan lainnya adalah bahwa Google menyukai website dengan konten yang informatif sehingga akan memberikan nilai SEO yang lebih tinggi kepada website (blog) tersebut. Semakin tinggi nilai SEO blog yang Anda buat, semakin mudah blog Anda tampil di halaman pertama pencariaan Google.

Semakin dahsyat konten Anda, semakin mudah konten yang Anda tulis tadi disukai oleh pembaca Anda dan menjadi viral karena para pembaca Anda memiliki kemungkinana yang tinggi untuk membagikannya melalui sosial media yang mereka miliki.

Viralitas ini akan semakin menaikkan jumlah trafik kunjungan pembaca blog dan menambah nilai SEO blog Anda juga.

Jika Anda mengalami kebuntuan ketika hendak menulis konten artikel yang menarik bagi blog Anda, ada 3 tulisan di blog ini yang bisa membantu Anda dalam mempersiapkan dan menulis artikel blog yang dahsyat, yakni :

Baca juga :   3 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis Artikel Blog Dengan Frekuensi Teratur

Ketiga artikel tersebut akan membantu Anda menemukan sumber inspirasi bagi tulisan-tulisan Anda, memandu Anda menentukan jenis tulisan yang akan Anda buat, dan memberi motivasi kuat mengapa Anda harus rajin menulis dan menambah artikel baru bagi blog Anda.

Langkah #3 : Datangkan Ribuan Trafik Melalui SEO dan Web Analytics

SEO (Search Engine Optimization) adalah istilah yang sering digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website atau blog agar bisa tampil di halaman pertama pencarian google untuk kata kunci pencarian tertentu.

Jika Anda memiliki blog dengan SEO yang bagus, misalnya dengan niche (tema spesifik) bercocok tanam hidroponik, maka jika ada seseorang yang mengetikkan kata “bercocok tanam hidroponik” maka blog Anda akan muncul di halaman pertama pencarian google.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat blog Anda memiliki nilai SEO yang bagus, salah satunya adalah pemilihan kata kunci (keyword) dalam setiap konten artikel di blog Anda.

Selain itu, pengamatan rutin pada web analytics (analitis website) blog Anda, bisa memberikan gambaran seperti apa demografi, geolokasi, dan interest para pengunjung blog Anda. Informasi-informasi ini bisa Anda gunakan lebih lanjut untuk menuliskan konten-konten yang lebih relevan terhadap para pembaca blog Anda. Dengan begitu, blog Anda bisa lebih disukai para pembaca Anda.

Lebih lengkap bagaimana mendatangkan ribuan trafik lewat SEO bisa Anda pelajari di artikel berjudul SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor ini.

Langkah #4 : Tetap Jaga Pelanggan Blog Anda Lewat Email Marketing

Mendatangkan banyak pengunjung ke Blog Anda adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan terus-menerus, akan tetapi bagaimana menjaga agar para pengunjung ini tetap setia menjadi pembaca blog Anda seterusnya?

Tentu Anda harus mampu terus berkomunikasi kepada mereka agar setiap kali Anda membuat artikel baru dengan konten yang dahsyat, mereka bisa segera tahu dan membacanya.

Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana Anda bisa berkomunikasi dengan mereka jika selama ini blog Anda hanya mereka temui di mesin pencarian jika mereka sedang membutuhkan informasi tertentu?

Jawabannya adalah melalui EMAIL.

Ya, email adalah salah satu bentuk komunikasi di media internet yang paling mendasar. Melalui email, Anda bisa memberitahukan kepada orang-orang yang pernah berkunjung ke blog Anda tentang konten-konten baru yang dahsyat atau bahkan produk-produk jualan baru yang mungkin relevan bagi mereka.

Lalu bagaimana agar para pembaca blog Anda bisa berkomunikasi dengan email kepada Anda? EMAIL MARKETING adalah kuncinya.

Sejak awal Anda membuat blog, tanamkan pemahaman bahwa sedini mungkin Anda sudah harus menjaring email-email para pembaca Anda, sehingga Anda bisa membagikan banyak konten dahsyat kepada mereka walaupun mereka tidak sedang berkunjung ke blog Anda di masa mendatang.

Semakin banyak koleksi email pembaca blog yang Anda miliki, semakin mudah Anda untuk mendapatkan uang dari blog Anda.

Bagaimana membuat blog yang menghasilkan uang dengan bantuan email marketing? Bagaimana mendapatkan ribuan kontak email lewat blog? Saya sudah menulis artikel khusus mengenai hal ini di artikel berjudul Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog.

Baca juga :   Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog

Langkah #5 : Naikkan Trafik Blog Anda Melalui Mobile Marketing atau Social Media Marketing

Sosial media sudah menjadi keseharian banyak orang yang sudah memiliki akses internet. Di media sosial ini, orang-orang saling berbagi cerita, kisah, artikel, foto, bahkan video yang tentu berkesan bagi mereka kepada teman-temannya.

Sebuah kerugian yang besar jika Anda tidak bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai pendongkrak trafik kunjungan bagi blog Anda karena salah satu rahasia membuat blog yang menghasilkan uang adalah jumlah trafik yang masif.

Kuncinya adalah konten yang dahsyat yang bisa relevan dengan target pembaca Anda dan bisa membawa kesan yang mendalam bagi mereka.

Jika Anda rutin berbagi konten-konten berkualitas di blog Anda melalui sarana media sosial, maka diharapkan akan terjadi viralitas konten blog Anda tersebut di media sosial yang akan memicu peningkatan trafik kunjungan pembaca ke blog Anda.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak bagaimana mendapatkan banyak prospek untuk berjualan lewat aplikasi mobile chatting seperti BBM, Whatsapp, atau LINE, Anda bisa membaca artikel berjudul Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda ini.

Atau jika selama ini Anda doyan menghabiskan waktu di Facebook, Anda bisa mulai mempraktekkan jurus social media marketing seperti di artikel berjudul 3 Trik Tersembunyi Cara Berjualan di Facebook dan Jurus Rahasia Cara Jualan di Facebook dengan Akun Personal ini.

Langkah #6 : Tentukan Produk Untuk Dijual Lewat Blog Anda

Setelah Anda memiliki trafik kunjungan yang tinggi setiap harinya, katakanlah sekitar 500 visitor (kunjungan) per hari, Anda sudah bisa mulai menjual produk-produk yang relevan kepada target pembaca Anda.

Produk ini bisa berupa produk fisik, produk digital, atau bahkan Anda bisa menjual jasa Anda.

Mencari produk untuk dijual tidak sesulit mendapatkan target pasar yang potensial. Jika Blog Anda sudah memiliki trafik kunjungan yang tinggi setiap harinya, Anda tinggal mencari produk yang kira-kira akan laku untuk dijual.

Anda bisa mencarinya di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, atau di database supplier yang lengkap, atau mungkin Anda tahu dan memiliki kenalan produsen di sekitar tempat tinggal Anda yang relevan dengan target pembaca blog Anda.

Jangan lupa membaca artikel berjudul TRIK MENCARI IDE PRODUK DAN MEMBUAT RENCANA BISNIS SEDERHANA dan TRIK MEMILIH SUPPLIER ini jika Anda masih belum memiliki ide produk dan supplier bagi jualan Anda.

Langkah #7 : Produk Partnership dan Affiliate Marketing Memanfaatkan Blog Anda

Jika Anda tidak berniat menyediakan produk Anda sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan orang lain menjualkan produk sebagai product partnership atau affiliate marketing.

Dengan memanfaatkan produk Anda untuk menjualkan produk rekanan dan produk-produk afiliasi, Anda tidak perlu keluar modal untuk kulakan dan stok produk serta bisa membuat blog yang menghasilkan uang sampingan tanpa perlu resiko merugi.

DEMIKIAN, 7 langkah cara membuat blog yang menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya. Tidak ada yang tidak mungkin jika Anda melakukan usaha gila-gilaan disertai dengan doa yang tak henti.

Salam sukses selalu untuk Anda! ^^

download ebook videobook gratis

5 thoughts on “Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Dari Internet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>