Ini Dia Caranya Buat Aset Keuangan di Internet dan Punya Banyak Duit

Ini Dia Caranya Buat Aset keuangan Keuangan di Internet dan dan Punya Banyak Duit
Ini Dia Caranya Buat Aset keuangan Keuangan di Internet dan dan Punya Banyak Duit

Apa itu aset keuangan di internet ? Tunggu sebentar, makhluk apa aset keuangan itu ? Mengapa dia penting?

Oke sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, saya ingin bertanya dulu pada Anda.

Siapa yang ingin kaya ???

Yup, hampir semua orang akan jawab, “Sayaa.”

Kalau Anda baca blog trikbisnisonline.com salah satu tujuannya pasti untuk mencari cara menjadi orang kaya. He he he.

Lalu apakah kaya itu ?

Mari simak penggalan lirik dari sebuah lagu yang sempat hits di tahun 90an berikut :

Andai a a a a aku jadi orang kaya
Andai a a a a anggak usah pake kerja (bisa gak ya?! gak bisa)
Andai a a a a aku jadi orang kaya
Andai a a a a anggak usah pake kerja (Huuh..)

Sepenggal refren lagu yang dinyanyikan Oppie Andaresta dengan judul “Andai Aku Jadi Orang Kaya” di atas mewakili pikiran yang banyak muncul di dalam benak milyaran orang di dunia.

Selanjutnya Anda mungkin berpikir :

“Apakah mungkin ya Aku jadi orang kaya ?”

“Bagaimana caranya ?”

Jawabannya BISA. Ya percayalah, hal itu mungkin. Tapi …. He he he.

Ya tentu saja semua itu ada syaratnya.

Ada hal-hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Ga ada makan gratis di dunia ini, Bro n Sis.

Sayangnya begitu.

APA ITU KAYA ?

Oke, sebelum kita bahas bagaimana caranya kita bisa jadi orang kaya, mari kita tengok apa sih kaya itu sendiri. Sebelum kita membahas usaha-usaha dan cara untuk mencapai tujuan, mari kita bahas dulu tujuannya itu sendiri. Yup, Kaya. Apa sih artinya ?

PEMAHAMAN KELIRU SOAL ORANG KAYA

Banyak orang yang ingin menjadi kaya namun kesulitan untuk menjadi kaya.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jawabannya karena banyak orang seringkali menerima informasi yang keliru mengenai kekayaan yang membuat anda sulit untuk menjadi kaya.

Sebelum anda bisa menjadi kaya, maka anda harus memahami apa itu arti kekayaan sebenarnya dan menghilangkan pemahaman keliru yang anda miliki selama ini.

Mari kita kembali ke lagunya Oppie tadi ..
Pengen punya mobil, mewah..
Lengkap dengan AC, tape dan sopir pribadi
(Wiih, kemana-mana tinggal minta anter deh. Pergi santai, sambil denger music sama temen-temen gw. Gak kepanasan lagi. Wuih.. dingin..)
Pengen punya rumah (gedong)
Lengkap dengan pelayan (perabotan lux, plus kolam renang. Kaya di film. Mau ini itu tinggal perintah. Hidup serasa di istana, trus kalo kepanasan, gw ajak temen-temen gw nyebur deh, basah..)

Sekarang mari kita tutup mata dan bayangkan anda adalah seorang miliuner, imajinasikan bagaimana pakaian anda, sepatu, jam, kendaraan yang anda pakai, cara anda menggunakan waktu anda, dan makanan apa yang anda makan.

Apa sama dengan lagunya Oppie di atas ?

Kalau anda sama dengan sebagian besar orang di dunia maka mungkin ini yang anda bayangkan, anda berjalan dengan gagah/anggun, berbaju putih dengan logo Versace, Gucci, atau Channel (karya desainer terkenal), tiba2 anda berhenti berjalan menoleh ke arah jam tangan ROLEX anda.

Oh, sudah waktunya makan malam di RESTORAN TERKENAL BINTANG LIMA itu, bergegas anda masuk ke mobil sport LAMBORGINI merah kesayangan, ternyata di dalamnya pasangan anda yang supermodel itu sudah menunggu dengan senyum manis/tampannya.

Mobil melaju dengan kencang melewati jalan keluar RUMAH anda yang seperti ISTANA di kompleks ELITE itu.

Anda masuk ke dalam restoran, pelayan datang membawa masakan karya CHEF terkenal, minum WINE berusia puluhan tahun, bercanda dan tertawa.

Setelah kenyang anda melirik jam ROLEX sekali lagi, “Ah, masih pagi. Waktunya pergi CLUBBING dan have fun bareng teman-teman.”

Keesokan harinya anda liburan ke MONACO, terbang dengan tiket First Class, atau bahkan dengan Pesawat Pribadi, selanjutnya anda tiba di bandara, dan langsung berangkat menuju pantai untuk beristirahat dan menikmati Balapan F1 dari atas YACHT pribadi anda.

Indah bukan ?? Sayangnya itu semua hanya ada di angan-angan.

Bahkan ada orang yang secara tegas semua hal di atas itu bohong.

Mengapa gambar-gambar itu bisa muncul dalam benak anda?

Hal ini bisa terjadi karena otak anda telah sejak lama dicuci oleh tayangan film atau sinetron agar berpikir begitulah cara orang kaya hidup dan menggunakan uangnya.

Masih ingat film “Batman”,”“Rentetan film Fast & Furious nya Vin Diesel dari 1-9 ” ,“Great Gasby”, “Iron Man 1 – 3”, “Catatan Si Boy” atau sinetron “Anak Jalanan” ?

Bagaimana cara film-film tersebut menggambarkan tokoh-tokoh kaya dalam film-film tadi?

Apa ada kemiripan dengan imajinasi anda di atas?

Kepercayaan dan kebiasaan inilah yang dapat menjauhkan kita dari kesejahteraan dan kemakmuran.

Pada kenyataannya, sangat sedikit miliuner yang hidup dengan cara seperti itu. Bahkan, mereka yang menjalani gaya hidup malas dan bersenang-senang ini adalah minoritas miliuner yang kaya karena warisan, lotere, atau miliuner yang mendapatkan uangnya dari dunia hiburan atau olahraga.

Mereka semua memiliki kesamaan. Mereka biasanya akan kehilangan harta dan uangnya dalam waktu sekitar 10 tahun saja.

Kekayaan mereka hanya bersifat sementara. Masih ingat dengan mantan olahragawan Mike Tyson, Elyas Pical (mantan petinju legendaris Indonesia di tahun 80an), Evander Holyfield, David James (mantan kipper Liverpool & timnas Inggris), aktris/actor : Lindsay Lohan, Aaron Carter, Michael Jackson, 50 Cent, Pamela Anderson, Mel B, dan masih banyak lagi.

Sekarang bandingkan dengan gaya hidup billionaire sebenarnya, seperti : Warren Buffet, Bill Gates, atau Mark Zuckerberg. Bagaimana ? Kelihatan bedanya ?

Banyak Billionaire yang justru bergaya hidup sederhana.

Warren Buffet, investor terkaya di dunia, tinggal di rumah yang sama sejak 1958, di sebuah kota kecil di Amerika, Omaha. Dia hanya membeli mobil sesuai keperluan, dia jarang membeli mobil apalagi mobil mewah, menurutnya mobil itu nilainya akan terus terdepresiasi, menurun seiring waktu. Akan lebih baik uang tersebut dia masukkan ke bursa saham untuk diinvestasikan.

Mark Zuckerberg adalah pemilik Facebook, dia berpakaian dengan sederhana, simpel dan kasual, dia sering terlihat dengan T-shirt abu-abu dan jeans. Menurutnya memilih baju itu kegiatan yang menghabiskan waktu dan energi, dia punya banyak T-shirt abu-abu dengan model sama dan ukuran sama di lemari pakaiannya.

Bill Gates adalah pemilik Microsoft, perusahaan software terbesar di dunia. Dia berpakaian dan bergaya hidup sederhana, kegiatannya saat ini adalah beramal dan membantu orang yang membutuhkan lewat yayasan yang dia dirikan.

KEKAYAAN YANG SEBENARNYA

Sebelum bisa benar-benar menjadi orang kaya, anda harus memiliki pemahaman yang benar dulu mengenai apa itu kaya yang sesungguhnya.

Banyak orang mengganggap bahwa kekayaan diukur dari seberapa besar pendapatan seseorang, seberapa mahal nilai rumah, mobil, pakaian, tas, sepatu, atau asesoris yang dipakai, dan seberapa mewah gaya hidup yang dijalani. Akan tetapi pemahaman tersebut keliru.

Kekayaan yang sebenarnya diukur dari seberapa lama seseorang mampu menjalankan gaya hidup yang sama apabila ia berhenti bekerja.

Semakin lama anda mampu hidup tanpa harus bekerja secara aktif, maka semakin jelas bahwa anda memang kaya.

Oleh karena itu, kekayaan anda dapat dijelaskan dengan memahami tiga hal : pengeluaran anda setiap bulan, aset keuangan lancar anda, dan pendapatan pasif anda.

Aset keuangan lancar adalah jumlah kekayaan dalam bentuk tunai atau setara tunai yang anda miliki untuk membayar kebutuhan bulanan anda (uang, uang dalam rekening bank, deposito, obligasi, saham, dan deposito).

Sedangkan pendapatan pasif adalah pendapatan yang terus akan anda terima walaupun anda berhenti bekerja (bunga deposito, dividen, royalti, dan laba dari bisnis).

Sebagai contoh mari kita lihat ilustrasi berikut :

DONO adalah seorang manager di sebuah perusahaan multinasional dengan gaji Rp 30 juta per bulan.

DONO memiliki gaya hidup yang mewah, yang mengakibatkan dirinya harus mengeluarkan biaya hidup bulanan sebesar Rp. 25 juta per bulan.

Ia tidak bisa banyak menabung karena sisa uangnya digunakan untuk memodifikasi mobil dan rumahnya sehingga sisa tabungan di rekening banknya hanya sekitar Rp 25 juta saja (di bawah Rp 25 juta per bulan).

Ia tidak memiliki penghasilan lain di luar pekerjaan utamanya.

Seberapa besar kekayaan DONO ?

Jika Ia harus berhenti hari ini, hartanya yang sebesar Rp 25 juta itu hanya mampu menopang hidupnya selama 1 bulan saja.

Jadi tingkat kekayaannya hanya sebesar 1 bulan gaji.

Anda bisa lihat bahwa kekayaan tidak diukur berdasarkan angka Rupiah mutlak, akan tetapi dengan satuan waktu.

Mari kita lihat contoh lainnya. TINI seorang staff di perusahaan swasta yang memiliki gaji Rp 5 juta setiap bulannya bisa jadi lebih kaya dari DONO.

Apa itu bisa terjadi ? Selama 20 tahun ke belakang setiap bulannya TINI menyisihkan Rp 1 juta setiap bulannya untuk berinvestasi di saham dengan tingkat keuntungan rata-rata 30% per tahun.

Baca juga :   TRIK MEMILIH SUPPLIER

Sehingga TINI saat ini memiliki saham dengan nilai Rp 2.28 Miliar.

Di samping itu TINI juga memanfaatkan waktu luangnya untung melakukan bisnis toko online sebagai dropshipper barang-barang unik dengan keuntungan Rp 1 juta per bulannya.

Oleh karena TINI hanya mampu menyisihkan uang untuk investasi saham sebanyak Rp 1 juta per bulan, maka total pengeluaran bulanan TINI adalah Rp 4 juta.

Jika kita kurangi dengan pendapatan dari bisnis onlinenya Rp 1 juta, maka pengeluaran bersih TINI sebulannya adalah Rp 3 juta.

Jika TINI memutuskan untuk berhenti bekerja maka TINI akan dapat bertahan hidup selama 760 bulan atau 63 tahun (asumsi uang tabungan ini tidak akan diinvestasikan lagi.)

Jika tabungan tabungan ini (Rp 2.280 Miliar) diinvestasikan lagi dalam deposito dengan bunga 5 % per tahun, maka dia akan mendapatkan pendapatan pasif baru sebesar Rp 114 juta setiap tahunnya atau Rp 9.5 juta per bulan.

Jadi anda bisa melihat bahwa TINI bisa saja berhenti bekerja dan menikmati kenyamanan sampai akhir hayatnya.

Kesejahteraan tidak ditentukan banyaknya penghasilan yang diterima, melainkan seberapa besar yang bisa ditabung dan diinvestasikan secara bijaksana.

Bahkan dengan pendapatan kelas menengah sekalipun kebebasan finansial bisa saja dicapai. Anda dapat menjadi seorang miliuner jika anda memiliki kecerdasan finansial, disiplin, dan kesabaran.

TAHAPAN-TAHAPAN KEKAYAAN

Pada dasarnya ada empat tahapan kekayaan yang bisa anda capai.

1  .  TAHAPAN STABILITAS FINANSIAL

Tingkatan ini adalah tingkatan kekayaan yang pertama dapat anda capai. Ciri-ciri anda telah sampai pada tahapan stabilitas finansial adalah sebagai berikut:

1. Anda sudah mengumpulkan banyak aset keuangan lancar yang dapat menutupi pengeluaran Anda setidaknya 6 bulan ke depan.
2. Anda memiliki asuransi jiwa dan kesehatan yang dapat melindungi gaya hidup anda / keluarga bila Anda tidak lagi mampu bekerja, menderita cacat permanen, atau meninggal tiba-tiba.
3. Saat anda mencapai tingkat pertama ini anda akan memiliki ketentraman hati, jika terjadi sesuatu (PHK,kegagalan bisnis, kematian, atau kecacatan), gaya hidup anda dan keluarga tidak akan turun atau terlilit hutang.
4. Dengan mencapai tingkat ini anda dapat memiliki cukup waktu untuk memikirkan sumber pendapatan baru / bisnis untuk naik ke tahapan selanjutnya.

2  .  TAHAPAN KEDUA : KEAMANAN FINANSIAL

Tahapan ini dicapai bila dengan menggunakan waktu, uang, dan gagasan anda dapat mengumpulkan aset keuangan arus kas positif yang dapat menghasilkan pendapatan pasif yang bisa menutupi PENGELUARAN POKOK anda.

Dengan kata lain, walaupun anda berhenti bekerja, pengeluaran pokok kebutuhan dasar anda akan tetap tercukupi. Ini juga memiliki arti anda dapat memfokuskan pendapatan aktif anda (gaji) untuk melipatgandakan aset keuangan dan meningkatkan pendapatan.

Apa yang dimaksud PENGELUARAN POKOK ?

Pengeluaran pokok adalah semua pengeluaran yang termasuk dalam kategori berikut :
1. Cicilan rumah dan berbagai iuran dan tagihan yang berkaitan (tagihan listrik, air, telepon, iuran RT / RW, kebersihan dan lain-lain.
2. Biaya transportasi sehari-hari
3. Biaya komunikasi (hp dan internet)
4. Biaya makanan anda dan keluarga sehari-hari
5. Seluruh cicilan dan bunganya (kartu kredit, mobil, atau motor)
6. Seluruh premi asuransi

3  .  TAHAPAN KEBEBASAN FINANSIAL

Kita sering mendengar bahwa mimpi tentang KEBEBASAN FINANSIAL.

Apakah itu KEBEBASAN FINANSIAL ?

KEBEBASAN FINANSIAL adalah sebuah kondisi ketika anda mampu mengumpulkan sejumlah aset keuangan arus kas positif yang dapat menghasilkan pendapatan pasif yang mampu membiayai semua pengeluaran GAYA HIDUP ANDA SAAT INI dengan memanfaatkan uang, waktu, dan gagasan-gagasan anda.

Dengan kata lain anda dapat berhenti bekerja kapan pun dan sampai kapan pun, sementara gaya hidup saat ini anda tetap dapat dipertahankan.

Pada kenyataannya sebagian besar orang yang telah bebas finansial tetap memilih untuk bekerja karena mereka mencintai pekerjaannya. Kebebasan ini memberikan perasaan yang luar biasa terbebas dari segala tekanan dan kekhawatiran finansial. Anda dapat bekerja 100 persen untuk kepuasan batin.

Semakin boros anda, semakin lama anda mencapai kondisi ini. KEBEBASAN FINANSIAL memerlukan anda untuk meningkatkan PENDAPATAN PASIF dan mengurangi PENGELUARAN YANG TIDAK PENTING.

4  .  TAHAP KEMAKMURAN MATERIAL

Tahap yang paling akhir ini adalah sebuah kondisi saat anda mampu mengumpulkan aset keuangan arus kas positif yang cukup untuk membiayai GAYA HIDUP YANG ANDA INGINKAN dengan menggunakan tenaga, uang, waktu, dan gagasan-gagasan anda.

Di titik inilah anda boleh mewujudkan semua yang hal yang kita bayangkan dilakukan oleh ORANG KAYA di awal pembahasan tentang ORANG KAYA tadi.

Di titik ini pendapatan pasif anda dapat membiayai barang-barang BRANDED, pelayanan KELAS SATU, harga beli dan perawatan LAMBORGINI, RUMAH SEBESAR ISTANA, atau perawatan seorang PASANGAN SUPERMODEL he he he.

Di tahapan ini sarapan pagi di TAJ MAHAL dan dinner di seberang MENARA EIFFEL adalah sebuah hal yang mungkin.

Pada tahapan ini anda bisa berhenti bekerja, namun tetap dapat membiayai GAYA HIDUP YANG ANDA INGINKAN tanpa batasan waktu.

Sekali lagi biasanya orang-orang yang sudah sampai pada tahapan KEMAKMURAN MATERIAL memilih untuk bekerja karena mereka memang mencintai pekerjaannya.

Tahapan ini juga bergantung pada seberapa mewah gaya hidup yang anda inginkan, semakin mahal maka waktu yang dibutuhkan juga akan semakin lama.

MENTAL MISKIN DAN MENTAL KAYA

Anda sudah memahami apa arti KAYA dan KEBEBASAN FINANSIAL.

Sekarang saya ingin membantu Anda memahami bagaimana mindset atau mental yang tepat untuk bisa menuju tujuan Anda, yaitu menjadi Kaya.

Untuk dapat menjelaskan ini, Saya ingin meminjam konsep ilmu yg dari Robert Kiyosaki untuk menjelaskan apa perbedaan orang yg punya mental kaya dan orang yg punya mental miskin.

Ilmu yg mau kita bagi adalah mengenai laporan keuangan.

Mungkin Anda berpikir, tunggu sebentar, sepertinya ini njelimet dan penuh angka.

Tenang yg kita mau bagi hanya prinsipnya.

Setiap orang di Indonesia harusnya mengetahui dan bisa membuat laporan keuangannya sendiri.

Oke prinsipnya begini, ada 4 bagian di laporan keuangan (ini untuk total satu bulan ya) :

1. Kotak pendapatan (income, jadi kita panggil kotak I) : isinya semua pendapatan baik aktif (bekerja sehari2) maupun pasif (dari investasi) yg kamu punya. Lalu jumlahkan semuanya.

2. Kotak pengeluaran (expense, jadi kita panggil kotak E) : Semua pengeluaran yg kamu lakukan untuk kebutuhan sehari-hari, bulanan, terencana, maupun dadakan

3. Kotak aset keuangan (Kotak A) : Ini semua harta kekayaan yg kamu punya yang menghasilkan ya. (nilainya naik dari waktu ke waktu).(rumah, tanah, apartemen, bisnis, saham, deposito, dll). Jangan hitung HP, TV, komputer, mobil, motor ke dalam sini ya. Mengapa ? Ini barang konsumtif. Semua nilainya turun dari waktu ke waktu. Barang2 Teknologi bukan investasi yang baik.

4. Kotak Liabilitas (Kotak E) : semua kewajiban cicilan yang harus kamu bayar tiap bulannya (cicilan KPR, mobil, motor, HP, kartu kredit)

Laporan keuangan itu sebisa mungkin harus dibuat setiap bulannya agar kita bisa memahami bagaimana keadaan finansial kita.

Lalu apa hubungannya laporan keuangan dengan orang yg punya mental miskin dan orang yg punya mental kaya ???
Ternyata ada perbedaan pola tingkah laku dan kebiasaan orang miskin dan orang kaya.

ORANG BERMENTAL MISKIN

Orang dengan mental miskin pola kehidupannya adalah : Kotak I (pendapatan) langsung pindah ke Kotak E (pengeluaran). Semua gaji langsung pindah ke pengeluaran (plus plos) tak ada sisa.

Pola lain adalah Kotak I (pendapatan) + Kotak L (hutang) untuk bayar Kotak E (pengeluaran).

Terus mengapa orang dengan pola seperti ini kita sebut sebagai orang dengan mental miskin ?

Hal ini disebabkan karena sebesar apa pun gaji atau penghasilan seseorang jika terus melakukan pola kehidupan seperti ini orang tersebut akan tetap miskin seumur hidup.

Why ?? Karena saldo orang ini tiap akhir bulan adalah Rp 0 bahkan minus.

Kok bisa ??? Ya bisa.

Karena ada penyakit yg bisa semua orang miliki tanpa disadari.

PENYAKIT OKB (ORANG KAYA BARU). Apa yg OKB lakukan saat tiba2 mendapat banyak uang??

Ya belanja, upgrade segalanya. TV baru, HP baru, rumah baru, perabot baru, padahal yg lama masih bisa dipakai, makan di restoran yg enak dan mahal .

Intinya adalah SAAT PENDAPATAN MENINGKAT GAYA HIDUP JUGA IKUT MENINGKAT.

Jadi sebesar apa pun kenaikan gaji, itu akan tetap habis tak bersisa.

Saat naik pangkat dari karyawan biasa jadi manajer, orang2 ini akan berpikir “Sekarang manajer ni, masa mobilnya masih minibus ?

Ah kita beli sedan baru sekarang.

Masa hpnya masih HP 4G yang kameranya hanya 5MP doang?

Baca juga :   TRIK MENCARI IDE PRODUK DAN MEMBUAT RENCANA BISNIS SEDERHANA

Yok beli yg 4G keluaran terbaru yg paling mahal.

Wah liburan masak ke Jokja doang, ke luar negeri donk.

Uang gaji kita habis? jangan khawatir masih ada credit card.

Alasannya apa?

Jaga image. INGAT “Image, pride tidak akan membuatmu BEBAS FINANSIAL.”

Ayo introspeksi apa kamu begitu juga?

ORANG BERMENTAL KAYA

Orang dengan mental kaya pola kehidupannya adalah sebagai berikut : Kotak I (pendapatan) pindah dulu sebagian ke kotak A (aset keuangan), baru sisanya pindah ke kotak E (pendapatan), bulan berikutnya begitu lagi Kotak I ke Kotak A baru ke kotak E.

Tapi pada suatu titik Kotak A akan membesar dan memberikan penghasilan pasif (POHON UANG). A ini akan memberikan tambahan pendapatan, apa yg terjadi kemudian ?

Kotak I jadi makin BESAR.

Tapi yang menjadi perbedaan pada orang bermental kaya adalah mereka MENUNDA KENIKMATAN SESAAT untuk KENIKMATAN YANG LEBIH HAKIKI. Ha ha ha.

Mereka bertahan dengan Kotak E yg punya UKURAN SAMA.

HP yg sama, makanan yg sama, motor atau mobil yg sama, gaya hidup yg sama.

Lalu uang lebihan dari Kotak I (TAMBAHAN DARI pendapatan pasif dari kotak A) ke mana larinya??

Orang2 ini akan memasukkan lebihan Kotak I nya ke Kotak A lagi. Apa yg terjadi selanjutnya? Ya benar Kotak A makin besar, menghasilkan PENDAPATAN PASIF YANG MAKIN BESAR LAGI.

Penghasilan yang besar membuat orang2 ini bisa meminjam uang yg besar. Tapi hutangnya untuk beli apa? Ya benar. Orang2 ini berhutang untuk membesarkan Kotak A. Beli aset keuangan aktif. Jadi Kotak L (HUTANG) ini pada akhirnya akan dibayar cicilannya dari pendapatan pasif juga dari Kotak A.

Terus begitu sampai pada suatu titik PENDAPATAN PASIF yang berasal dari kotak A SAMA BESAR atau bahkan LEBIH BESAR daripada PENDAPATAN AKTIFnya. Apa artinya ini ????

Ya Anda benar sekali. MEREKA BEBAS FINANSIAL.

Mereka bisa memilih mau terus bekerja untuk mendapat penghasilan aktif (biasanya karena CINTA sama pekerjaannya) atau mau PENSIUN, LIBURAN, MENGEJAR MIMPI MASA KECIL jadi PENYANYI atau PESULAP, PACARAN DENGAN SUPER MODEL ATAU ARTIS, BELI FERRARI, JADI GURU DI DAERAH TERTINGGAL TANPA DIBAYAR, KEMUNGKINANNYA TIDAK TERBATAS.

Itulah waktunya kita mendapatkan KENIKMATAN YANG LEBIH HAKIKI. Ha ha ha …

Oke, Anda sudah tahu mental yang tepat untuk jadi Milyuner …

Anda juga sudah memahami betapa strategisnya kedudukan aset keuangan dalam misi kita mencapai KEBEBASAN FINANSIAL alias menjadi orang KAYA.

Oleh karena itu, mari bahas apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat aset keuangan di dunia internet.

Saya tidak akan membahas cara yang konvensional dalam membangun aset keuangan seperti properti, emas, saham, reksadana, dan sebagainya.

Mungkin di lain waktu dan kesempatan akan saya bahas.

Tapi sekarang saya akan fokus di pembangunan aset keuangan DIGITAL atau di dunia internet sesuai tema BLOG trikbisnisonline.

MEMBANGUN ASET KEUANGAN DIGITAL

Aset keuangan DIGITAL yang saya maksud di sini adalah properti / barang milik Anda / sesuatu yang Anda buat atau produksi di internet yang dapat menghasilkan uang untuk Anda dalam jangka waktu lama dan panjang, tanpa Anda harus terus-menerus memonitornya serta melakukan pekerjaan secara aktif yang berhubungan dengan properti digital Anda itu.

Jadi prinsipnya seperti vending machine (mesin penjual minuman otomatis), Anda bekerja sekali di depan, mesin penjual Anda secara otomatis bisa berjualan dan memberikan penghasilan untuk Anda.

Properti digital yang menghasilkan pendapatan pasif singkatnya.

Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membangun aset keuangan DIGITAL ???

1  .  Membuat Blog

Blogging atau membuat blog adalah salah satu cara untuk membuat aset keuangan digital.

Anda bisa membuat blog dengan topik apa pun sesuai dengan apa yang menjadi minat, skill, atau pengalaman Anda.

Isilah blog Anda dengan artikel-artikel yang original, informatif, dan mudah dipahami target market atau pembaca Anda.

Anda juga harus memperhatikan apa kira-kira yang diketikkan (keyword/kata kunci) calon pengunjung Anda di mesin pencari saat mencari informasi yang terkandung di dalam artikel blog Anda.

Kata kunci / keyword memang penting agar mesin pencari mudah menemukan dan memahami apa yang sebenarnya ditulis blog Anda.

Tapi jangan jadikan itu yang utama, karena saat ini algoritma google sudah berubah dan juga meletakkan kenyamanan pembaca sebagai sebuah pertimbangan dalam menentukan ranking sebuah artikel di mesin pencari.

Seiring dengan menulis artikel Anda juga harus mencari traffic atau pengunjung blog. Anda bisa dapatkan ini dengan rajin-rajin men-share tulisan Anda di sosial media, forum, menjadi penulis tamu di blog yang lebih terkenal, atau beriklan di media sosial dan google.

Kumpulkan subcriber dan pelanggan untuk blog Anda. Dengan memasang opt in atau membuat iklan untuk mencari lead di Facebook.

Saat blog Anda banyak pengunjungnya, Anda bisa memonetize / menghasilkan uang dari blog Anda.

Anda bisa ikut program google Adsense dengan menyediakan tempat di blog Anda untuk dipasangi iklan. Saat ada klik dari pengunjung Anda di iklan, Anda bisa mendapat uang.

Blog Anda juga bisa diisi link-link (tautan) affiliate Anda. Jadi di sini Anda mengarahkan pengunjung blog Anda ke sebuah vendor / situs / toko online tertentu melalui tautan yang spesial terikat dengan nama Anda.

Jika pengunjung blog Anda itu tertarik dan membeli di toko tempat Anda menjadi affiliate, Anda akan mendapat komisi.

Blog juga bisa dipakai berjualan produk-produk Anda sendiri.

Selama artikel Anda relevan dengan jaman dan tetap diperlukan informasinya, blog Anda akan tetap dikunjungi orang, dan potensi pendapatan pasif tentu tetap ada.

Jadi buatlah artikel yang bagus dan mudah dipahami.

2  .  Membuat Channel Youtube

Channel Youtube sebenarnya mirip dengan Blog, namun konten yang harus Anda buat bentuknya adalah video.

Konten yang bisa Anda buat juga bermacam-macam, mulai dari konten-konten populer seperti video-video lucu, parodi, prank, challenge, unboxing, dan sebagainya, hingga konten-konten serius seperti tutorial dan konten politik.

Anda bisa membuat konten berdasarkan hal-hal yang menjadi minat, keahlian, atau pengalaman Anda. Buatlah juga konten-konten yang punya sifat evergreen (senantiasa akan dilihat dan diperlukan orang informasinya) sehingga akan selalu ada orang yang akan senantiasa melihat video-video Anda selama youtube masih eksis.

Konten yang populer mungkin akan mendapatkan views dan audience yang banyak dalam waktu singkat, tapi dalam periode yang lebih panjang konten ini mungkin sudah tidak hits lagi dan semakin sedikit orang yang menonton.

Jadi variasinya luar biasa banyak. Saran saya sih kombinasikan antara konten populer dan konten idealis / evergreen Anda. Tapi fokus Anda tetap haruslah konten yang menjadi passion Anda.

Karena jika Anda membuat sesuatu yang berdasarkan minat Anda, Anda tidak mudah lelah dan senantiasa punya energi tinggi saat membuat konten. Percayalah energi positif itu akan sampai ke audience / penonton Anda.

Semakin banyak penonton yang melihat video-video Anda, semakin besar pula potensi pendapatan Anda.

Berikut ini sumber pendapatan dari para youtuber yang bisa digolongkan sebagai pendapatan pasif (Anda cukup kerja sekali, video Anda akan terus menghasilkan pendapatan. Tapi ya karena ini video-video tentang passion Anda, masa iya Anda hanya buat satu video? Semakin banyak video semakin banyak views. Jadi makin cepat video Anda bisa didaftarkan ke Google Adsense dan makin banyak penghasilan Anda. Daripada mancing dengan satu video, lebih baik menjaring pemirsa dengan banyak video kan?) :

1  .  Google Adsense

Sama seperti blog, Anda bisa mendaftarkan channel dan video Anda ke google adsense setelah channel Anda mencapai 10.000 viewers.

Video Anda akan disisipi iklan bisa di awal atau di tengah-tengah tayangan video, iklan kecil di 20% video, dan sebagainya.

Jika video iklan itu disaksikan (karena belum tentu video iklan itu ditonton sampai selesai) para viewers kita, kita bisa mendapatkan pendapatan dari iklan google Adsense.

Semakin besar viewers dari video Anda, semakin besar potensi iklan dilihat, semakin besar pula potensi pendapatan Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan membuat channel internasional karena pendapatan per 1000 views (RPM) youtuber Indonesia ada di kisaran $ 0.3 hingga $ 0.8  atau rata-rata uang yang bisa didapatkan per 1000 views pada sebuah video youtube di Indonesia hanya mendapatkan sekitar $ 0.55.,.. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang pendapatan per 1000 views nya bisa mencapai $ 1 -$ 7.

2  .  Menjadi Affiliate Marketer

Anda juga bisa membantu menjualkan produk-produk affiliate lewat video Anda.

Buatlah konten-konten video yang sifatnya memberikan review produk affiliate atau buatlah video saat Anda menggunakan produk affiliate tersebut.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

Berikan link Affiliasi (url yang merupakan link khusus dari Anda) di deskripsi video atau anotasi video.

Jika penonton video Anda tertarik, mengklik link affiliasi Anda, lalu membeli produk yang Anda promosikan. Maka Anda akan mendapat komisi.

Bentuk program Affiliate bermacam-macam ada yang membayarkan komisi jika Anda berhasil menjual produk (pay per purchase (PPP)).

Ada yang akan membayar komisi jika penonton mengklik link Affiliasi atau pay per click (PPC).

Ada pula program affiliate yang akan memberikan komisi untuk lead (prospek calon pelanggan) (pay per action).

Anda juga bisa memilih mempromosikan aplikasi-aplikasi untuk smart phone. Saat seseorang melalui link affiliate Anda meng-install aplikasi, Anda akan memperoleh komisi (payper install).

3  .  Jual produk atau merchandise Anda sendiri

Anda juga bisa mempromosikan produk atau merchandise Anda sendiri di dalam video youtube Anda.

Anda bisa membaca secara lengkap penjelasan mengenai cara memonetize channel youtube Anda di artikel kami yang berjudul INI DIA 5 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN UANG .

3  .  Menjual Foto secara Online

Jika Anda punya hobi fotografi, mengapa tidak Anda manfaatkan hobi Anda untuk menghasilkan uang.

Saat ini Anda dapat dengan mudah membuat foto, mulai dari menggunakan kamera smartphone sampai memakai kamera profesional.

Foto Anda kurang baik ? Atau Anda ingin menambahkan elemen-elemen artistik di foto Anda? Bisa, saat ini banyak sekali program dan aplikasi untuk melakukan foto editing, seperti adobe premiere atau movavi.

Jadi sebenarnya saat ini usaha Anda untuk dapat memproduksi foto yang bagus sudah sangat, sangat dipermudah.

Anda bisa menjual foto-foto Anda di pixabay, pexels, istockphoto, dan lain-lain.

3  .   Membuat Hasil Karya Kreatif dan Menjualnya di Marketplace untuk Hasil Karya Kreatif

 Jika Anda jago membuat desain, Anda bisa membuat berbagai macam jenis desain, seperti : logo, kartu nama, T-shirt, emoji, font, gambar kartun, dan lain sebagainya.

Lalu Anda bisa jual di creativemarket atau envato market.

Kalau ada yang beli, uang pembeliannya akan ditransfer ke akun Anda, yang bisa Anda uangkan kapan pun Anda mau.

4  .  Membuat Tools dan Aplikasi

Jika Anda punya skill programming, Anda bisa mendatangkan pendapatan pasif dengan menjual bermacam tools (software), aplikasi, atau plugin yang punya manfaat untuk orang banyak.

Tools (program yang membantu suatu pekerjaan) ini beraneka ragam jenisnya. Mulai dari tools untuk mengoptimalkan situs (plugin Google Analytics, Yoast SEO, berbagai Theme wordpress sesuai fungsi website), Tools untuk optimalisasi iklan di facebook / sosial media marketing (The Graph, The Pin, Zillatics), tools untuk optimalisasi email marketing (Autoresponder Kirim.email atau Get Response), tools pembukuan / akuntasi di perusahaan, tools untuk supply chain perusahaan, tools psikotes untuk penerimaan karyawan, tools penunjuk arah / GPS seperti WAZE, dan lain sebagainya.

Anda bisa pula membuat aplikasi games online, seperti : Angry Bird, Flappy Bird, Pokemon Go, Mobile Legend, Clash of Clan, dan sebagainya.

Tools dan aplikasi ini  Anda jual secara langsung di website Anda, di sosial media,  atau dengan bantuan para affiliate marketer.

Intinya Anda membuat aplikasi / program, pasang di google playstore, mac app store, atau jual di affiliate network (IDAFF, RATAKAN, CLICKBANK, dan lain-lain), atau iklankan di media sosial.

Kerja di awal, lalu biarkan sistem yang bekerja.

5  .  Membuat Lagu / Musik

Jika Anda jago bermusik, Anda juga bisa membuat kompilasi musik , music track, lalu Anda jual lisensi penggunaannya di audiojungle atau envato market.

Prinsipnya sama dengan menjual desain, Anda buat sekali, buka lapak di market place untuk produk kreatif, dan jika ada penjualan Anda akan mendapatkan pendapatan.

Selama produk Anda menghasilkan dan ada yang beli ya, hasil karya Anda akan menjadi pendapatan pasif untuk Anda.

Pendapatan ini bisa dibilang pendapatan pasif karena Anda tidak perlu hadir dan terus-menerus melalukan pekerjaan di situ, atau bisa Anda tinggal, sistem yang akan memberikan penghasilan untuk Anda.

6  .  Membuat Kindle di Amazon

Kindle adalah e-book yang bisa Anda jual di Amazon untuk konsumsi para pembaca yang menggunakan media Amazon Kindle.

Anda bisa membuat buku dan Anda jual di Amazon.

Jika Anda tidak bisa mengarang buku atau mendesain buku, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa ghost writer di freelancer, fiverr, atau upwork.

Biarkan mereka yang ahli yang membuatkan buku dan membuat cover yang keren untuk Anda.

Setelah jadi, pasanglah e-book kindle Anda di Amazon. Dan biarkan Amazon yang bekerja.

Untuk meningkatkan penjualan Anda bisa mengkombinasikannya dengan digital marketing, lewat iklan di media sosial, atau email marketing.

7  .  Menjual Kursus (Infopreneur)

Jika Anda punya suatu keahlian mengapa Anda tidak ajarkan keahlian Anda itu pada dunia ???

Anda bisa membuat kursus online, mulai dari skill seperti main gitar, main piano, programming, belajar bahasa, digital marketing, desain, cara latihan fitness, dan lain sebagainya.

Buatlah dalam bentuk video book dan kombinasikan dengan e-book.

Anda bisa jual kursus Anda untuk dunia di Udemy.

Jangan pelit untuk membuat promosi gratis update materi seumur hidup ya…

Selain itu Anda juga bisa menjual kursus (e-course) Anda di situs pribadi Anda.

Anda juga bisa memasarkannya lewat email marketing dan media sosial, seperti Facebook Ads.

8  .  Membuat Kolam “Database”

Membuat kolam adalah salah satu cara untuk membuat aset keuangan di internet.

Kolam ini dikenal juga sebagai database.

Kolam ini sudah pernah saya bahas dengan mengambil kolam di Facebook sebagai contoh di artikel GRATIS JUALAN DI FACEBOOK ?? , Jurus Rahasia Cara Jualan di Facebook dengan Akun Personal , dan Strategi Ampuh Berjualan di Facebook dengan Grup Facebook .

Kolam ini sendiri tidak hanya bisa Anda ciptakan di media sosial seperti Facebook, tapi juga Instagram, Twitter, Google+, Linkedin, Telegram, LINE, BBM, WA, Youtube dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat kolam dalam bentuk database email, yang dapat Anda peroleh dari subscriber blog Anda atau bisa juga lewat Iklan Lead Ads di Facebok.

Anda bisa baca penjelasan mengenai email marketing ini di artike Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog.

Media sosial bisa tutup, trennya lewat, algoritma berubah, atau berganti dengan media sosial yang baru. Tapi prinsip pembuatan, pengelolaan, fungsi, dan pemanfaatan kolam ini tetap sama.

Kolam ini intinya adalah membuat sebuah kelompok yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki kesamaan minat atau kesukaan.

Di sini Anda bertindak sebagai pemilik kolam yang memiliki fungsi sebagai leader dalam kolam.

Andalah pemimpin, penyedia konten, dan membantu anggota dalam mencarikan solusi dari permasalahannya.

Anda bisa baca fungsi dan kegunaan database / kolam ini di artikel kami yang berjudul 6 FUNGSI DATABASE UNTUK MEROKETKAN OMZET BISNIS ONLINE ANDA .

Database adalah aset keuangan Anda di dunia online, karena Anda bisa berjualan kepada mereka berulang kali, untuk produk yang berbeda.

Alangkah bagusnya jika produk yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi tantangan yang orang-orang dalam database Anda hadapi.

Dengan konten-konten yang bermanfaat, pengalaman bertransaksi yang baik, dan relasi yang akrab membuat orang-orang dalam kolam / database Anda punya tingkat kepercayaan tinggi kepada Anda.

Mereka percaya bahwa produk yang Anda tawarkan baik dan berguna bagi kehidupan mereka.

Oleh karena itulah, Anda bisa berjualan berulang kali dan macam-macam produk.

Selain berjualan, jika Anda punya fans, kolam, follower, friends yang ukurannya besar /banyak, Anda juga bisa membuka jasa shutout atau endorse.

Anda bisa meng-endorse  / mempromosikan produk, channel, atau akun sosial media milik orang lain kepada para follower / anggota-anggota kolam Anda.

Sebagai imbal jasa Anda akan mendapat sejumlah uang.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa database / kolam sangat penting dan bisa dikategorikan sebagai aset keuangan yang dapat menghasilkan pendapatan bagi Anda.

Demikian adalah penjelasan tentang membangun aset keuangan di dunia maya.

Saya harap bisa menambah wawasan Anda bahwa saat ini peluang mencari uang begitu banyak.

Tinggal Anda pilih yang mana yang paling “sreg” / pas untuk Anda.

Jadi, buatlah banyak sumber pemasukan ya! Buatlah banyak aset keuangan.

Karena Anda tahu, saat Tuhan menutup satu pintu, Dia membuka 5 jendela …

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>