INI DIA 5 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN UANG

Cara Youtubers Mendapatkan Uang
5 Cara Youtubers Mendapatkan Uang

Dalam artikel yang berjudul INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL Anda dapat membaca berbagai informasi mengenai step by step cara menjadi youtuber. Di dalam artikel itu pula saya sudah sedikit menyinggung sedikit cara seorang youtuber mendapatkan uang. Artikel ini akan secara khusus dan lebih mendalam menjelaskan mengenai bagaimana cara youtuber mendapatkan uang.

Uang tidak dapat dipungkiri tetap menjadi salah satu tujuan dari seseorang menjalankan atau melakukan sesuatu aktivitas. Walaupun Anda cinta mati pada sebuah pekerjaan atau profesi, tapi jika Anda tidak memperoleh pendapatan atau uang yang cukup dari situ, lalu bagaimana caranya Anda akan membiayai segala kebutuhan Anda ? Bagaimana Anda bisa membayar makanan Anda, atap untuk Anda berteduh, atau pakaian yang Anda pakai ?

Beruntungnya Anda sekarang hidup di sebuah dunia yang serba mungkin. Jaman dahulu, orang tua kita seringkali menyarankan anak-anaknya untuk menjadi salah satu dari pekerjaan ini : dokter, insinyur, PNS, pengacara, pilot, TNI, polisi, atau guru. Banyak dari anak-anak di jaman kini pun masih menjawab profesi-profesi tadi saat ditanya apa cita-citanya. Pekerjaan-pekerjaan tadi sampai sekarang masih memiliki kedudukan dan posisi yang baik di mata para orang tua. Banyak dari orang tua kita saat ini masih merasakan kebanggaan jika anaknya memiliki salah satu profesi di atas. Demikian pula dengan calon mertua Anda, saat Anda ditanya apa pekerjaan Anda ? Dan Anda jawab, misalnya dokter, acc / kartu tanda ijin pacaran akan jauh lebih mudah didapat. He he he…

Tapi kini segala sesuatunya sudah mulai bergeser, kemajuan teknologi benar-benar membuat perbedaan. Sekarang apapun keahlian Anda jika Anda tahu cara memonetize (menghasilkan uang) dari keahlian tersebut, Anda bisa mendapatkan uang. Mulai dari keahlian yang membutuhkan jenjang pendidikan akademik tinggi seperti arsitek, programmer, dokter, sampai keahlian yang kelihatannya di masa lalu tidak dipandang sebelah mata dan tak punya masa depan seperti gamers, ahli main game. Jangan salah, Pew Die Pie youtubers dengan subscriber dan pendapatan terbesar adalah seorang gamers, dan isi video youtube nya, ya banyak yang adegannya dia sedang bermain game dengan teman-temannya. PewDiePie bisa meraup pendapatan $46,700 – $746,800 dari channelnya atau minimal setidak-tidaknya Rp 600 jutaan  ($1 = Rp 13.000) untuk satu bulannya. Ingat minimal.

Saat ini Anda mungkin sedang berjuang mencari penghasilan dengan melakukan suatu pekerjaan yang mungkin kurang menghasilkan dan tidak Anda sukai, namun ya karena itu cuma satu-satunya cara yang terpikir untuk mencari uang maka Anda tetap lakukan. Tapi yakinlah jika Anda mau merenung, menemukan skill atau sesuatu dalam diri Anda yang bisa dinilai tinggi oleh orang lain, belajar cara memonetizenya, dan bekerja. Mungkin hidup Anda bisa berubah.

Internet membuat segalanya jadi mungkin, ada luar biasa banyak informasi di luar sana untuk Anda dan hebatnya banyak yang bisa Anda dapatkan hanya dengan modal kuota internet atau sedikit tenaga untuk jalan mencari wifi gratis terdekat. Tugas Anda menemukan satu hal yang Anda banget dan bisa menghasilkan uang.

Saat ini bekerja sesuai passion (minat) bukan lagi angan-angan. Banyak yang sudah membuktikan dan berhasil.

Youtube adalah salah satu jalan untuk dapat bekerja sesuai dengan passion Anda (passionpreneur). Anda suka banget kucing, buat channel video yang isinya video-video kucing lucu. Anda suka main game, buatlah video tentang Anda main game-game terpopuler. Anda suka fisika, buatlah video eksperimen fisika yang keren. Dan masih banyak lagi…

Sebagai sebuah profesi, salah satu tujuan dari menjadi youtuber adalah untuk mendapatkan penghasilan. Pernahkah Anda penasaran, sebenarnya dari mana sih asal uang atau pendapatan para youtubers ini ? Nonton bioskop saja Anda harus bayar, karena para pembuat film mendapatkan pendapatan dari tiket, dvd, atau hak siar film yang mereka jual. Tapi nonton video di youtube kan gratis. Lantas dari mana para youtubers ini mendapat uang ?

Ada banyak cara seorang youtubers mendapatkan uang. Tapi yang paling dasar adalah dari iklan Adsense / google yang “nebeng” tayang saat video para youtubers ini ditonton para pengguna youtubers.

Jika video Anda bagus dan banyak yang menonton, video Anda akan dijadikan tempat orang beriklan, mereka bahkan rela membayar agar iklannya dimasukkan di dalam video Anda. Dari situlah sederhananya seorang youtuber mendapatkan uang dari Adsense (iklan google).

Tapi ternyata selain dari Adsense, seorang youtubers juga punya banyak alternatif lain untuk mendapatkan uang, Adsense hanya salah satunya. Bahkan bisa saja pendapatan lain ini jauh lebih besar daripada pendapatan Adsense nya.

Sebelum saya menjelaskan berbagai macam alternatif youtubers dapat memperoleh penghasilan, saya ingin mulai penjelasan ini dari yang paling dasar yaitu mendapatkan uang dari iklan google (Adsense).

Beberapa Alternatif Cara Youtuber Mendapatkan Uang

1  .  Monetized (monetisasi) Channel Youtube

Cara youtuber mendapatkan uang yang paling umum adalah melalui monetisasi video-video di dalam channelnya dengan Adsense Google. Youtube kini adalah salah satu bagian dari raksasa internet Google. Salah satu pendapatan terbesar dari google adalah lewat adsense nya.

Adsense adalah fitur google yang memungkinkan seseorang atau sebuah perusahaan dapat mengiklankan jasa atau produknya di mesin pencari, blog-blog, dan channel youtube mitra google.

Jika channel Anda telah mencapai 10.000 viewers dan sudah mendaftar menjadi mitra youtube, maka Anda berhak untuk mendaftar ke Adsense, agar video-video Anda dapat dimonetisasi, dipasangi iklan, dan mendapat penghasilan dari iklan.

Sistem bisnis iklan di youtube ini melibatkan 4 unsur. Unsur yang pertama adalah platform / situs dan algoritma youtube itu sendiri, kedua creator (pembuat content / video / youtuber / mitra youtube), ketiga viewers (penonton / pengguna youtube), dan keempat adalah si pengiklan (advertisers).

Keempat unsur ini bekerja sama membentuk sebuah lingkaran yang tidak terputus, semakin besar jumlah viewers dalam sebuah video youtube akan membuat bisnis ini juga semakin besar.

Sebuah video yang viral dan banyak penontonnya akan membuat sistem algoritma youtube menempatkannya di bagian video yang sedang trending dan juga memasukkan video tersebut di bagian recommended video bagi para pengguna youtube, hasilnya semakin banyak jumlah penonton yang menyaksikan video tersebut. Jumlah penonton yang banyak akan membuat video ini populer, para pengiklan berlomba-lomba ingin mengiklankan produk dan jasanya di video tersebut. Iklan dipasang di video, dilihat banyak orang, sebagian dari orang yang melihat iklan tersebut akan berkonversi menjadi pembeli. Uang pembelian produk tersebut akan menghasilkan keuntungan yang bagi para pemilik brand, orang atau perusahaan yang beriklan, mereka pun tidak akan keberatan menaikkan budget iklannya agar iklannya lebih sering tayang, makin banyak dilihat orang, makin banyak penjualannya. Video itu oleh algoritma youtube akan makin sering lagi diperlihatkan di bagian recommended video dan trending, makin banyak lagi penonton dan seterusnya, semakin besar jumlah penontonnya, …

Sementara itu di lain pihak, sebagai imbal baliknya youtube dan para content creator (youtuber) akan mendapatkan pendapatan dari uang iklan tersebut. Anda sebagai content creator akan mendapatkan 55%, sementara sisanya akan menjadi bagian youtube 45%.

Baca juga :   INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL

Ada beberapa istilah yang harus Anda pelajari sehubungan dengan monetisasi video di youtube, seperti CPM (Cost Per Mille / Thousand Impressions) dan RPM (Revenue Per Mille / Thousand Impressions).  Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu views.

CPM atau Cost Per Mille adalah sistem yang digunakan untuk dalam menghitung jumlah biaya yang dibayarkan pengiklan, yang artinya nilai iklannya dibayar per 1.000 views iklan di video itu. Sebagai contoh, 1 dollar AS CPM menunjukkan pengiklan akan membayar 1 dollar AS untuk setiap 1.000 views iklan itu di video Anda. Istilah bahasa Indonesianya BPS (Biaya Per Seribu tayangan iklan).

Pendapatan ( Revenue ) = CPM x (total impresi/ 1000)

Jadi untuk mengetahui berapa pendapatan yang didapat dari video Anda, Anda harus membagi jumlah atau total banyaknya tayangan (impresi) dengan angka 1000, karena harga CPM yang berlaku $1 per 1000 tayangan.

Contoh :

Misalkan video Anda sudah ditonton 10.000 kali itu artinya total impresi = 10.000,

CPM di Indonesia $1,… , kita bulatkan saja jadi $1 (misalkan kurs $1 = Rp 13.000)

Maka Pendapatan Video Anda adalah = $1 x (10.000 / 1000) = $10 (Rp 130.000)

Apakah Anda pusing menghitungnya? Tidak perlu bingung, Saya akan memberikan rangkuman hasil penghitungannya agar Anda dapat memperkirakan seberapa banyak uang yang Anda dapat hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1$ sejumlah 13.000 Rupiah:

1000 views = $1 = kira-kira Rp 13.000

10.000 views = $10 = kira-kira Rp 130.000

100.000 views = $100 = kira-kira Rp 1.300.000

1.000.000 views = $1000 = kira-kira Rp 13 juta

10.000.000 views = $10,000 = kira-kira Rp 130 juta

Dalam Google AdSense, impression diartikan sebagai jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu (native language), CPM nya lebih tinggi dari negara yang lain. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pendapatan dari sisi CPM, perlu Anda pertimbangkan untuk membuat channel youtube yang berbahasa Internasional (bahasa Inggris sebagai pengantar).

Definisi RPM

RPM adalah singkatan dari Revenue Per Thousand Impressions. Dalam hal ini, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM, sementara Anda sebagai pembuat konten mendapatkan 55%.

Di Indonesia, para youtuber jarang mendapat $ 1 per 1000 views . Biasanya pendapatan per 1000 views (RPM) youtuber Indonesia ada di kisaran $ 0.3 hingga $ 0.8  atau jika dirata-ratakan maka uang yang bisa didapatkan per 1000 views pada sebuah video youtube di Indonesia hanya mendapatkan sekitar $ 0.55.

Banyak youtuber pemula di Indonesia yang mengeluh jumlah views videonya sudah sampai puluhan ribu, tapi pendapatannya masih di angka belasan dollar atau bahkan di bawah $ 10. Hal ini terjadi karena Indonesia memiliki Effective cost per mille yang rendah dibandingkan dengan negara lain, apalagi Amerika Serikat yang pendapatan per 1000 views nya bisa mencapai $ 1 -$ 7.

Simulasi Perhitungan Kasar Pendapatan Youtuber 

Misalkan video Anda ditonton 1.000.000 orang ( 1 juta views)

Total impresi tidak sama dengan total views sebuah video, karena tidak mungkin semua penonton video itu juga melihat iklan. Bisa jadi mereka tidak melihat secara penuh video Anda, hanya sebagian lalu ganti video sehingga iklannya tidak mereka lihat. Bisa juga mereka tidak mengklik iklan dan melihat tayangan iklan. Intinya belum tentu orang yang lihat video juga lihat iklannya. Total impresi adalah jumlah iklan yang ditayangkan kepada para penonton

Kembali ke simulasi mari kita anggap 50% dari total views melihat iklan. Jadi total impresinya 500.000 orang. Sekali lagi ini tidak pasti ya (yang nonton iklan 50% total views), itu bervariasi dan tidak sama untuk setiap video.

CPM untuk Indonesia adalah $ 1, …. (1 dollar lebih) , kita bulatkan saja $1 (kurs $1 = Rp 13.000)

RPM = 0.55 (bagian dari pembuat konten / youtuber) x CPM = 0.55 x $1 = $ 0.55

Rumus Sederhananya adalah :

Pendapatan = RPM x total impresi /1000 = $0.55 x 500.000 / 1000 = $ 275 ( Rp 3.575.000 )

Jadi dari 1 video tersebut Anda mendapatkan kira-kira Rp 3.575.000

Sekali lagi ini hanya hitungan kasar untuk membantu Anda membayangkan bagaimana caranya menghitung pendapatan dari 1 buah video yang dimonetisasi.

Pada kenyataannya banyak variabel yang membuat pendapatan 1 video dengan video lainnya bisa berbeda. Besaran uang yang harus dibayarkan pengiklan (CPM) dapat mengalami kenaikan mendekati / dalam periode yang dekat dengan hari libur besar seperti Natal dan Lebaran. Besaran uang ini dapat dipengaruhi bahasa pengantar, negara, waktu, jenis konten, dan jenis kelamin / gender dari visitor. Total uangnya bervariasi mulai dari $ 50 cents – $ 10 per thousand impressions (per 1000 tayangan iklan).

CPM untuk hari ini dan hari besok bisa saja berbeda, apalagi kalau besok masuk masa Natal atau Lebaran.

Menghitung CPM dari Data Analytics di Menu Creator Studio

Untuk menghitung secara pasti berapa CPM video Anda, masuklah ke menu Creator Studio > Analytics > Ad rates . Anda bisa lihat di sana bahwa CPM nya adalah $ 1, … per 1000 tayangan iklan , bukan 1000 tayangan video . Jika Anda ingin mengetahui penghasilan per 1000 views video milik Anda , gunakan rumus berikut :

CPM = (Estimated Revenue / Jumlah Views) * 1000

Menghitung Penghasilan Dari Youtube Per 1000 Views

Cari angka estimated revenue dan views pada dashboard Analytics Youtube .

Lalu lakukan perhitungannya.

Hasil dari perhitungan tersebut merupakan penghasilan dari youtube untuk video diatas per 1000 views .

Jenis-Jenis Iklan di Youtube

 Ada 6 jenis Iklan yang dapat ditampilkan Youtube :

Jenis-jenis Iklan di Youtube
Jenis-jenis Iklan di Youtube (support.google.com)

1  .  Display Ads

Hanya muncul di desktop saja dengan ukuran 300×250 pixels atau 300×60 pixels. Muncul di sebelah kanan video dan di atas video suggestion. Untuk format yang lebih besar dapat muncul di bawah video player.

2  .  Overlay Ads

Hanya muncul di desktop dengan ukuran 468×60 pixels atau 728×90 pixels, dapat berupa text atau image ads. Iklan semi-transparan yang muncul pada saat sebuah video diputar, posisinya berada di 20% bagian bawah video.

3  .  Skippable Ads

Dapat ditayangkan di desktop, mobile, TV atau di game consoles. Iklan ini dapat muncul di depan, tengah atau di akhir video. Tapi kebanyakan tayang di bagian depan dari suatu video. Iklan ini bisa di-skip penonton setelah 5 detik.

4  .  Non-Skippable Ads

Muncul di desktop dan mobile. Penonton diharuskan melihat dari awal iklan sampai selesai. Saat video diputar, tiba-tiba berhenti dan iklannya muncul, video sepanjang maksimal 30 detik dan tidak bisa di skip. Dapat tampil di depan, tengah dan belakang video.

5  .  Bumper Ads

Muncul di desktop atau mobile. Masih termasuk iklan yang non-skippable tapi videonya lebih pendek. Rata-rata durasi 6 detik saja.

6  .  Sponsored Cards

Baca juga :   Ini Cara Membuat VLOG Yang Keren

Muncul di desktop dan mobile. Sebetulnya ini adalah teaser dari video yang sedang diputar, atau yang kira-kira menarik dilihat atau berhubungan dengan video yang diputar (seperti produk yang muncul di video). Tayang hanya beberapa detik saja dan dapat diklik untuk dilihat lebih lanjut.

Beberapa iklan lain di Youtube adalah : Masthead (seperti Cover di Facebook – boleh dipasang iklan, biasanya untuk meminta orang  subscribe), Promoted Videos (iklan di youtube search), dan lainnya.

Melihat Hasil Pembayaran Sementara di Dashboard Analytics Youtube

Hasil pembayaran youtube sementara atau hasil taksiran atau kotor dapat dilihat secara live di dashboard youtube analytics. Kemudian update penghasilan sementara ini ditampilkan dalam waktu 24 jam sesuai zona waktu yang Anda gunakan.

Anda juga bisa melihat perkembangan jumlah taksiran pendapatan harian, mingguan maupun bulanan di dashboard youtube analytic. Di samping itu, Anda juga dapat menemukan data penambahan subsriber setiap bulannya secara lengkap di sini.

Dashboard youtube analytics juga memberikan laporan yang lengkap berbagai data yang penting untuk youtuber, seperti durasi tayangan (waktu nonton permenit) dan jumlah tayangan setiap bulan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami.

Dashboard youtube analytic hanya dapat memberikan perkiraan pendapatan Anda, semua penghasilan bersih akan masuk ke dalam dashboard akun Adsense Anda setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya.

Menerima Pembayaran Youtube

Pastikan melakukan verifikasi PIN adsense yang akan dikirimkan ke alamat rumah anda melalui kantor pos sebelum menerima pembayaran youtube. Untuk meyakinkan alamat Anda yang ditulis pada saat membuat akun Adsense youtube memang benar.

PIN Adsense dikirim oleh Adsense setelah akun Adsense telah berumur 3 bulan atau Anda telah mencapai jumlah saldo $ 10 atau dengan mata uang Rupiah setara dengan Rp 130.000 .

Pembayaran youtube Adsense dapat Anda terima setelah mencapai ambang batas minimal sebesar $ 100 atau dalam mata uang rupiah setara dengan senilai kira-kira Rp 1.300.000 (misal $1 = Rp 13.000 atau sesuai kurs pada bulan itu).

Pembayaran youtube Adsense dapat diterima lewat Western Union dengan menunjukkan KTP yang sesuai dengan nama pembayaran Adsense tanpa dikenakan biaya potongan apapun. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui transfer bank (wired transfer), biasanya akan dikenakan potongan biaya administrasi minimal $ 5 atau sesuai kebijakan bank Anda.

2  .  Brand Deals / Endorsing / Sponsorship

Cara youtuber mendapatkan uang yang kedua adalah melalui brand deals, endorsingm, dan sponsorship.

Seorang youtuber yang sukses bisa diartikan youtuber yang memiliki banyak subscriber dan banyak video yang telah ditonton oleh jutaan orang. Semakin banyak ya berarti semakin populer dan semakin sukses Anda.

Memiliki banyak subscriber dan viewers itu artinya Anda memiliki massa, atau istilah dalam dunia internet marketing Anda memiliki sumber trafik. Nah, trafik ini adalah tempat yang tempat untuk berjualan, mengenalkan produk atau jasa, branding, atau beriklan. Semakin besar sumber trafiknya maka semakin besar pula potensi konversi penjualannya. Di jaman internet ini, siapa yang punya massa / trafik adalah raja.

Apalagi sebagai seorang youtuber yang terkenal, Anda bisa dibilang adalah seorang selebriti. Anda punya sebuah posisi unik untuk mempengaruhi para fans, follower, subscriber, atau penonton Anda membeli suatu produk atau jasa. Anda punya authority. Gambarannya seperti ini saat Raisa yang punya jutaan follower di instagram bilang suka sebuah tas atau sepatu dari brand tertentu, para fansnya menyimak, sebagian dari mereka ingin juga tampil keren seperti idola mereka, jadilah mereka membeli barang yang dibilang keren oleh Raisa itu tadi. Mereka percaya Anda dan membeli. Oleh karena itu, youtuber dan selebgram juga sering disebut social influencer.

Saat Anda sudah di posisi ini siap-siaplah kebanjiran tawaran endorsing dari para pemilik brand, penjual produk dan jasa, berbagai perusahaan, pengiklan di luar youtube, sponsorship, bahkan investor. Anda akan ditawari untuk menjadi brand ambassador mereka, berfoto atau memakai produk mereka, membuat video dengan adegan Anda memakai produk mereka, memasang link toko online mereka di deskripsi video Anda, atau membuat video yang mereview produk mereka.

Buat para pemilik produk dan jasa atau brand, endorse diharapkan dapat meningkatkan konversi penjualan mereka. Dan sesuai data dan eksperimen dari banyak internet marketer endorse memang termasuk salah satu cara efektif untuk berjualan. Pendapatan perusahaan atau penjual akan meningkat.

Sebagai timbal baliknya Anda akan boleh mengenakan biaya atas jasa Anda mengendorse produk dan jasa dari para penjual tadi. Buatlah kesepakatan yang win win untuk semua pihak. Berikanlah tarif yang wajar untuk jasa Anda, lakukan endorsing secara profesional sehingga para pengiklan tadi merasa puas dengan jasa Anda dan di kemudian hari mau bekerja sama lagi dengan Anda.

Saya juga ingin mengingatkan tanggung jawab Anda sebagai seorang idola atau social influencer. Ingatlah bahwa saat Anda sudah di posisi ini, perkataan Anda didengar, perbuatan Anda dicontoh, dan apa yang Anda minta dilakukan. Ada sebuah kutipan dari film Spiderman yang terkenal, “With great power, comes great responsibility”, yang artinya memiliki kekuatan yang besar akan membuat Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar.  Bertanggung jawablah saat Anda mengendorse suatu produk atau jasa, yakinkan dulu memang kualitasnya bagus sesuai dengan harganya. Kalau bisa gunakan terlebih dahulu, dan barulah sarankan orang lain memakainya. Jangan sampai para fans Anda berubaha jadi haters dan menganggap Anda mata duitan dan tukang tipu karena produk yang Anda tawarkan ternyata jelek.

3  .  Celebrity Jobs / Artis

Belakangan ini makin banyak bermunculan artis-artis baru yang berasal dari Youtube dan Instagram. Bahkan ada di antara mereka yang sukses menjadi selebriti dunia seperti PSY dan Justin Bieber. Di Indonesia sama saja, Anda mungkin pernah mendengar Sacha Stevenson, Bayu Skak, Ria Ricis, dan tentu saja Raditya Dika yang pada kini sering muncul di TV dan film layar lebar. Raditya Dika bahkan berhasil membuat salah satu karyanya Malam Minggu Miko pernah ditampilkan di Kompas TV. Via Valen mengawali karirnya sebagai penyanyi di youtube, kini meraih kesuksesan dan sering muncul di berbagai acara. Virgoun dan Anji juga demikian video klip lagu “Surat Cinta untuk Starla” dan “Dia” justru lebih dulu terkenal dan ditonton banyak orang di Youtube. Setelah video lagu mereka di youtube terkenal, tawaran manggung di TV dan off air pun melimpah.

Cara youtuber mendapatkan uang yang ketiga adalah melalui celebrity jobs / menjalankan pekerjaan artis.

Cara Youtubers Mendapatkan Uang - Artis
Cara Youtubers Mendapatkan Uang – Celebrity Jobs / Artis

Youtube adalah jalan pintas bagi banyak orang untuk dikenal dunia. Jaman dulu jika Anda ingin menjadi artis, Anda harus melalui jalan panjang, mengikuti berbagai audisi, menunggu TV atau rumah produksi untuk memberi kesempatan di dalam proyek film atau sinetron. Demikian pula jika Anda ingin menjadi penyanyi terkenal, Anda harus lebih dahulu ikut lomba-lomba nyanyi, atau ikut audisi di label rekaman terlebih dahulu. Ini benar-benar butuh modal tenaga dan uang yang cukup lumayan. Anda juga harus punya koneksi dan kenalan orang di dunia film atau musik dulu untuk bisa dapat kesempatan eksis. Banyak orang yang kehilangan kesempatan karena tidak punya kenalan atau jalan masuk ke dunia itu.

Baca juga :   INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL

Saat ini dengan modal yang tidak begitu besar, hanya kamera (bisa kamera smartphone) dan kuota internet, Anda sudah bisa menawarkan karya, kemampuan, dan bakat Anda pada dunia. Anda bisa membuat film sendiri atau mempertunjukkan skill apa pun yang Anda miliki.

Melalui youtube Anda juga bisa menilai dan mengevaluasi karya Anda dengan objektif. Karena youtube fair, kalau memang video Anda bagus ya banyak yang nonton dan banyak yang akan me-like video Anda. Kalau jelek ya banyak yang akan men-dislike video Anda, sedikit yang menonton, atau akan bermunculan banyak cacian di kolom komentar.

Youtube memberikan mereka kesempatan untuk para youtuber mempertunjukkan bakat, kemampuan, dan karya mereka kepada khalayak ramai. Lewat youtube banyak orang mengenal mereka dan membuka peluang buat mereka mendapatkan proyek-proyek lain yang membuat mereka makin terkenal, mulai dari pembicara, presenter / TV host, sampai aktor dan aktris di film layar lebar. Youtube memberi kesempatan bagi setiap orang untuk mengubah hidup mereka. Berbagai jobs artis ini juga akan meningkatkan pundi-pundi uang mereka yang artinya meningkatkan taraf hidup / kemampuan ekonomi mereka.

Oleh karena itulah, saat ini kesempatan Anda untuk menjadi passionpreneurs (wiraswastawan / wiraswastawati yang bekerja sesuai minat) terbuka lebar. Karena youtube membuka peluang dan kesempatan untuk langsung berhubungan dengan khalayak ramai di Indonesia bahkan dunia. Peluang ini membuka jalan untuk bekerja dan mengembangkan apapun yang memang kita cintai dan sukai lewat jalan membuat video sesuai passion atau minat kita. Sebuah pekerjaan yang “GUE BANGET” .

4  .  Berjualan Merchandise Unik, Produk, dan Jasa Anda Sendiri

Selain endorse produk atau jasa orang lain, mengapa tidak Anda jualan produk atau jasa milik Anda sendiri ? Salah satu cara youtuber mendapatkan uang adalah dengan berjualan produk atau jasa buatan mereka sendiri.

Sekali lagi di jaman internet ini, pemilik massa / trafik adalah rajanya.

Apakah Anda pernah melihat atau mengalami sendiri “ngefans” pada seseorang sampai-sampai ingin tampil seperti idola Anda itu  ?

Nah, kurang lebih sisi inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Anda bisa berjualan pernak-pernik, baju, T-shirt, jaket, mug, baju, peralatan yang Anda pakai, atau asesoris yang Anda gunakan. Usahakan untuk merchandise unik yang Anda jual limited edition jadi kesannya terbatas, punya nilai yang tinggi.

Cara Youtubers Mendapatkan Uang - Menjual Merchandise
Cara Youtubers Mendapatkan Uang – Menjual Merchandise (foto : youtube.com)

Anda juga bisa mempromosikan toko online, produk atau jasa perusahaan Anda kepada fans / penonton / subscriber Anda. Anda bisa jualan buku, e-book, game, aplikasi, atau tools. PewDiePie, youtubers dengan subscriber terbanyak di dunia, bekerja sama dengan pengembang Outerminds Inc, untuk membuat game berjudul PewDiePie: Legend of the Brofist. Game ini bisa menghasilkan lebih dari US$100 ribu, pada hari pertama rilis di Amerika Serikat.

Cara Youtubers Mendapatkan Uang - Membuat Game
Cara Youtubers Mendapatkan Uang – Membuat Game (foto : steampowered.com)

Untuk berjualan produk informasi seperti buku, e-book, course / kursus, atau e-course, channel youtube Anda bisa digunakan untuk membangun authority pada bidang keahlian Anda. Seringlah sharing berbagai tips, trik, pengetahuan, atau pengalaman topik yang menjadi kehebatan Anda. Berikan solusi yang bermanfaat bagi penonton video di channel Anda. Dengan melakukan ini secara konsisten, para penonton channel Anda yang merasa terbantu, secara perlahan akan percaya dan menghargai pendapat Anda tentang bidang Anda itu. Bahkan bukan tidak mungkin Anda dianggap sebagai ahli di bidang itu. Jika suatu saat Anda mengeluarkan produk, para penonton Anda akan percaya bahwa produk Anda itu benar-benar bagus dan dengan sigap membelinya.

Tips trik bisnis online : Cobalah menjual barang-barang yang harganya murah lebih dahulu (produk penetrasi ). Buatlah fans Anda merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, kualitas produk dan service yang baik dari Anda lebih dahulu. Barulah kemudian berjualan produk utama Anda yang mungkin harganya tinggi. Orang yang sudah pernah membeli dan puas, biasanya jika memang sudah percaya pada Anda, dan punya budget mereka tidak akan keberatan membeli lagi dari Anda.

5  .  Berjualan Produk-produk Affiliate

Bagaimana kalau Anda tidak punya produk ? Jangan khawatir, sekarang ini banyak produsen atau penyedia jasa yang menawarkan affiliasi. AFFILIATE MARKETING ONLINE atau biasa juga disebut sebagai MAKELAR ONLINE bertugas membantu orang (VENDOR) menjualkan produk mereka secara online (memanfaatkan internet). Ya, cara youtuber mendapatkan uang berikutnya adalah dengan menjadi affiliate marketer.

Anda bisa bantu menjualkan produk-produk milik para produsen ini atau jasa dari perusahaan jasa. Sebagai balasannya, mereka akan memberikan komisi kepada Anda sesuai program affiliate yang Anda ikuti.

Ada banyak metode pembayaran komisi, ada yang akan memberikan komisi bila Anda berhasil menjual produk atau pay per purchase (PPP).

       Contohnya di AMAZON, CLICKBANK, IDAFF, RATAKAN.

Ada yang membayarkan komisi bila penonton mengklik link Affiliasi (url yang merupakan link khusus dari Anda) atau pay per click (PPC).

Anda juga bisa memilih program affiliate yang akan memberikan komisi untuk lead (prospek calon pelanggan). Kalau ada penonton video Anda yang melihat iklan Anda, misal tentang sebuah “SITUS MAKCOMBLANG ONLINE / DATING SERVICE atau ASURANSI”, tertarik dan lalu mengisi data-data pribadi mereka di sebuah formulir online, Anda akan mendapat komisi. (pay per action)

Anda bisa pula memilih memperkenalkan aplikasi-aplikasi untuk smart phone. Saat seseorang melalui link affiliate Anda meng-install aplikasi itu, Anda akan memperoleh komisi (payper install).

Affiliate Marketer di youtube pada prinsipnya melakukan hal-hal berikut ini :

  • Anda join dalam sebuah situs yang mempunyai sistem affiliasi atau mempunyai produk-produk affiliate.
  • Pilih produk yang akan Anda promosikan lalu buat link unik atas nama Anda
  • Lakukan riset produk , cari informasi keunggulan dan kekurangan produk
  • Buat review produk dalam sebuah video yang isinya mengarahkan calon customer membeli produk melalui link / tautan khusus yang Anda berikan
  • Jika seseorang membeli produk melalui link khusus Anda maka sistem akan mencatat nama Anda dan memberikan komisi.
  • Semakin banyak penjualan semakin banyak komisi.

Sekian beberapa alternatif cara youtubers mendapatkan uang. Semoga dapat memperluas wawasan Anda tentang bagaimana youtubers mendapatkan uang. Semoga juga artikel ini bisa meningkatkan motivasi Anda dalam membuat video.

Kuncinya ? Konsistensi, Kesabaran, dan Kerja Keras. Kerja Keras yang Anda nikmati prosesnya karena video itu tentang sesuatu yang Anda cintai.

Jadi tunggu apa lagi ?

Mulailah membuat video sekarang juga, buatlah video sesuai passion Anda, dan dapatkan uang itu …

download ebook videobook gratis

3 thoughts on “INI DIA 5 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN UANG”

  • Saya sudah baca artikelnya dan sangat bagus. Untuk poin 2 dan 5 menurut saya paling banyak mendatangkan tambahan uang dari Youtube selain Adsense. Tapi ya gitu, harus punya banyak subscriber terlebih dahulu.

    • trik bisnis online says:

      Hi Firalufias Weblog,
      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Yup, hal pertama yang harus dilakukan memang cari traffic dulu.
      Subscribers memang salah satu jalan untuk dapat traffic gratisan yang baik.
      Semakin banyak subscribers, ya peluang konten dilihat semakin besar. Sebab ada sistem notifikasi bila ada video baru utk subscribers.
      Oleh karena itu, ya sarannya memang harus rajin buat konten dulu. Karena berharap satu video langsung viral n hits itu peluangnya kecil.
      Dari sekian video yg diupload kalau memang kontennya bagus, pasti ada yg hits (banyak yg lihat), algoritma youtube akan memasukkan salah satu video kita secara acak ke recommended video, kalau kontennya banyak ya pasti adalah satu dua yg ngeklik.
      Dari sekian yang lihat, kalau kontennya memang oke, pasti ada yg jadi subscriber. Memang harus ikhlas “ngerjainnya”.
      Karena itu sarannya buat konten dari sesuatu yg memang Anda minati atau kuasai.
      Kalau memang tidak sabar, ya beriklan solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>