INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL

ini dia cara menjadi youtuber mulai dari awal
Ini Dia Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Awal

Youtube adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Dan sebagai dampaknya kini muncul sebuah profesi baru yang jadi trending di dunia, YOUTUBER. Bagaimana cara menjadi youtuber mulai dari awal ?

Artikel ini saya harapkan akan menjawab sebagian dari rasa ingin tahu Anda tentang dunia Youtuber dan perjuangannnya.

Youtube adalah sebuah situs social media yang mengkhususkan dirinya dalam menampilkan konten-konten dalam video. Konten-konten video ini sangat bervariasi baik dari segi topik yang dibahas, jenis isi konten, durasi, bahasa, budaya, dan sebagainya.

Orang-orang yang membuat konten-konten video ini dikenal dengan istilah youtuber. Youtuber saat ini mulai banyak dilirik banyak orang sebagai salah satu profesi yang menarik.

Bahkan di salah satu kesempatan, saat Pak Joko Widodo, Presiden RI berdialog dengan seorang siswa SD mengenai cita-cita, dengan lantang siswa tersebut menjawab “Ingin menjadi seorang Youtuber.” ketika ditanya apa cita-citanya oleh Sang Presiden.

Dalam artikel yang panjang ini saya berharap untuk bisa mempercepat dan memudahkan Anda dalam usaha mencari sumber informasi cara menjadi youtuber yang sukses.

Saya cukup kesulitan mencari artikel tutorial cara menjadi youtuber yang lengkap dari awal sampai video Anda dipublish / disiarkan di youtube. Banyak tutorial yang hanya menjelaskan sepotong-sepotong saja. Oleh karena itu, saya buat panduan lengkap cara menjadi youtuber ini.

Untuk memudahkan Anda yang sudah pernah membaca dan di kemudian hari membutuhkan tips dan trik dalam artikel ini, saya membuat shortcut, semacam daftar isi yang bisa Anda klik dan langsung menuju ke bagian yang Anda butuhkan.

Berikut adalah daftar isi pembahasan langkah-langkah cara menjadi youtuber di artikel ini :

1  .  Mengapa Menjadi Youtuber dan Bagaimana Caranya ?

2  .  Langkah-langkah Persiapan Cara Menjadi Youtuber

1 )   Luruskan Niat dan Mindset Anda
2 )   Pilih Topik Channel Youtube Anda
3 )   Analisis Kompetitor
4 )   Penentuan Target Audience / Penonton Channel Anda
5 )   Tentukan Konten Video Channel Youtube Anda
6 )   Sumber Daya (Budgeting, Peralatan, dan SDM)

3  .  Langkah-langkah Pembuatan Channel Youtube dan Cara Setting Channel

1 )   Pembuatan Channel Youtube
2 )   Mengganti foto profil untuk channel youtube Anda
3 )   Mengganti Gambar Channel Art Youtube
4 )   Mengisi Deskripsi Channel Youtube
5 )   Menambahkan Tombol Sosial Media
6 )   Verifikasi Youtube Partner
7 )   Mendaftar Google Adsense

4  .  Tahapan Proses Produksi Video Youtube

1 )   Scheduling (Jadwal Produksi)
2 )   Menulis Script (Membuat skenario, merencanakan isi video Anda)
3 )   Produksi Video (shooting) dan Editing
4 )   Upload Video ke Youtube
5 )   Beri Judul yang Menarik (Headline)
6 )   Buatlah Thumbnail yang membuat Calon Penonton KEBELET NGEKLIK
7 )   Deskripsi Video
8 )   Buat Playlist
9 )   Promosi

Sekarang mari masuk ke pembahasan pertama. Alasan Anda menjadi Youtuber atau “WHY” nya.

Mengapa Menjadi Youtuber dan Bagaimana Caranya ?

Saat ini situs youtube punya lebih dari 1 milliar pengguna. Setiap tahunnya ada lebih dari 1 trilliun views. Trafiknya luar biasa besar. Menurut penelitian di Amerika setiap harinya paling tidak orang menghabiskan rata-rata 40 menit sehari melihat video-video di youtube. Jadi potensi youtube sebagai tempat mencari uang sangat besar, sekali lagi saya ingin mengatakan bahwa, “Di mana ada keramaian, di situlah tempat yang potensial untuk berjualan atau mencari uang.”

Banyak orang terinspirasi para youtubers sukses yang punya channel youtube dengan jutaan subscriber, memiliki penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya bukanlah sesuatu yang mustahil untuk mereka.

Mereka adalah orang-orang yang berhasil memanfaatkan trafik youtube yang “gila gede banget” itu.

Youtuber seperti Raditya Dika, Edho Zell, Ria Ricis, Keluarga Halilintar, atau Reza “Arab” Oktovian dengan ratusan ribu sampai jutaan subscriber menjadi idola dan panutan bagi para youtuber pemula di Indonesia.

Mari kita bahas beberapa contoh youtuber sukses di atas sebagai penyemangat untuk Anda yang ingin mulai menjadi youtuber :

Raditya Dika

Raditya Dika dikenal banyak orang sebagai seorang blogger, penulis buku, aktor, sutradara, komedian, dan youtuber. Videonya kebanyakan adalah tentang komedi (stand up comedy dan film komedi pendek) serta vlog yang menceritakan kegiatannya sehari-hari.

Pada awalnya Raditya Dika mulai dari menjadi seorang blogger, dia banyak membuat artikel atau posting mengenai kehidupannya dengan gaya komedi yang segar dan mengundang tawa. Tulisan-tulisan di blognya kemudian dibukukan dan ternyata disukai banyak orang.

Raditya Dika kemudian merambah ke dunia perfilman, dia membuat adaptasi film dari bukunya.  Selain membuat film Raditya Dika juga aktif di dalam dunia Stand-Up Comedy yang mulai trending beberapa tahun belakangan. Setelah itu barulah dia mulai masuk ke dunia youtube. Saat ini Raditya Dika masih produktif membuat film-film komedi layar lebar dan membuat vlog di youtube, juga menjadi juri di kompetisi Stand Up Comedy.

Dalam kasus Raditya Dika, jumlah subscriber yang banyak ini tidak didapat secara instan, namun diperoleh dari sekian tahun perjalanan karirnya dalam dunia entertainment di Indonesia. Jadi walaupun mungkin channel youtube nya dibuat tahun 2007, Radit sudah mulai meraih simpati dari banyak orang jauh sebelum itu, saat dia masih menjadi blogger yang aktif.

Analisis Channel Youtube Raditya Dika by socialblade.com 2017
Analisis Channel Youtube Raditya Dika by socialblade.com 2017

Saat ini Raditya Dika adalah youtuber dengan channel pribadi yang memiliki subscriber / pelanggan paling banyak di Indonesia, hampir 3 juta subscriber. Menurut socialblade.com channel Raditya Dika punya kisaran pendapatan bulanan $ 4,300 – $ 68,900 setiap bulannya.

Channel ini sudah berumur 10 tahun dengan 643 video. Video-videonya sudah ditonton hampir 364 juta orang.

Edho Zell

Edho Zell adalah seorang full time youtuber yang sukses. Video-videonya berisi video parodi, sketsa komedi, prank, pada intinya topik dan fokus Edho Zell adalah membuat orang tertawa.

Sebagai full timer youtuber, Edho Zell serius dalam membuat video, dia membuat video secara profesional dalam sebuah tim, videonya diupdate secara berkala setiap senin dan kamis.

Analisis Channel Youtube Edho Zell by socialblade.com 2017
Analisis Channel Youtube Edho Zell by socialblade.com 2017

Menurut socialblade saat ini channel Edho Zell sudah membuat 368 video sejak 2006 dengan subscriber sebesar 1,65 juta. Videonya sudah ditonton 390 juta penonton.

Setiap bulannya paling tidak Edho Zell mampu meraup $ 3,500 – $ 56,700.

Ria Ricis 

Ria Ricis pada awalnya adalah seorang selebgram (orang-orang yang memproduksi konten untuk instagram) dan dari sejak 2016 kemarin mulai menjadi youtubers. Pembawaannya yang riang dan heboh serta statusnya, kemampuan dan kekonsistenannya membuat video-video yang lucu dan seru, serta statusnya sebagai adik Oki Setiana Dewi (artis Indonesia yang terkenal saat memerankan tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih) membuatnya dengan cepat menjadi salah satu youtuber Indonesia terpopuler.

Video-videonya berisi kehidupan sehari-harinya, hal-hal / topik yang sedang trending, interview dengan artis-artis Indonesia, komedi, squishy (mainan lucu yang bisa dipencet-pencet), hal-hal yang lucu, dan prank.

Analisis Channel Youtube Ricis Official by socialblade.com 2017
Analisis Channel Youtube Ricis Official by socialblade.com 2017

Ria Ricis dengan channel youtube nya Ricis Official kini sudah memiliki tim dalam menggarap video-videonya. Channel Ricis Official sebenarnya lebih baru daripada Raditya Dika, Edho Zell, atau Reza Oktovian, karena baru dibuat di 2016. Jumlah videonya juga baru 169 upload. Namun ternyata video-videonya banyak disukai dan mampu merebut simpati para penonton youtube. Ini terlihat dari subscribernya yang sudah mencapai 2 juta subscriber dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Ricis Official diperkirakan mampu menghasilkan uang sebesar $8,300 – $133,500 setiap bulannya menurut socialblade.com.

PewDiePie

Itu baru Indonesia, di luar sana bahkan ada youtuber sukses yang bernama PewDiePie yang punya channel youtube dengan hampir 58 juta subscriber. Video-video PewDiePie sudah dilihat paling tidak 16,4 milliar kali.

PewDiePie mulai aktif membuat youtube sejak 2010. Konten yang dia buat sebagian besar adalah tentang gaming, atau video yang merekam reaksi dan kejadian saat dia main sebuah game. Konten yang lain di dalam videonya antara lain tentang komedi, dan vlog kegiatannya sehari-hari bersama pacarnya atau teman-temannya.

Analisis Channel Youtube Pewdiepie by socialblade.com 2017
Analisis Channel Youtube Pewdiepie by socialblade.com 2017

PewDiePie sangat produktif dalam membuat video, dalam rentang 7 tahun dia sudah membut 3,351 video. Itu artinya rata-rata 478 video setahunnya. Sebagai perbandingan coba tengok statistiknya Raditya Dika (643 video dalam 10 tahun), Edho Zell (368 video dalam 11 tahun), Ria Ricis (169 video dalam 1 tahun).

Denny Santoso, seorang internet marketer terkenal di Indonesia mengatakan paling tidak Anda harus menyiapkan 100 judul video, lalu upload dengan konsisten untuk mulai mendapatkan hasil.

Jadi jika Anda youtuber pemula dengan 10-20 video mengeluh tidak dapat uang dari youtube dan mulai berpikir untuk “udahan”, introspeksi lagi data statistik di atas ya !! Apakah Anda paling tidak sudah menyentuh angka 100 video ???

Jumlah video pada umumnya juga berbanding lurus dengan kualitas video. Seiring perjalanan dan pengalaman Anda dalam membuat video, Anda akan menemukan berbagai hal dan terus meningkatkan kemahiran Anda dalam membuat video. Anda akan belajar video mana yang banyak disukai orang, berbagai trik dalam membuat tampilan video yang lebih indah, dan banyak hal lainnya.

PewDiePie bisa meraup pendapatan $46,700 – $746,800 dari channelnya. Perlu Anda perhatikan bahwa channel PewDiePie adalah channel internasional (berbahasa Inggris). Channel internasional akan ditonton dan dapat dimengerti oleh lebih banyak orang. Potensi jangkauan penontonnya akan jauh lebih besar.

Selain itu ada perbedaan faktor pengali (CPM = Cost Per Mille / Dollar yang didapat per seribu impresi) saat menghitung pendapatan antar negara. CPM ini bervariasi untuk tiap negara mulai dari $1 – $7. Indonesia punya CPM sekitar $ 1 koma sekian , bandingkan dengan negara tetangga sebelah, Singapura yang punya CPM $ 6 koma sekian, atau Amerika Serikat di $4 koma sekian.

Tunggu ya artikel kami selanjutnya tentang sumber penghasilan para youtuber ini.

Anda sudah memahami mengapa youtube bisa dijadikan sebagai sebuah profesi dan dapat memberikan penghasilan yang sangat besar bagi orang yang memang serius dan konsisten dalam menjalankannya.

Lalu sekarang bagaimana langkah-langkah cara menjadi youtuber yang sukses ?

Langkah-langkah Persiapan Cara Menjadi Youtuber

1  .  Luruskan Niat dan Mindset Anda

Menurut saya langkah ini harus jadi yang nomor 1, karena jika Anda tidak punya niat yang benar video-video Anda hanyalah gambar yang bergerak, hambar, tanpa hati, tanpa jiwa.

Uang memang tidak dapat dipungkiri pada akhirnya akan sangat penting. Uang membuat Anda punya bahan bakar untuk berkarya lebih baik lagi, membangun tim, dan dapat pula menjadi alternatif pendapatan untuk meningkatkan taraf hidup Anda dan keluarga.

Akan tetapi jika uang adalah satu-satunya tujuan, menjadi youtuber saya rasa bukanlah jalan yang tepat.

Jika Anda memulai channel youtube dari nol (tanpa subscriber sama sekali).

“Akan butuh waktu, kerja keras, kreatifitas, dan konsistensi untuk mampu mulai meraih penghasilan di youtube.”

Dalam peraturan youtube yang baru, Channel Anda baru bisa memasang iklan (Adsense) setelah mencapai 10,000 lifetime views. 10,000 lifetime views itu berasal dari total view (berapa kali video Anda dilihat) semua video di channel Anda.

Memang bisa saja 1 video dilihat jutaan kali, tapi di awal-awal angka 10,000 views untuk 1 video ini relatif menantang untuk dicapai. Hal ini disebabkan karena algoritma youtube masih belum memberikan bantuan dengan memasukkan video Anda ke bagian recommended video jika seseorang surfing video di youtube.

Oleh karena itu, normalnya Anda harus membuat banyak video terlebih dahulu untuk menjaring viewer (penonton). Sampai suatu saat Anda beruntung dan ada video Anda yang ditonton banyak orang.

Selain itu algoritma yang dipakai youtube untuk menghitung pendapatan iklan adalah dengan menggunakan faktor yang dikenal dengan nama CPM (cost per mille) , uang yang dikeluarkan pengiklan untuk membayar per 1000 impresi (misalnya : view), yang kisarannya $1-$7 tergantung dari mana penonton Anda berasal. Uang ini nanti diambil 45% oleh youtube, baru sisanya untuk pemilik video.

Jika Anda punya channel berbahasa Indonesia dan ditonton orang-orang Indonesia, maka CPM nya sekitar $1 , itu artinya kira-kira Anda mendapat $0.55 per 1000 view. Dengan mengasumsikan $1 = Rp 13,000 maka artinya Anda mendapat Rp 7,150. Jauh kan dari Rp 1 juta?

Mendapatkan uang jutaan dari youtube bisa saja dilakukan, namun butuh waktu dan konsistensi dalam membuat konten video yang bagus. Jadi tidak bisa instan.

PewDiePie membuat video karena dia suka dan senang membuat video. Dia juga suka main game. Strateginya sederhana buat video sebanyak-banyaknya. Anda bisa cek betapa produktifnya dia dalam membuat video, rata-rata 478 video setahunnya selama 7 tahun. Itu artinya sekitar 1.3 video setiap hari.

“EDAN” KAN ORANG INI ???

Pertanyaannya sekarang, “APA ANDA BISA BUAT SETIDAK-TIDAKNYA 1 VIDEO SEHARI SELAMA 7 TAHUN ???” (365-366 video per tahun)

Kalau Anda tidak cinta dan menyukai membuat video serta mencintai topik yang Anda bahas, maka ini pekerjaan yang berat. Habis ide, males, capek…

Tapi dengan cinta ini seperti bermain buat Anda. Menghasilkan jutaa”n dollar dari channel videonya tidak membuat kecintaan PewDiePie dalam membuat video atau perilakunya terhadap uang berubah.

“It’s just something that I love to do”. -PewDiePie-

Tuliskan tujuan Anda dan simpan di tempat yang mudah Anda lihat. Setiap kali Anda lelah dan nyaris putus asa lirik dan ingat lagi tujuan awal Anda. Jadikan itu bahan bakar yang tidak akan pernah habis.

2  .  Pilih Topik Channel Youtube Anda

Langkah ini sangat penting, sebelum memulai membuat video. Penentuan topik channel akan membuat kerja Anda menjadi fokus. Orang juga lebih mudah mengingat Anda jika Anda fokus. Anda juga bisa lebih cepat membangun BRAND pribadi atau channel Anda.

Hindari membuat youtube channel yang isinya gado-gado. Orang akan kebingungan apa yang sebenarnya menjadi keahlian Anda atau apa sih sebenarnya jadi keunggulan channel Anda.

Oh, Raditya Dika itu kan Stand Up Comedian, belajar tutorial stand up comedy di channelnya ah..

Atau pikiran seperti “Kalau kamu mau tahu cara main game “Doom 3” coba tengok channelnya PewDiePie.

Apa sih “squishy” itu ? Cek Ricis Official aja.

Nah, apa yang ingin Anda tampilkan di benak para pengguna youtube saat nama channel Anda atau Nama Anda disebut ? Apa yang jadi spesialisasi channel Anda ?

Penentuan topik channel juga akan sangat membantu Anda dalam menentukan materi apa saja yang perlu dibahas. Topik channel  juga dapat menjadi kompas untuk Anda saat kehabisan ide.

Bagaimana cara menentukan topik channel ?

Menurut saya ada dua jalan yang biasa ditempuh youtubers dalam menentukan topik channel.

1  .  Topik Channel Populer

Apa yang biasanya orang cari saat mengunjungi youtube ?

Menurut quicksprout jawabannya ada dua hal :

=> Mencari solusi dari permasalahan mereka (misalnya mencari tutorial) dan belajar

=> Mencari hiburan

Jadi jika di dalam channel Anda ada salah satu atau dua unsur di atas sebenarnya Anda tidak perlu takut channel Anda tidak ada penontonnya.

Untuk topik / kategori, jika dilihat dari jumlah subscribernya, baik di dunia maupun di Indonesia top 10 channel youtube sebagian besar berasal dari dunia yang kurang lebih sama, entertainment dan komedi.

Channel dengan subscriber terbanyak di dunia ditempati oleh PewDiePie. Sedangkan dalam top 10 channel dunia ada 4 artis dunia, Justin Bieber, Taylor Swift, Rihanna, dan Kate Perry.

Di Indonesia sama saja, Raditya Dika, Edho Zell, Ricis Official, Reza “Arab” berasal dari dunia komedi dan entertainment.

Jadi memang, komedi dan entertainment adalah topik yang harus Anda pertimbangkan untuk Anda pilih, jika ingin channel Anda punya banyak subscriber.

Beberapa topik-topik favorit dan banyak dilihat orang di youtube antara lain : gaming, beauty & style, entertainment (movies, people, musik, komedi), health & fitness, shopping, education (how to) dan sebagainya.

Setelah melihat semua topik-topik favorit tadi, pilihlah mana yang paling Anda sukai atau minati, bisa juga yang paling Anda pahami seluk-beluknya. Jadikan pilihan Anda itu sebagai topik channel Youtube Anda yang baru.

2  .   Minat, Bakat, Pengetahuan, dan Pengalaman Anda

Sebenarnya semua topik channel di youtube bisa menghasilkan uang. Tapi Anda memang harus kreatif dalam memonetizenya. Channel tutorial design yang bagus, memungkinkan Anda mendapat job di luar youtube. Demikian halnya dengan channel tutorial programing, juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk-produk digital seperti e-course.

Oleh karena itu, cara lain yang bisa Anda lakukan dalam menentukan topik channel youtube adalah dengan membuat list / hal-hal yang Anda minati.

Minat atau passion membuat Anda punya cinta dan semangat yang besar pada suatu hal.

Anda tidak akan berkeberatan untuk belajar hal-hal baru yang diperlukan untuk bisa melakukan apa yang menjadi minat atau passion Anda.

Baca juga :   Ini Cara Membuat VLOG Yang Keren

Misalkan : Anda sangat suka bermain sepakbola. Anda tidak akan merasa risih dengan keringat, tidak merasa tersiksa dengan hujan atau panas, atau malas karena latihan yang melelahkan. Itu semua Anda jalani dengan hati gembira. Alasannya ya karena Anda suka sepakbola.

Saat Anda menceritakan atau berbagi pengetahuan tentang sesuatu yang Anda sukai, Anda antusias, wajah Anda memancarkan aura bahagia saat bicara. Orang-orang akan dengan mudah terbawa ke dalam semangat Anda.

Hal ini membuat video Anda jadi punya hati karena audience ikut merasakan emosi Anda.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari topik berdasarkan minat Anda adalah :

1 )  Buat daftar 10 hal yang Anda sukai

Misal : 1. Sepakbola, 2. Musik, 3. Robot, 4. Film, 5. Memasak, 6. Mobil, 7. Kucing, 8. Travelling, 9. Sepatu, 10. Komedi

2 )  Coret 7 hal, tentukan 3 hal yang paling Anda banget. Misalkan dari contoh sebelumnya

3 video pilihan Anda adalah : 1. Sepakbola , 2. Musik , dan 3. Kucing

3 )  Dari 3 hal tadi, pilih mana yang paling Anda kuasai materinya dan paling

memungkinkan untuk dijadikan video, misalnya : Musik

Sekali lagi semua topik atau hal bisa menghasilkan uang. Jadi Anda tidak perlu takut dalam memilih. Yang paling penting Anda harus memilih topik yang Anda sukai, Anda kuasai (punya pengetahuan atau pengalaman di topik tersebut) dan paling memungkinkan dibuat video.

Jika Anda tidak menyukai topiknya, materi untuk isi video (buku, e-book, artikel, training, course, atau video tutorial) sulit didapat, atau Anda tidak punya pengetahuan yang cukup dapat membuat Anda cepat kehabisan materi dan bahan untuk dibahas.

Channel Anda bisa mandek dan tidak berkembang.

3  .  Pilih Topik Nge-Trend atau Evergreen ?

Anda juga bisa memilih membuat video-video berdasarkan suatu hal yang sedang trending, misalnya : joget baby shark atau eta terangkanlah.

Jika Anda memutuskan untuk membuat video-video dengan topik yang trending. Anda harus senantiasa update dengan tren terbaru dan paham maksud dan tujuan tren tersebut. Jangan asal ikut-ikutan saja. Apalagi membuat video dengan konten yang berbahaya, seperti pass out challenge beberapa waktu lalu.

Tapi kelemahannya adalah trend itu biasanya punya waktu yang pendek, setelah lewat dari periode waktu tertentu dia akan menurun penontonnya dan bahkan banyak yang sudah tidak ditonton lagi. Grafik penontonnya seperti lonceng, datar, naik, puncak, turun, datar.

Kalau memungkinkan carilah juga materi video yang evergreen (selalu relevan tanpa ada batasan waktu) seperti misalnya : trik dan tips mengelola keuangan atau tips dan trik berkenalan dengan lawan jenis. Video-video ini memang tidak akan se-boom-ing video yang mengikuti tren, tapi dalam rentang waktu yang panjang video-video ini masih akan ada penontonnya.

Jadi sifatnya seperti asset yang menghasilkan pendapatan pasif. Kerja satu sekali menghasilkan sepanjang waktu dan berkali-kali.

3  .   Analisis Kompetitor

sun tzu quote
sun tzu quote

Sun Tzu, seorang ahli strategi perang dari China pernah berkata, “Jika Anda mengenal musuh Anda dan mengenal diri Anda, Anda tidak perlu takut hasil dari ratusan pertempuran. Jika Anda hanya mengenal diri Anda tanpa mengenal musuh Anda, maka setiap kemenangan yang Anda dapatkan, Anda juga akan mendapatkan kekalahan. Jika Anda tidak mengenal baik diri Anda maupun musuh Anda, maka Anda akan kalah dalam setiap pertempuran.”

Nasihat Sun Tzu ini tak lekang ditelan jaman, sampai sekarang tetap masih relevan. Dan ini juga berlaku di dunia bisnis online pada umumnya , juga youtube pada khususnya.

Agar channel youtube Anda bisa survive dan menghasilkan, Anda harus memahami kompetitor Anda yaitu para youtuber lainnya yang memiliki niche / topik yang sama.

Anda harus memahami apa kekuatan dan kelemahan channel youtube Anda dan channel youtube para kompetitor Anda. Perkuat kelebihan Anda dan kalau bisa eliminasi kekurangan-kekurangan dari channel youtube Anda.

Pilihlah beberapa channel youtube terbaik dari niche / topik Anda. Lalu buatlah tabel sederhana rangkuman kelebihan dan kekurangan masing-masing channel.

Untuk hal-hal yang dinilai, berikut ini beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan :

– Apakah isi video mudah dipahami ? Konten adalah raja

– Berapa lama durasinya ? Yang dianjurkan 5-10 menit

– Kualitas gambar (kejernihan / ketajaman, stabilitas, fokus gambar, warna)

– Kualitas suara (pilih microphone yang baik), sinkronisasi gambar dan suara

– Lighting (pencahayaan)

– Seni / artisitik di video

– Editing (transisi, pemotongan video, artistik)

– Cerita (plot / script)

– Thumbnail (gambar yang dipajang di etalase youtube) yang mengundang orang penasaran

   untuk melihat video. Menurut pengamatan dan apa yang dialami penulis, gambar wanita

   cantik dan sexy cenderung mengundang untuk mengklik.

   He he he ya maaf, apa daya saya hanya seorang laki-laki simple.

– Judul (Headline) yang membuat penasaran dan mengundang

– Konsistensi mengupload video , apa ada jadwal tetapnya ?

– Playlist video, playlist memudahkan pengunjung channel melihat video-video yang punya

   hubungan atau memiliki kategori yang sama

– Deskripsi video, apakah sudah maksimal atau hanya sekedarnya?

– Annotation (tulisan warna-warni yang bisa diklik yang muncul di video, biasanya diisi link

  untuk menuju ke video lain yang berhubungan atau website Anda, atau perintah untuk

  subcribe ke channel)

– Relasi dengan subscriber atau viewer , apakah pemilik channel sering berkomunikasi dengan

  para penonton channelnya, apakah bagus cara channel itu menanggapi komentar penonton,

  apakah channel tersebut melayani tanya jawab

analisa kelebihan kekurangan channel
Analisa Kelebihan Kekurangan Channel

Tabel di atas adalah contoh yang bisa Anda pakai untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan kompetitor Anda.

Anda boleh menggunakannya langsung, menambah, atau mengurangi sesuai keperluan Anda.

Tugas Anda adalah mempelajari dan jika memungkinkan mengadopsi hal-hal yang baik dari channel-channel kompetitor Anda, serta meminimalisir kekurangan dalam channel Anda.

Tapi hal yang utama adalah menciptakan suatu keunikan yang hanya channel Anda saja yang mampu menyediakannya. Buatlah channel punya karakter yang berbeda dari channel-channel yang sudah ada terlebih dahulu.

Dengan menjadi unik, channel Anda akan jauh lebih mudah diingat para pengguna youtube.

4  .   Penentuan Target Audience / Penonton Channel Anda

Ada dua cara menentukan kategori topik dan tipe video, yang pertama adalah dengan terlebih dahulu menentukan topik berdasarkan minat, pengetahuan, maupun keahlian Anda.

Yang kedua adalah dengan melihat data statistik kemudian menentukan target penonton, baru memilih topik berdasarkan minat, pengetahuan dan keahlian Anda.

Seperti pada saat akan menjual suatu barang, Anda juga harus menentukan target penonton untuk channel youtube Anda.

Untuk siapa sih konten-konten video ini dibuat ?

Anda dapat menentukan target penonton Anda dengan menggunakan bantuan data statistik berikut ini.

Berdasarkan survey dari comscore di 2015, pengguna youtube terbesar adalah orang-orang di usia 25-34 tahun.

Statistik Usia Pengguna Youtube 2015
Statistik Usia Pengguna Youtube 2015

Misalkan Anda ingin menembak target market di rentang umur 25-34 tahun.

Dari data statistik berikutnya Anda akan punya gambaran kira-kira topik apa saja yang disukai orang-orang di usia 25-34 tahun.

Jika diuraikan berdasarkan gender (pria dan wanita) statistik pengguna youtube adalah :

Konten Youtube Favorit Wanita 2016 by Openslate
Konten Youtube Favorit Wanita 2016 by Openslate

Kategori topik paling banyak dilihat wanita pada tahun 2016 menurut Openslate adalah beauty & style dan health & fitness.

Kategori beauty & style ini bisa dipecah-pecah lebih jauh lagi, yang tertinggi adalah video tentang face & body care dan make up & cosmetics.

Konten Youtube Favorit Pria 2016 by Openslate
Konten Youtube Favorit Pria 2016 by Openslate

Sementara untuk konten yang paling banyak dilihat pria di 2016 adalah video-video dengan kategori gaming dan musik.

Kategori gaming ini bisa dipecah-pecah lebih jauh lagi, yang tertinggi adalah video tentang shooter games dan roleplaying games.

Misalkan Anda adalah seorang pria dan suka gaming, maka Anda mengambil keputusan untuk membidik gaming sebagai topik Anda.

Maka target market / audience Anda adalah :

=> pria

=> usia 25-34 tahun

=> suka main game

=> tinggal dan berbahasa Indonesia

Konten yang kemungkinan besar cocok untuk mereka :

=> tutorial game (walkthrough, tips dan trik, cheat)

=> interview gamers wanita yang cantik-cantik

=> update game-game terfavorit

=> respon Anda terhadap suatu trailer game atau saat bermain game

Tidak menutup kemungkinan Anda membidik target yang lebih disukai wanita, seperti beauty & style atau health & fitness. Pemilihan topik berdasarkan kategori favorit sesuai gender / jenis kelamin saya sarankan untuk mempermudah Anda dalam membuat video. Karena terkadang ada bahasa-bahasa atau kebiasaan yang dipahami oleh jenis kelamin tertentu tapi agak aneh jika dilakukan oleh jenis kelamin yang lain.

Jika Anda pria maka Anda kemungkinan besar memahami perasaan, kebiasaan, dan hal-hal yang disukai penonton Anda. Demikian halnya jika Anda seorang wanita, tentu saja Anda lebih mudah memahami dunia wanita, kesukaan, dan masalah yang dihadapi para wanita.

Tapi jika Anda memang punya minat atau keahlian di situ, kenapa tidak ? Ada lho, desainer pria yang hebat, make up artis pria dengan hasil make up keren, chef pria yang jago, atau konsultan cinta pria untuk para wanita untuk memahami cara mendekati pria gebetannya.

Untuk lebih lengkapnya, penentuan target market / audience bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan daftar pertanyaan yang ada di artikel kami yang berjudul CUSTOMER PERSONA (MENENTUKAN TARGET MARKET ANDA).

Menentukan target audience / penonton channel Anda dan memahami personanya (apa yang menjadi mimpi, kesukaan, hal yang tidak disukai / ditakuti), membuat Anda channel Anda punya feel “ini gua banget” di hati penonton Anda, mereka juga dapat mencari solusi dari permasalahan mereka lewat channel Anda.

Alasan lain dari penentuan target audience ini adalah untuk menyesuaikan isi konten dengan target audience. Membuat video untuk anak-anak ABG tentu saja akan berbeda dengan membuat video untuk papa dan mama muda. Mulai dari gaya bahasa dan materi video akan berbeda, kebutuhan mereka juga berbeda.

Tentang Sebuah Nama

Persiapkan nama untuk para subscribers dan penonton channel Anda. Nama untuk  para subscriber dan penonton channel akan meningkatkan engangement atau interaksi dengan mereka.

Sebutan bagi para penonton channel yang unik akan membuat channel youtube Anda makin mudah untuk diingat orang.

Berikanlah nama sebutan yang simple, unik, keren, mudah diingat, dan tidak terlalu panjang.

Kata-kata berikut bisa Anda gunakan dalam nama sebutan / panggilan untuk penggemar : “family”, “squad”, “holic”, “troop”, “pasukan”, “-ers”, “-nis”

Contoh : Jacky Family, Bros, Sistah, Taulanis, Shoppers, Andiz holic, Pasukan Alona, Rendy Troop, Mblo, pejuang cinta, pencinta wanita, dan lain sebagainya.

5  .  Tentukan Konten Video Channel Youtube Anda

Konten adalah Raja.

Berikut ini beberapa tipe konten video yang banyak disukai orang :

1  .  Review Product

Review  Produk adalah video mengenai pengalaman Anda dalam menggunakan sebuah produk / barang. Apa yang Anda rasakan saat menggunakannya, bagaimana fitur-fitur produk tersebut, harganya, cara pakainya, penilaian Anda dan sebagainya.

Contoh video :

2  .  How to Video (Cara Melakukan Sesuatu)

How to video adalah video yang berisikan tutorial cara melakukan sesuatu. Konten ini sifatnya edukasional, menambah ilmu, atau mengajarkan suatu skill atau keterampilan tertentu.

3  .  Vlogs

Vlogs atau video blogs adalah video yang berisi kegiatan atau sesuatu hal yang dilakukan si pembuat video. Vlog juga bisa berisi pemikiran atau pendapat si pembuat video tentang sesuatu hal.

4  .  Gaming Video

Ya cukup jelas, ini adalah video tentang orang sedang main game. Di dalamnya bisa berisi tutorial, tips dan trik, atau reaksi gamers terhadap video game tersebut.

5  .  Video Komedi

Video ini berisi aksi-aksi komedi, parodi, atau sketsa (film pendek) komedi yang mengundang tawa.

6  .  Memes / Tags

Meme dan Tags adalah video yang berisi gambar-gambar lucu dan kejadian lucu. Biasanya sangat populer di sosial media dan sering viral.

7  .  Haul / Unboxing Video

Haul dan unboxing video berisi adegan saat seorang youtuber menerima barang atau produk yang mereka pesan dari sebuah marketplace atau toko online.

Haul video cenderung fokus ke produknya, sedangkan unboxing video cenderung lebih fokus ke reaksi sang youtuber saat pertama kali menerima paket, membuka paket, dan memasang / merakit produk tersebut.

Seringkali video bercerita tentang bagaimana kemasan paket yang datang, ukurannya, bentuknya, dan apa yang mereka rasakan saat membuka plastik yang membungkus paket.

8  .  Favourite Video / Best Video

Favourite / Best Video isinya mirip-mirip dengan review, haul, dan unboxing. Perbedaannya adalah favourite dan best video menitikberatkan kepada fitur / atribut tertentu yang disukai atau tidak disukai sang youtuber dari suatu produk tertentu.

Isinya juga bisa berupa video yang menunjukkan produk / barang yang paling disukai / favorit sang youtuber selama periode waktu tertentu, misalnya : dalam sebulan atau setahun.

Youtuber seringkali menjadi sumber terpercaya dari para subscribernya saat akan membeli suatu barang. Pendapat mereka dihargai dan dianggap penting. Oleh karena itu, konten jenis review, haul, unboxing, dan favourite/best video ini seringkali digunakan sebagai sarana promosi (endorse) para produsen / toko online.

9  .  Video Edukasi

Video edukasi berbeda dengan video “how to” / bagaimana cara / cara melakukan sesuatu, video edukasi lebih menjelaskan “why” atau mengapa.

Video edukasi dapat berisi penjelasan mendalam atau panjang lebar tentang sesuatu. Tujuannya menjadi alternatif media untuk menjelaskan suatu hal secara visual. Target penontonnya seringkali adalah orang-orang yang ingin belajar mengenai sesuatu hal, mahasiswa, anak-anak sekolah, dan anak-anak.

10 .  Video Q & A (questions and answers)

Video Q & A berisikan tanya jawab berbagai hal antara para penonton channel video dan youtubers. Youtubers saat ini bisa dikatakan sebagai selebritis, banyak hal yang ingin diketahui para penonton mengenai hal-hal seputar kehidupan atau cara pandang sang youtuber idola.

Biasanya para penonton menuliskan pertanyaan mereka melalui bagian komentar di bawah video, youtuber lalu akan membuat rekapan pertanyaan dan menjawabnya dalam video.

Kadang-kadang youtuber juga mengundang bintang tamu (selebriti terkenal) untuk diwawancarai atau menjawab pertanyaan.

11 .  Video Koleksi

Video koleksi bercerita koleksi barang tertentu dari seorang youtuber. Misal : koleksi game. Video berjenis ini digunakan untuk menceritakan kehidupan dan kepribadian youtubers.

12 .  Prank

Video tipe ini bercerita tentang prank / kejahilan / adegan mengerjai yang dilakukan youtubers kepada orang-orang.

13 .  Video Challenge

Video challenge ini berisi youtuber yang melakukan suatu tantangan yang biasanya sedang nge-trend.

Demikianlah 13 tipe video yang disukai oleh para penonton youtube : product reviews, how-to videos, vlogs, gaming videos, komedi, meme/tags, haul / unboxing videos, collection videos,  favorites/best of videos, educational videos,  Q&A videos, prank videos, dan video challenges.

Dengan memahami ini dan menggunakannya dalam pembuatan video Anda akan memiliki keunggulan dibanding channel yang lain.

6  .  Sumber Daya (Budgeting, Peralatan, dan SDM)

Dalam setiap bisnis Anda sebaiknya memiliki perencanaan dari sisi modal / dana yang dibutuhkan, peralatan apa saja yang akan diperlukan, serta siapa saja orang yang akan terlibat dalam sebuah proses bisnis tersebut.

Sumber daya untuk memulai channel youtube Anda sendiri antara lain :

1  .  Pikiran, tenaga, dan waktu

Anda harus mau mengalokasikan waktu, pikiran, dan tenaga Anda untuk melakukan hal-hal berikut :

=> membuat perencanaan dengan membuat script atau skenario video, singkatnya, “rencananya mau bikin video apa ?” , tentang apa, apa isinya, siapa yang ada di dalam video, berapa lama, apa judulnya, dan sebagainya.

=> merekam video dan audio.  Anda harus menentukan videonya akan direkam dengan apa? Bagaimana cara merekamnya ? Dengan menggunakan alat apa ? Lalu melakukan proses perekaman.

=> mengedit video. Kegiatan mengedit video terdiri dari beberapa hal berikut : mensinkronkan suara dan gambar, memperindah video dengan menambahkan art (seni), menambahkan judul dan thumbnail, dan sebagainya

=> mengupload video ke channel youtube, menambahkan deskripsi video

=> menanggapi dan menjaga relasi dengan para penonton video-video Anda

=> mempromosikan channel youtube dan video-video Anda di semua saluran sosial media yang Anda punya : facebook, twitter, google plus, instagram, dan lain sebagainya.

2  .  Kamera Video, microphone, dan Laptop / Personal Computer

Sebagai seorang youtuber tugas utama Anda adalah membuat video-video yang menarik dan berguna bagi para penonton Anda.

Untuk dapat menghasilkan video ya tentu saja Anda harus punya peralatan untuk membuat video.

Secara garis besar ada dua alat yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat video, yaitu : kamera video dan Personal Computer (PC).

Kamera video dapat menangkap citra atau gambar visual dari objek di depannya dan menyimpannya dalam bentuk file yang bisa diupload / unggah ke youtube.

Kamera video ini meliputi : kamera profesional dslr, kamera digital, dan smart phone. Untuk Anda yang baru memulai dan tidak ada budget untuk membeli kamera gunakan saja smart phone Anda.

Baca juga :   INI DIA 5 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN UANG

Smart phone seperti Android dan iphone bahkan sudah memiliki aplikasi untuk merekam dan mengedit video dengan cukup bagus.

Cara kedua untuk membuat video adalah dengan menggunakan program-program screen recording di laptop atau Personal Computer (PC) Anda. Anda bisa memanfaatkan program gratisan Free Screen Video Recorder dan CamStudio. Anda bisa cari programnya di google dan download. Ada juga program-program yang berbayar, tentu saja dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan lengkap.

Anda bisa memanfaatkan program screen recording untuk merekam presentasi slide powerpoint atau membuat video tutorial melakukan sesuatu di komputer.

Rekam suara untuk video Anda dengan microphone. Microphone tidak terlalu mahal, di marketplace banyak yang menjual dengan harga sekitar 30 ribuan rupiah. Kualitas rekaman suaranya juga sudah cukup lumayan. Anda bisa saja menggunakan microphone laptop Anda, tapi suaranya kurang bagus.

3  .  PC dan Program-program Video Editing

Untuk menghasilkan video yang bagus haruslah melewati proses editing. Proses editing dapat Anda lakukan dengan menggunakan program video editor.

Beberapa kegiatan dalam proses editing antara lain : menambahkan atau mengurangi bagian-bagian dalam video, menambahkan judul dan thumbnail, menyatukan bagian-bagian video, menambahkan efek, menajamkan gambar, mengatur pencahayaan dan sebagainya.

Program video editor yang gratisan contohnya adalah Windows Movie Maker. Jika Anda punya laptop Mac (Apple), ada program video editor bawaan dari Mac yang bernama Apple iMovie.

Sedangkan program video editor yang banyak digunakan untuk mengedit video secara profesional di Windows adalah : Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect.

Proses mengedit ini tentu saja memerlukan sebuah PC atau laptop sebagai sarana untuk menjalankan program video editor.

Sebagai informasi proses editing ini cukup berat untuk komputer, terutama saat proses rendering, jadi usahakan mempunyai PC yang memiliki memory (RAM) yang cukup, disarankan di atas 8GB. Semakin bagus kualitas PC Anda semakin bagus video yang bisa Anda hasilkan.

Personal Computer (PC) yang spesifikasinya bagus juga memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung (live). Para youtubers dengan genre gaming sering melakukan ini. Mereka membuat video saat mereka main game secara live, sehingga respon dan reaksi mereka terhadap suatu kejadian saat mereka bermain game benar-benar original.

Jika Anda seorang youtuber dengan genre gaming, maka PC dengan spesifikasi kelas gamers (high spec) sangat disarankan. Game-game “jaman now” sangat menonjolkan keindahan grafis, gerakan yang riil, dan gameplay yang kompleks. Hal ini menyebabkan Anda akan membutuhkan PC dengan spesifikasi (komponen “daleman” seperti prosesor, RAM, video card, sound card, kapasitas dan kemampuan harddisk ) yang tinggi.

4  .  Jaringan Internet

Anda akan membutuhkan internet untuk dapat mengakses channel youtube dan mengupload video.

Jaringan internet juga akan Anda perlukan saat Anda mempromosikan channel youtube Anda di berbagai media sosial.

Saat ini banyak alternatif untuk terhubung dengan jaringan internet. Anda dapat membeli kuota dan menggunakan modem pribadi. Saat ini provider-provider banyak menyediakan paket-paket promo internetan dengan harga bersaing.

Anda juga bisa datang ke cafe-cafe, rumah sakit, foodcourt, mall, perpustakaan, sekolah, kampus, taman kota untuk memanfaatkan wifi.

Selain itu di kota-kota besar banyak bertebaran wifi.id corner yang menyediakan internet dengan pulsa Anda sebagai alat bayar. Tarifnya lumayan murah, 5 ribu rupiah saja untuk sehari.

5  .  Uang

Buatlah budgeting / perencanaan kebutuhan uang untuk membuat video. Anda sebaiknya bisa menentukan berapa besar uang yang dibutuhkan untuk membuat sebuah video.

Tentukan pos-pos apa saja yang membutuhkan uang, berapa banyak, sumber uang itu dari mana. Tuliskan itu lalu evaluasi, apakah budget Anda itu sudah tepat, terlalu sedikit, atau terlalu banyak.

Nanti saat channel youtube Anda sudah menghasilkan, buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran. Sehingga Anda bisa memonitor kondisi keuangan Anda.

Tidak bisa dipungkiri uang atau modal finansial bisa menjadi pembeda dalam perjalanan seorang youtuber.

Dengan modal uang yang cukup besar Anda dapat membeli peralatan (kamera, PC / laptop, microphone, lighting) terbaik, program video editor terbaik, dan yang paling penting di atas semuanya SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) terbaik.

Dengan Uang Anda bisa mempekerjakan orang-orang yang ahli di bidangnya. Anda bisa menyewa script writer / content writer untuk memikirkan isi video Anda. Videographer dan video editor / designer untuk membuat video yang profesional dan indah. Social Media Marketer untuk mempromosikan video Anda di media sosial.

Manfaatkanlah bursa tenaga kerja online seperti fiverr, upwork, sribulancer, dan freelancer untuk menemukan tenaga-tenaga profesional. Anda bisa melihat portofolio proyek-proyek mereka sebelumnya dan fee (upah) mereka untuk suatu proyek tertentu.

Video-video yang Anda hasilkan tentunya bisa jadi jauh lebih bagus daripada dikerjakan sendiri. Tenaga Anda pun akan jauh lebih efisien dan efektif penggunaannya. Anda dapat fokus ke hal-hal yang jadi kehebatan atau kelebihan Anda, karena hal-hal lainnya dapat Anda delegasikan.

Waktu yang Anda perlukan untuk menghasilkan sebuah video juga  bisa dipercepat. Waktu uploadnya juga bisa dipersering dan konsisten.

Video dengan konten bagus, gambar tajam, indah, dan keren, konsisten diupload, dan jumlahnya banyak tentunya akan membuat channel youtube Anda makin disukai dan ditonton lebih banyak orang.

Uang juga memungkinkan Anda untuk mempromosikan video-video Anda di youtube atau google dengan memanfaatkan iklan berbayar di kata kunci-kata kunci yang menjadi target Anda. Ini memungkinkan video Anda “nongol” saat seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari.

Semakin banyak orang yang menonton dalam dunia youtube ekuivalen dengan semakin tinggi potensi pendapatan channel Anda.

Intinya ada dua pilihan jika berhubungan kerja, waktu, dan uang :

=> Anda bekerja dengan waktu Anda, saat Anda tidak punya banyak uang, maka tidak ada pilihan lain, Anda harus rela turun tangan langsung bekerja dengan menggunakan waktu Anda, pikiran dan tenaga Anda sendiri.

Dan percayalah ini punya tantangan tersendiri. Capek, bosan, malas, kehabisan ide, nyaris putus asa karena tidak kunjung memberi pendapatan yang memuaskan adalah makanan sehari-hari Anda.

Oleh karena itulah, Saya menyarankan agar membahas atau memilih topik yang sesuai minat dan keahlian Anda. Jika Anda mencintai topik Anda maka semua pekerjaan ini akan terasa lebih ringan dan bisa Anda nikmati prosesnya.

Saran saya yang lain adalah bekerjalah dengan partner atau dalam tim. Partner dan tim akan dapat membantu Anda dalam proses pencarian ide video dan memperingan kerja Anda dengan berbagi tugas. Anda juga punya orang sebagai tempat curhat dan saling menguatkan saat semangat Anda sedang turun.

Ada pepatah bijak yang mengatakan, “Jika Anda ingin pergi dengan cepat, pergilah sendirian. Tapi jika Anda ingin pergi ke tempat yang jauh pergilah dengan teman-teman Anda.”

Anda tentunya ingin channel youtube Anda bertahan dalam waktu yang lama. Jadi bergotong royonglah dengan partner Anda.

=> Anda bekerja dengan uang Anda, saat Anda punya uang, Anda bisa membayar waktu, tenaga, dan pikiran orang lain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan Anda. Anda bisa fokus mengerjakan hal yang benar-benar jadi prioritas utama Anda.

Mulailah dari apa yang Anda punya. Jika Anda hanya punya waktu, ya sudah, jalanlah dengan itu. Anda harus rela berkorban waktu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan youtuber tadi sendiri.

Sabar, konsisten, kumpulkan modal sedikit demi sedikit, cobalah beralih dan mendelegasikan tugas di kemudian hari.

Jika Anda punya uang, maka rekrutlah orang-orang terbaik. Delegasikan tugas, dan fokuslah ke hal yang jadi keahlian Anda.

6  .  Lighting (Pencahayaan)

Peralatan lighting yang baik akan membuat video Anda lebih terang, tajam dan ramah untuk mata para penonton.

Saat ini Anda bisa mencari peralatan lighting di market place.

Jika Anda belum Anda budget, Anda bisa menyewanya.

Minimal manfaatkan lampu belajar di rumah Anda saat Anda membuat vlog.

lighting untuk video youtube
Lighting untuk Video Youtube

Minimal Anda sediakan 2 lampu untuk Key Light dan Fill Light. Yah, paling tidak satu lampu deh untuk Key Light.

Kalau Anda serius belilah Soft-Box Lighting Kit yang biasa dipakai para fotografer profesional.

Langkah-langkah Pembuatan Channel Youtube dan Cara Setting Channel

Berikut ini adalah cara pembuatan channel youtube :

1  .  Pembuatan Channel Youtube

1 . Buatlah email baru di gmail dengan nama channel Anda

Youtube adalah salah satu bagian dari perusahaan raksasa internet google. Oleh karena itu untuk membuat channel youtube Anda harus memiliki email di gmail terlebih dahulu. Silakan buat akun gmail untuk channel Anda dulu.

“trik bisnis online spesial untuk Anda : usahakan nama email Anda sesuai nama channel Anda, nama akun sosial media (FB dan IG) Anda, dan nama website / blog Anda (domain) sehingga orang-orang jadi lebih mudah mengingat.”

“Gunakan namecheckr untuk memeriksa ketersediaan nama domain, akun media sosial (FB, IG, youtube, dan akun google+).”

 “jika namanya sudah ada yang pakai, bisa tambahkan kata email, .com, dotcom,” contoh : 

# website : tipsfashion.com

# email : emailtipsfashion@gmail.com atau tipsfashiondotcom@gmail.com

# channel youtube : tips fashion

# facebook page : tips fashion

# IG : tips fashion

#LINE : @tipsfashion

Hati-hati saat memasukkan tanggal lahir saat membuat akun gmail Anda, usahakan umur di akun gmail Anda lebih dari 18 tahun agar tidak ada masalah saat mendaftar Google Adsense.

2 . Masuklah ke youtube.com

3 . klik icon upload video / akun Anda di ujung kanan atas, lalu pilih my channel

4 . Masukkan nama channel video Anda

2  .  Mengganti foto profil untuk channel youtube Anda

Anda bisa mengganti foto profil channel youtube Anda dengan logo channel atau website Anda. Jika Anda mengubah foto profil channel itu artinya Anda mengubah foto profil akun google Anda yang akan berlaku juga untuk gmail dan google+ (google plus).

“trik bisnis online : gunakan canva untuk membuat desain gratis tapi tidak murahan.” 

Canva adalah program aplikasi desain gratis online, dengan banyak sekali template desain keren untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk logo, membuat desain untuk kampanye periklanan, sampai berbagai keperluan untuk menghias page Facebook atau media sosial yang lain seperti Instagram.

Silakan sign up (mendaftar), bisa dengan email atau user facebook Anda. Dan Anda pun sudah siap memanfaatkan template-template keren di canva ini. Tinggal klik di sini, dan di sana, drag di sini dan di sana, atur sedikit, dan desain Anda pun siap didownload.

profil picture n channel art youtube
profil picture n channel art youtube

3  .  Mengganti Gambar Channel Art Youtube

Anda juga bisa mengubah channel art youtube Anda agar tampak lebih keren. Anda bisa manfaatkan foto-foto channel art gallery yang disediakan youtube atau membuat sendiri channel art Anda dengan menggunakan program photo editing seperti Adobe Photoshop atau Coreldraw. Anda juga bisa membuat desain channel art Anda dengan bantuan canva.

channel art gallery youtube
channel art gallery youtube

canva design

canva design

4  .  Mengisi Deskripsi Channel Youtube

Mengapa mengisi deskripsi channel Youtube itu penting ?

Jawabannya karena para calon penonton atau pengunjung Anda biasanya akan melihat menu “about” di channel Anda untuk mengetahui secara garis besar tentang apa channel youtube Anda. Jika ternyata mereka menyukai hal-hal yang dibahas atau ditayangkan di channel Anda maka akan besar kemungkinannya mereka akan menjadi subscriber atau pelanggan channel youtube Anda.

Hal-hal yang perlu Anda tuliskan di deskripsi channel Youtube Anda :

1 ) Penjelasan singkat dan komprehensif tentang apa channel youtube Anda

2 ) Jadwal upload video Anda, sehingga mereka tidak ketinggalan update video terbaru dari Anda, contoh : video baru setiap Selasa

3 ) Cara mengontak Anda untuk berbagai keperluan, seperti mengajukan pertanyaan, menawarkan kerja sama atau pekerjaan, atau endorse / sponsorship

4 ) Nama domain website Anda , akun sosial media Anda

5 ) Hal-hal lain yang yang ingin Anda sampaikan kepada pengunjung channel Anda

Contoh :

youtube channel description
youtube channel description

5  .  Menambahkan Tombol Sosial Media

Anda bisa menambahkan tautan / links untuk memperkenalkan atau mempromosikan akun sosial media Anda. Para penonton dapat dengan mudah mengklik tautan tersebut untuk mengunjungi akun sosial media Anda. Dari situ Anda bisa mendapatkan teman atau follower baru.

Caranya cukup mudah klik tombol logo akun google di kanan atas, pilih my channel, pilih customize channel, masuk ke menu about, cukup klik tombol “+Links” , lalu copy paste url sosial media Anda di kolom yang sudah disiapkan kemudian klik tombol “Done”.

customize youtube channel about
customize youtube channel about

6  .  Verifikasi Youtube Partner

Verifikasi Youtube Partner perlu Anda lakukan untuk untuk memverifikasi aplikasi Anda sebagai Youtube Partner sebagai salah satu persyaratan untuk dapat mendaftarkan channel Youtube Anda ke Google Adsense.

Google Adsense adalah salah satu cara bagi Youtuber untuk bisa meraup dollar. Jika Anda terdaftar di Google Adsense, maka video Anda akan diselingi / dimasukkan iklan oleh Google Adsense, jika penonton Anda melihat iklan tersebut, Anda akan mendapat pemasukan / uang. Begitu sederhananya.

Walaupun jumlah dollar yang Anda terima per tayang tidak begitu besar, kalau ternyata video Anda viral banyak yang menonton, ya sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Sayang kalau tidak Anda manfaatkan.

Kembali ke bahasan verifikasi youtube partner, caranya cukup mudah :

1 ) Masuk ke “creator studio”

2 ) Klik “channel” di menu bagian kiri

3 ) Pada menu “status and features” , di layar bagian kanan ada tombol “v (contreng) verify” yang berwarna biru.

4 ) Isi data nomor handphone Anda yang aktif

5 ) Baca kode yang dikirimkan Youtube ke handphone Anda , isikan kode verifikasi tersebut pada tempat yang tersedia di Youtube

verifikasi channel youtube
verifikasi channel youtube

7  .  Mendaftar Google Adsense

Langkah selanjutnya untuk mulai mendapatkan dari Youtube lewat Google Adsense (Iklan Google dalam bentuk Video), ya Anda harus mendaftar di Google Adsense.

Akan tetapi ini jika channel youtube Anda masih baru, hal ini belum bisa Anda lakukan, karena dalam peraturan Youtube terbaru Anda baru bisa mendaftar Google Adsense setelah channel Anda memiliki 10.000 views (ada 10.000 orang yang merupakan akumulasi dari seluruh video Anda, sudah melihat video-video di channel Anda).

Jadi saya hanya bisa bilang , “Keep Fighting, Bro anda Sis!”. Ingat Anda tidak sendirian.

Tetaplah produktif, buatlah video dengan determinasi tinggi, konsistensi, dan ingat untuk selalu menikmati prosesnya. Mengumpulkan 10.000 views dari 100 video jauh lebih mudah daripada menunggu 10.000 views dari 1 video, kecuali jika Anda Raditya Dika, punya wajah seperti Pevita Pearce, atau body aduhainya Ariel Tatum.

Cara Mendaftar Google Adsense Youtube - 10.000 views
Cara Mendaftar Google Adsense Youtube – 10.000 views

Fokuslah di pembuatan konten-konten yang menarik, lalui learning proses nya (proses pembelajarannya). Ingat kerja keras ga pernah membohongi. Sambil terus membuat video Anda akan menemui berbagai masalah, mencari solusi, menemukan solusi, dan jadi lebih mahir.

Cara lain ya pelajari trik-triknya untuk membuat orang ingin mengklik thumbnail Anda, pelajari konten-konten seperti apa yang sedang trending dan disukai para target penonton Anda.

Mengapa youtube membuat aturan seperti ini ?

Beberapa waktu yang lalu video-video yang masuk ke trending dikuasai bukan oleh pembuat konten (content creator) melainkan oleh channel re-uploader, yang kerjaannya mengupload ulang video-video yang merupakan hasil karya para pembuat konten dengan headline / judul yang bombastis dan clickbait-clickbait “provokatif” yang mengundang dan misleading.

Dulu cukup dengan sebuah video youtuber bisa langsung mendaftar Google Adsense, para re-uploader ini mungkin hanya punya beberapa video, namun punya views yang banyak, dan punya pendapatan yang banyak.

Ini sangat merugikan para pembuat konten. Hasil kerja keras mereka dibajak, penonton yang harusnya menonton hasil karya mereka dicuri para re-uploader dan demikian pula pendapatan Google Adsense mereka.

Peraturan 10.000 views ini menguji daya tahan para youtuber. Mereka dipaksa untuk berkarya terlebih dahulu tidak hanya mencuri hasil karya para pembuat konten.

Youtube serius dalam memerangi para re-uploader, banyak channel yang tidak bisa menghasilkan lagi karena terindikasi spam. Channel re-uploader baru dan yang masih ada makin kesulitan karena viewersnya belum mencapai 10.000.

Saat ini video-video dari pembuat konten mulai bisa masuk ke trending. Jadi aturan ini punya tujuan melindungi para pembuat konten.

Setelah channel youtube Anda berhasil mengumpulkan 10.000 views, Anda bisa mendaftar di Google Adsense dengan cara berikut :

1 ) Masuk ke “creator studio”

2 ) Klik “channel” di menu bagian kiri

3 ) Cari bagian “monetization”

4 ) Klik “enable”

5 ) Klik “get started”

6 ) contreng semua kotak , klik “I accept”

7 ) Isi semua kolom informasi data personal pribadi Anda di kolom Google Adsense dengan lengkap karena ini dipakai saat proses pembayaran

8 ) Jika berhasil akan muncul icon dollar berwarna hijau di list video Anda

Icon Monetize Youtube
Icon Monetize Youtube
contoh monetize icon youtube
contoh monetize icon youtube

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar aplikasi Anda diterima Google Adsense

1 ) Video-video Anda tidak melanggar peraturan-peraturan yang ditetapkan Youtube / Google Adsense

2 ) Sudah mengupload beberapa video yang lulus peraturan tentang hak cipta (tidak ada aturan pasti berapa videonya, tapi usahakan paling tidak ada 30 video)

Baca juga :   INI DIA 5 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN UANG

3 ) Jangan terburu-buru untuk memonetize channel youtube Anda, untuk amannya silakan mendaftar setelah channel youtube Anda sudah berumur 3-6 bulan. Tapi itu semua kembali kepada keputusan Anda kapan ingin mulai memonetize channel youtube Anda. Proses penerimaan / approval Google Adsense hanya memerlukan beberapa jam untuk mengetahui apakah aplikasi Anda diterima atau tidak.

Sebagai informasi, pembayaran dari Adsense dilakukan dengan menggunakan satuan CPM (cost per mille / biaya untuk per seribu tayang iklan). CPM untuk masing-masing negara itu berbeda mulai dari $0.01 (Hungary) – $43.16 (Norway) . Indonesia di sekitar $ 1,…. (1 dollar sekian), tergantung persaingan kata kuncinya. Jadi memang jika channel Anda berbahasa Indonesia ya lumayan perlu waktu dan kerja keras ya.

Bagi Anda yang ingin memperoleh pendapatan dari Adsense, ada baiknya mempertimbangkan untuk membuat channel youtube dengan target penonton dari banyak negara dengan memanfaatkan penggunaan bahasa internasional, seperti misalnya Bahasa Inggris.

Tapi tidak perlu cemas, tidak perlu resah masih banyak sumber pendapatan bagi para youtuber, dari mulai endorse, jualan produk affiliate, jualan produk elektronik (e-book), jual jasa (video editing , animasi, & filmografi), buat kursus, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan channel youtube untuk mempromosikan keahlian Anda dan juga berbagi ilmu.

Sebagai penambah semangat, simak kisah sukses di artikel tentang para youtuber ini Bayu Skak, Tara Arts, dan Kaesang Pangarep.

Tahapan Proses Produksi Video Youtube

Agar Anda dapat menjadi youtuber yang sukses, Anda harus dapat terus-menerus mampu menyajikan konten-konten yang bagus dan menarik bagi viewer Anda. Agar Anda dapat bekerja secara sistematis ada baiknya Anda perhatikan tahapan / langkah-langkah dalam memproduksi video yang berkualitas berikut ini :

Ingat, “the key is in the routine”, kuncinya ada pada apa yang ada kerjakan secara rutin.

1  .  Scheduling (Jadwal Produksi)

Jadwal Produksi (Schedulling) sangat penting dalam memproduksi sebuah video. Anda harus membuat penjadwalan agar Anda bisa memenuhi target sesuai komitmen yang Anda buat. Misal : Saya ingin membuat 2 video setiap minggu, setiap hari selasa dan jumat.

Ada bagusnya Anda tulis di dalam deskripsi channel youtube kapan Anda akan mengeluarkan video baru. Hal ini akan menimbulkan perasaan tanggung jawab moral untuk Anda kepada para subscriber channel video Anda. Tanpa deadline manusia cenderung menunda-nunda.

Setelah itu hitung alokasi waktu yang Anda perlukan untuk membuat sebuah video, usahakan di-breakdown sedetil mungkin, karena otak kita cenderung malas kalo melihat setumpuk kerjaan secara langsung.

Coba bandingkan :

cara pertama=> tugas 1 : membuat video = waktu 6 jam (jam 10.00-17.00)

cara kedua : tugas 1 membuat video (jam 10.00-17.00)

1 ) membuat script : 1 jam                    (√) => sudah selesai

2) shooting / membuat video : 1 jam

3) membuat audio : 1 jam

4) editing video, membuat thumbnail : 1 jam

5) sinkronisasi video dan audio : 1 jam

6) upload video dan membuat deskripsi video : 1 jam

Contreng atau coret tugas yang sudah diselesaikan, tindakan ini akan menimbulkan sense of accomplishment (perasaan puas saat selesai melakukan tugas), ini juga akan meningkatkan percaya diri Anda. Otak akan lebih semangat untuk berpikir, bandingkan jika Anda langsung melihat kertas yang isinya cuma, buat video waktu 8 jam. Yang terpikir “Adddduuuh kayanya berat, tiduran 5 menit dulu lagi deh.”

Tips yang lain istirahatlah setiap 1 jam sekali, 10-15 menit.

Belajarlah untuk fokus dan pegang komitmen Anda di waktu yang sudah Anda tentukan sendiri. Hindari membuka media sosial, cek email, atau melakukan hal yang lain yang bukan tugas Anda karen hal tersebut akan mengacaukan fokus Anda. Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Silakan cek smartphone Anda di waktu istirahat, anggap saja hadiah untuk keberhasilan Anda menyelesaikan bagian tugas Anda.

Bagi Anda yang super sibuk, pekerja kantoran yang ingin juga menjadi youtuber, pembagian waktu ini sangat penting, Anda harus mencari waktu luang, di sela-sela berbagai peran Anda dalam kehidupan, sebagai karyawan, sebagai orang tua, dan sebagainya. Tentukan misalnya saya akan membuat youtube di hari sabtu saat libur jam 10.00 sampai jam 17.00.

Disiplinlah dengan jadwal yang Anda buat.

2  .  Menulis Script (Membuat skenario, merencanakan isi video Anda)

Scripting atau penulisan script sangat penting kedudukannya dalam daftar prioritas kerja seorang youtuber profesional.

Scripting ini penting karena :

1 ) Sebagai panduan kerja dalam membuat video, dengan adanya script sebagai rencana atau kerangka kerja, maka tenaga yang dikeluarkan bisa efektif dan efisien, langkah-langkah Anda dalam bekerja juga jelas, contoh : pertama saya menyapa penonton, jelaskan mau bahas apa, kenapa penting, bahas caranya / triknya.

2 ) Membuat video Anda terkesan fokus dan profesional. Script membuat Anda fokus dalam konten yang penting, mengurangi konten-konten yang tidak begitu diperlukan atau kemungkinan Anda ngelantur, sehingga video Anda jadi terlalu lama.

Tulislah script sesuai keperluan Anda, ada orang yang cukup dengan kerangka paragraf, ada pula yang senang dengan script lengkap satu tulisan.

3  .  Produksi Video (shooting) dan Editing

Setelah perencanaan selesai disiapkan, saatnya Anda melakukan proses pengambilan gambar.

Camera rolling… Take one… Action…..Cut.

Ingat untuk pasang lighting dan microphone juga ya..

Belajarlah membuat berbagai macam jenis video seperti yang sudah dijelaskan di atas. Manfaatkan peralatan yang tersedia atau yang Anda punya, jika sudah punya kamera dslr maka itu bagus sekali, tapi jika tidak Anda bisa pakai kamera digital Anda, smartphone, atau manfaatkan program screen capture di komputer PC Anda.

Tidak perlu takut video Anda kurang bagus, teruslah belajar sambil berkarya. Ada pepatah berbunyi, “Bisa karena terbiasa.” Jadi, jangan ragu-ragu lagi segera ambil kamera dan shooting.

Setelah proses shooting selesai, tiba saatnya Anda melakukan editing. Cek lagi video Anda dari awal sampai akhir, lakukan sinkronisasi antara video dan audio, potong / edit bagian-bagian yang kurang bagus dengan program video editor, seperti Adobe Premier, Adobe After Effect, Ulead, Camtasia, iMovie, atau Windows Movie Maker.

Anda tidak bisa editing ?

Jika Anda punya budget Anda bisa outsource kan proses video editing lewat Fiverr, freelancer, atau sribulancer.

Jika tidak ada uang, ya tidak ada lagi cara lainnya, Anda harus belajar. Banyak sekali sarananya, di youtube banyak video tutorial video editing, demikian pula di google, jika ingin yang lebih detil Anda bisa ikut workshop atau e-course di Udemy. Biayanya cukup terjangkau. Tahun 2017 ini bahkan banyak e-course di Udemy yang harganya $10 saja.

Untuk musik, Anda bisa memanfaatkan music library yang dimiliki youtube secara gratis. Atau Anda juga bisa memakai musik dari freemusicarchive . Tapi tidak menutup kemungkinan untuk musik karya para seniman, tapi Anda harus meminta ijin atau membayar sejumlah uang untuk mendapatkan hak pakai. Jangan sampai video Anda bermasalah dengan copyright / hak cipta.

4  .  Upload Video ke Youtube

Langkah selanjutnya adalah upload video ke youtube.

Caranya cukup sederhana :

upload video youtube
upload video youtube

Ada 4 tipe penonton untuk video youtube :

1 ) public : semua orang bisa melihat video yang sudah Anda upload dan publish

2) unlisted : video Anda tidak akan tampil saat orang melakukan search / pencarian, tapi bisa ditonton oleh orang yang Anda berikan url videonya. Semua orang yang punya url bisa menonton terlepas dari apakah orang tersebut punya akun youtube atau tidak.

3) private : mirip dengan unlisted, namun hanya orang yang punya akun youtube saja yang bisa melihat video Anda

4) scheduled : fitur ini adalah untuk menjadwalkan kapan video yang Anda upload akan tayang, sangat membantu terutama saat Anda punya beberapa video yang diupload.

5  .  Beri Judul yang Menarik (Headline)

mengisi data video youtube
mengisi data video youtube

Tulislah judul yang baik untuk video Anda, beberapa tips menulis judul yang baik :

1 ) Tulislah judul yang memancing rasa ingin tahu orang saat membacanya , contoh : “Rahasia Jack Ma (Pendiri Alibaba / Aliexpress) dalam Berbisnis, Ternyata… “

2 ) Buatlah judul yang simpel, sederhana, mudah dimengerti, dan ada hubungannya dengan isi video, atau mewakili isi video, jangan sampai judul / headline Anda bombastis, namun misleading, saat dibuka orang kecewa karena mereka tidak menemukan yang mereka cari

3) Judul yang membuat penasaran (curiousity healine) hanyalah salah satu dari banyak jenis headline di dalam copywriting. Belajarlah copywriting untuk menemukan judul-judul yang bisa menangkap perhatian calon penonton. Para pengguna youtube biasanya hanya membaca sekilas (skimming) judul dan melihat thumbnail untuk kemudian mengambil keputusan membuka video itu atau tidak. Kang Dewa Eka Prayoga, seorang internet marketer dan copywriter terkenal pernah berkata, “3 Detik Pertama Anda menentukan segalanya.” Headline / Judul adalah iklannya video Anda.

Contoh jenis headline yang lain, BENEFIT Headline, “Cara Paling Mudah DAPAT DUIT dari FACEBOOK, Terbukti.”

4 ) Ingat untuk mensisipkan kata kunci yang sesuai dengan topik atau bahasan video di judul video Anda untuk meningkatkan nilai SEO dari video youtube Anda

6  .  Buatlah Thumbnail yang membuat Calon Penonton KEBELET NGEKLIK

Thumbnail adalah gambar yang mewakili video Anda.

HAL PERTAMA YANG DILIHAT CALON PENONTON YA THUMBNAIL.

Jujur saja dan memang fakta, video yang gambar thumbnail nya wanita sexy dengan body aduhai selalu banyak yang kepancing ngeklik. Apalagi disertai dengan pose dan raut wajah menggoda… Klik klik klik

Banyak yang menyalahgunakan hal ini untuk membuat videonya diklik, bahkan terkadang thumbnail dan isi video ga ada hubungannya sama sekali. Hal ini membuat penonton kesal karena harapan tidak sesuai kenyataan. Akhirnya video Anda bisa dilaporkan misleading.

Beberapa tips dalam membuat thumbnail yang baik :

1 ) Ambil adegan atau salah satu scene terkeren dalam video Anda, capture itu dan jadikan thumbnail. Sebaiknya gambar tersebut bisa mewakili video Anda.

2 ) Tulis judul yang jelas, cukup besar, tebal, dengan FONT (tipe huruf yang mudah dibaca), dan berwarna terang namun tidak mencolok atau membuat mata sakit.

3) Ukuran thumbnail 1280 x 720 pixels

4) Ga bisa design, lagi-lagi manfaatkan Canva, ada banyak template design bagus di sana, tinggal ganti gambar dan judul sesuai video Anda.

thumnail youtube
thumnail youtube

7  .  Deskripsi Video

Deskripsi video penting untuk ditulis karena biasanya para calon penonton membacanya untuk mengetahui tentang apa sebenarnya video yang akan dilihatnya.

Oleh karena itu, tulislah hal-hal yang paling penting dan paling menarik dari video Anda tersebut di baris pertama /awal deskripsi video.

Alasannya karena hanya baris pertama deskripsi itulah yang terlihat dan muncul saat orang melakukan searching video.

deskripsi video youtube
deskripsi video youtube

Selain itu manfaatkan deskripsi video untuk memperkuat SEO dari video Anda dengan mencantumkan kata kunci yang sesuai dengan topik video tersebut.

8  .  Buat Playlist

Playlist dapat membantu para calon penonton agar dapat dengan cepat memilih video yang sama topiknya atau punya hubungan dengan topik yang sedang mereka tonton.

Playlist memungkinkan kita sebagai youtuber mengatur urutan video yang dimainkan, jadi setelah video A, maka video C, lalu video X, dan seterusnya..

Misalkan : topik channel Anda adalah tentang olahraga basket

Anda bisa buat playlist video-video tentang berita atau gosip terbaru di NBA, playlist video cerita hidup bintang-bintang basket, playlist video cerita tim-tim juara dan strategi timnya, playlist video slam dunk terkeren, playlist video aksi-aksi kerjasama terhebat, playlist trik-trik basket terhebat, playlist tutorial peraturan basket, playlist tutorial teknik basket, dan sebagainya.

Saat ada penonton channel Anda ingin melihat dan belajar atau berlatih teknik lay up dan dribble dia bisa melihat playlist video tutorial berlatih basket. Di playlist tutorial basket itu Anda mensetting mainkan video latihan 1 dulu, baru mainkan video 2, video 3, dan seterusnya, dari latihan termudah sampai yang tersulit.

Channel Anda tampak lebih teratur dan memudahkan mereka untuk mencari video yang mereka mau dan video-video lain yang berhubungan dekat.

9.  Promosi

Sebagai youtuber yang baru membuat channel dan video, maka channel Anda masih belum dikenal banyak orang. Oleh karena itulah, viewers / penontonnya juga masih sedikit. Tugas kitalah sebagai pemilik channel untuk memperkenalkan channel dan video-video kita ke khalayak ramai.

Caranya ya dengan promosi. Promosi yang bisa Anda lakukan ada beberapa cara :

=>  Membangun Viewers dan Subscriber

Langkah pertama dalam berpromosi, ya tentu saja dari channel Anda sendiri.

Buatlah channel yang bagus, yang diisi dengan banyak video dengan konten yang bagus dan bermanfaat, atau paling tidak menghibur.

Produksilah video yang mampu membangkitkan emosi dan perasaan para penonton Anda. Buatlah video-video yang mudah untuk disukai.

Jika video-video Anda bagus dan konten-konten Anda membuat kangen para penonton, maka mereka tidak segan-segan untuk men-subscribe / berlangganan channel Anda.

Selain itu, dengan memiliki produk yang bagus (channel video Anda) tentu saja mempermudah Anda berpromosi, karena Anda yakin barang yang Anda tawarkan itu bagus dan bermanfaat.

Selalu ingatkan para penonton untuk me-like dan men-subscribe video dan channel Anda di akhir video. Atau kadang-kadang boleh juga untuk ajak penonton men-subscribe channel Anda di depan atau di tengah-tengah video. Ingatkan juga mereka untuk menekan tombol lonceng di samping tombol subscribe, agar mereka mendapatkan notifikasi setiap kali Anda mengeluarkan video terbaru.

Sapa para penonton dan subsriber Anda dengan nama yang unik dan spesial. Sehingga mereka gampang ingat dengan Anda dan channel Anda, beda aja rasanya.

Jangan lupa juga lakukan dialog dan tanya jawab dengan para penonton Anda. Buatlah video live, webinar, atau Q n  A video secara periodik. Balas comment mereka sekali-sekali, agar mereka merasakan perhatian Anda. Hubungannya jadi terasa dua arah.

Perhatikan dan lakukan saran-saran mereka yang baik, dan senantiasa tingkatkan kualitas channel Anda.

=>  Media Sosial

Promosikan channel youtube Anda di semua saluran media sosial aktif Anda.

Tapi jangan terlalu sering juga, karena spam itu mengganggu. Jangan sampai teman-teman Anda ill feel duluan, padahal belum melihat videonya.

Tuliskan deskripsi singkat tentang video di postingan promosi Anda. Terapkan copywriting yang baik di judul postingan promosi dan isi deskripsi video. Usahakan buat teman-teman Anda jadi “kepo” , ingin tahu apa sih isi video Anda.

Ingat sertakan alamat url video Anda, jadi teman-teman atau follower Anda dapat dengan mudah mengakses video Anda.

=> Promosi dalam komunitas

Anda juga bisa melakukan promosi lewat komunitas. Carilah komunitas yang memiliki topik bahasan yang sealam dengan topik atau genre channel Anda.

Anda bisa mencari komunitas tersebut di facebook (facebook group) atau di telegram, dan juga lewat google. Ketikkan kata kunci favorit yang ada hubungannya dengan topik Anda tambahkan kata forum, group, community atau komunitas.

Di awal-awal jangan langsung promosi video Anda, jadilah anggota komunitas yang sopan. Kenalkan diri Anda, ikuti bahasan dalam komunitas itu, berikan bantuan semampu Anda jika ada anggota komunitas yang mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan.

Sharing-sharing / berbagilah ilmu atau pengetahuan Anda di komunitas tersebut. Ingat “sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian.” Setelah beberapa kali sharing, barulah sekali-sekali promosikan url video di channel Anda. Anda bisa mulai dari yang paling populer / paling banyak ditonton terlebih dahulu, atau bisa juga disesuaikan dengan topik bahasan yang sedang ramai di komunitas atau grup tersebut.

=> Kerjasama dengan Youtuber lainnya

Cara lain untuk berpromosi adalah dengan saling endorse channel youtube dengan youtuber yang lain.

Ada cara berbayar, Anda mencari youtuber / selebgram yang cukup terkenal punya banyak follower lalu Anda minta tolong mereka untuk mengendorse, atau memperkenalkan channel youtube Anda kepada para followernya, dengan beberapa kalimat pujian tentunya. Anda membayarkan sejumlah uang kepada mereka sebagai balasannya.

Anda juga bisa menghubungi mereka (youtuber), tawarkan kepada mereka bahwa Anda ingin bisa bekerja sama dengan mereka, membantu mereka dengan membuat konten untuk channel youtube mereka secara gratis, dengan balasan Anda boleh menyampaikan sepatah-dua patah kata tentang channel Anda di akhir video.

Lebih oke lagi jika Anda bisa gabung dengan komunitas youtuber di daerah Anda, lalu saling mempromosikan channel antar teman sekomunitas. Dengan demikian viewer dan subscriber bisa dengan cepat meningkat.

Sekian panduan “INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL”, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Salam sukses dan tunggu artikel kami tentang youtube berikutnya.

 

download ebook videobook gratis

One thought on “INI DIA CARA MENJADI YOUTUBER MULAI DARI AWAL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>