Membuat Lead Magnet Yang Bisa Membuat Ribuan Orang Mendaftarkan Emailnya Dengan Sukarela

lead magnet
Membuat Lead Magnet Yang Bisa Membuat Ribuan Orang Mendaftarkan Emailnya Dengan Sukarela

Lead magnet (magnet untuk mendatangkan calon pembeli potensial) adalah sarana untuk memikat orang-orang yang memiliki kebutuhan solusi akan suatu masalah tertentu yang mungkin juga akan tertarik dengan produk yang Anda jual. Membuat Lead Magnet yang bisa mendatangkan ribuan leads (calon-calon pembeli) adalah salah satu kunci utama keberhasilan bisnis online.

Apa itu lead(s)?

Dalam dunia internet marketing, lead atau sering disebut sebagai calon pembeli potensial atau prospek, adalah orang-orang yang tertarik dan memiliki potensi untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Lead(s) atau calon-calon pembeli potensial ini sangat mungkin tidak mengetahui keberadaan bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas Anda untuk membuat mereka melirik bisnis dan produk yang sedang Anda jual saat ini.

Keberadaan leads (calon pembeli) ini sangat penting pengaruhnya bagi penjualan dan masa depan bisnis Anda. Mengapa demikian?

Begini. Salah satu tujuan bisnis adalah meraup keuntungan atau profit yang besar dan berkelanjutan.

Sedangkan, salah satu cara memperoleh keuntungan bisnis yang besar adalah dengan meningkatkan omset penjualan dengan cara menaikkan jumlah orang yang membeli produk yang Anda tawarkan.

Semakin banyak calon pembeli potensial yang bisa Anda kumpulkan dan Anda jadikan tertarik terhadap produk yang Anda jual, semakin banyak dan semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan.

Semakin besar dan banyaknya penjualan yang terjadi, otomatis terjadi kenaikan omset bisnis Anda secara signifikan, yang pada akhirnya akan meningkatkan profit atau keuntungan bisnis Anda pada akhirnya.

Bagaimana Cara Mendatangkan Ribuan Leads?

Setelah Anda paham pentingnya mendatangkan sebanyak-banyaknya leads (calon-calon pembeli potensial) ke bisnis Anda, saatnya Anda paham bagaimana cara mendatangkan ribuan leads tersebut.

Setidaknya ada 4 cara untuk mendatangkan ribuan leads ke bisnis Anda dengan cepat.

Cara #1 : Beriklan di Facebook

Sudah sejak lama Facebook akrab dengan para internet marketer. Facebook memiliki fitur yang sangat mendukung para pebisnis online dalam melakukan internet marketing.

Fitur tersebut adalah Facebook Ads.

Facebook Ads bisa dikatakan cukup murah dan terjangkau sebagai media promosi bagi bisnis ataupun produk jualan Anda.

Dengan memanfaatkan Facebook Ads, Anda bisa mulai beriklan dengan target calon pembeli sesuai dengan kriteria yang pas sebagai calon pembeli potensial bagi bisnis Anda.

Khusus untuk mengiklankan Lead Magnet yang Anda buat kepada calon-calon pembeli potensial, Anda bisa menggunakan Facebook Lead Ads.

Dengan fitur Facebook Lead Ads ini, Anda bisa mengumpulkan alamat email orang-orang yang tertarik mendapatkan Lead Magnet yang sudah Anda buat dan bagikan ini.

Cara #2 : Beriklan di Google Adwords

Siapa yang tak kenal raksasa mesin pencari Google?

Semua orang mengenalnya dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari dalam mencari segala hal dan pengetahuan melalui internet.

Google menyediakan juga sarana beriklan yang cukup dahsyat yang diberi nama Google Adwords.

Melalui Google Adwords, Anda bisa menampilkan link atau tautan website bisnis Anda dengan kata kunci (keyword) tertentu di halaman pertama pencarian yang relevan dengan kata kunci yang Anda sediakan.

Dengan cara demikian, website jualan online Anda akan sangat mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari solusi suatu permasalahan melalui mesin pencari Google.

Jika website Anda terus-menerus bisa tampil di halaman ke-1 hasil pencarian Google, maka potensi mendapatkan banyak calon pembeli potensial tentu akan sangat besar.

Baca juga :   Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog

Cara #3 : Beriklan di Media Lain

Selain Facebookcara untuk mendatangkan banyak leads tanpa menggunakan trafik berbayar dan Google, masih banyak media lain yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan produk, bisnis, atau lead magnet yang Anda buat, seperti : LinkedIn Ads atau Twitter Ads.

Selain itu, banyak media online yang memang ramai visitornya yang bisa Anda jadikan tempat beriklan juga, seperti : Kompas(dot)com, Detik(dot)com, KaskusAds, Adsensecamp, dan lain-lain.

Media-media ini layak Anda pertimbangkan sebagai alternatif dalam beriklan dan mendatangkan lead.

Cara #4 : Blog / Vlog / Podcast

Ketiga cara yang sudah disebutkan sebelumnya menggunakan trafik berbayar untuk mendatangkan calon-calon pembeli ke website Anda.

Namun, cara ke-4 ini adalah salah satu cara untuk mendatangkan banyak leads tanpa menggunakan trafik berbayar.

Melalui blog, Anda bisa mengisinya dengan berbagai artikel dahsyat yang relevan dengan topik bisnis atau produk yang Anda jual.

Melalui vlog (video blog), Anda bisa membuat berbagai video yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Podcast adalah semacam radio online yang berisi rekaman suara dari si pembuatnya yang isinya membahas suatu topik tertentu. Anda bisa menggunakan sarana podcast ini untuk mengumpulkan ribuan orang yang menyukai topik yang Anda sajikan.

Blog, Vlog, maupun Podcast yang sukses mendatangkan ribuan leads dan menghasilkan banyak penjualan biasanya memiliki ciri-ciri :

  1. Konten bermanfaat
  2. Diisi secara konsisten
  3. Memiliki topik atau tema tertentu yang relevan dengan produk yang dijual.

Semakin bagus konten yang Anda sajikan lewat blog, vlog, ataupun podcast tersebut, semakin berkualitas pula orang-orang yang datang dan menjadi calon pembeli potensial bagi produk jualan Anda.

Cara #5 : Meluncurkan Produk Secara Online

Banyak pebisnis yang justru mendapatkan leads dari proses peluncuran produknya secara online.

Umumnya melalui beberapa pemberitahuan sebelumnya disertai promosi tertentu, misalnya akan ada pemberian diskon, Anda bisa mendapatkan banyak kontak leads yang tertarik untuk membeli produk Anda pada saat launching.

Cara #6 : Mengikuti Seminar & Pameran

Jika Anda berpartisipasi dalam suatu seminar ataupun pameran, Anda bisa mengumpulkan leads pada saat pameran ataupun seminar tersebut.

Anda bisa meminta secara langsung para pengunjung pameran atau seminar untuk mengisi dan menuliskan alamat email mereka.

Anda juga bisa bertukar kartu nama dengan para pengunjung. Lewat kartu nama tersebut, Anda bisa mengarahkan mereka ke website Anda sebagai leads atau calon pembeli potensial baru.

 

Mengumpulkan Ribuan Email List Dengan Cepat

Sangat disayangkan jika Anda sudah berhasil mendatangkan ribuan leads ke website jualan online milik Anda, tapi Anda tidak bisa mengumpulkan kontak email yang mereka miliki.

Dengan mengumpulkan database email atau email list dari para calon pembeli potensial ini, Anda bisa memanfaatkannya terus-menerus berulang-ulang di masa mendatang untuk mempromosikan jualan Anda.

Karakteristik para pengunjung online ini didominasi oleh orang-orang yang cenderung hit and run dalam membaca konten yang Anda sajikan secara online.

Mungkin ketika pertama kali mereka membaca penawaran Anda atau mendownload lead magnet yang Anda tawarkan mereka tertarik dengan produk yang Anda jual tapi belum memiliki uang.

Atau, bisa juga mereka belum tertarik sama sekali karena memang belum butuh dengan solusi yang Anda tawarkan lewat produk yang Anda jual saat ini, tapi mungkin di masa mendatang mereka bisa saja membutuhkannya.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

Oleh sebab itu, dengan mengumpulkan email list dari calon-calon pembeli potensial ini, Anda bisa membangun hubungan yang berkesinambungan dengan mereka di masa-masa mendatang.

Nah, agar Anda bisa mengumpulkan email list ini, Anda memerlukan Email Opt-In Form atau Form Pendaftaran Email yang berfungsi sebagai sarana menangkap email para calon pembeli potensial Anda.

Opt-In Form ini akan sangat efektif menjaring alamat email calon pembeli jika Anda menambahkan info mengenai Lead Magnet yang bisa diperoleh secara gratis kepada siapa saja yang mendaftarkan emailnya melalui form tersebut.

Tentu saja Anda terlebih dahulu harus memiliki Lead Magnet untuk dibagikan bagi mereka yang sudah mendaftarkan dirinya melalui Opt-In Form tersebut.

Lalu lead magnet seperti apa yang menarik dan bagaimana cara membuatnya?

 

Membuat Lead Magnet Yang Menarik

Studi menunjukkan bahwa email list yang berkualitas didapatkan dari calon pembeli potensial yang secara sukarela mendaftarkan emailnya kepada bisnis Anda sebagai kompensasi atas sesuatu (lead magnet) yang ia dapatkan.

Lead magnet yang baik adalah lead magnet yang bisa membuat orang dengan sukarela mendaftarkan emailnya dan yang mampu mengatasi masalah orang yang mendapatkan lead magnet tersebut.

Lalu, bagaimana membuat lead magnet yang bisa menyelesaikan masalah orang-orang tersebut? Tentu, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa saja permasalahan-permasalahan mereka.

Untuk mengetahui permasalahan mereka, Anda bisa :

  • bertanya langsung kepada para pelanggan Anda, apa saja masalah yang mereka hadapi yang relevan dengan bisnis Anda.
  • melakukan riset kecil-kecilan di social media seperti Facebook Group untuk menanyakan hal-hal apa yang menjadi masalah mereka

Permasalahan yang dimaksud di sini tidak harus masalah yang besar dan tidak harus banyak. Namun, jenis masalah yang cukup menggangu bagi mereka.

Setelah mendengarkan jawaban-jawaban mengenai permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para pelanggan, Anda bisa mulai memilih mana permasalahan yang hendak Anda jadikan sebagai topik dalam Lead Magnet yang hendak Anda buat.

Permasalahan sederhana seperti membersihkan wajah berminyak, atau cara melakukan pemanasan yang benar sebelum melakukan aktivitas olahraga yang berat pun bisa Anda jadikan topik lead magnet.

Sebisa mungkin permasalahan yang Anda jadikan topik adalah permasalahan yang juga relevan dengan produk yang Anda jual.

Misalnya, Anda berjualan produk kecantikan yang salah satunya adalah produk pembersih wajah. Maka, Anda bisa memilih permasalahan wajah berminyak sebagai topik lead magnet Anda.

Toh, pada akhirnya, Anda juga akan menjual produk pembersih wajah milik Anda. Oleh sebab itu, buatlah Lead Magnet yang senada dengan produk-produk yang Anda jual nantinya.

Tujuan Anda menarik leads atau calon pembeli potensial bukan semata-mata agar mereka mendapatkan lead magnetnya saja, tapi juga supaya Anda bisa menjual produk-produk jualan Anda nantinya.

Jika Anda telah paham, saatnya membahas Lead Magnet seperti apa yang bisa menarik ribuan leads agar mau mendaftarkan alamat emailnya kepada Anda.

Jenis-jenis lead magnet yang biasa dipergunakan para internet marketer untuk mendapatkan ribuan email list, antara lain :

#1 : eBook

Bagi Anda yang senang menulis atau sudah punya bahan tulisan menarik, jenis lead magnet berupa eBook sangat cocok untuk Anda buat.

Setelah Anda membuat tulisan, Anda harus mendesain cover yang menarik agar membuat orang yang melihatnya tertarik untuk mendapatkannya.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

Setelah jadi, Anda tinggal meng-upload ebook tersebut ke layanan penyimpanan umum seperti Dropbox.

#2 : Voucher

Jika Anda berbisnis retail, voucher sangat cocok dijadikan lead magnet bagi bisnis Anda.

Dengan iming-iming voucher diskon atau gratis produk tertentu, Anda akan bisa mendapatkan banyak leads jika proses promosi yang Anda lakukan tepat.

#3 : Kursus Berbasis Email (Email Course)

Beberapa perusahaan menawarkan kursus berbasis email kepada siapa saja yang mendaftarkan emailnya lewat Form Opt-In.

Kursus berbasis email ini biasanya berupa serangkaian materi ajar atau tutorial yang disampaikan melalui email selama selang waktu tertentu kepada semua orang yang mendaftarkan emailnya.

#4 : Webinar

Webinar adalah istilah yang digunakan untuk menamai seminar yang dilakukan melalui media internet.

Webinar ini umumnya dibawakan oleh seorang host yang sekaligus seringnya menjadi pembicara atau pembawa materi.

Anda bisa saja membuat semacam webinar gratis tentang suatu topik tertentu yang bisa ditonton oleh orang-orang yang terlebih dahulu mendaftarkan emailnya.

#5 : Lead Magnet Yang Mudah Dibuat

Jika Anda belum memiliki kemampuan menulis yang baik dan belum memiliki sumber daya yang cukup untuk membuat salah satu dari keempat jenis lead magnet yang disebutkan sebelumnya, jangan bersedih hati.

Anda bisa membuat lead magnet yang mudah dibuat, cepat, serta tidak memerlukan banyak sumber daya.

Lead magnet yang gampang dibuat ini dikenal dengan nama lead magnet 5-10-1, yang artinya :

  • Anda bisa membuatnya kurang dari 5 jam
  • Lead magnet ini bisa habis dibaca atau dipelajari kurang dari 10 menit
  • Dan bisa dipraktikkan dalam waktu kurang dari 1 jam setelah seseorang mendaftarkan emailnya kepada Anda.

Beberapa jenis lead magnet yang masuk dalam kategori 5-10-1 ini, antara lain :

#5.1 : Mini eBook
#5.2 : Checklist
#5.3 : Diagram atau Workflow
#5.4 : Studi Kasus
#5.5 : Laporan Temuan Hasil Analisa (Report)
#5.6 : Daftar Peralatan Yang Anda Gunakan
#5.7 : Tools atau Alat Bantu
#5.8 : Template
#5.9 : Tulisan Blog Yang Populer
#5.10 : Poster dan Infografik
#5.11 : Formula Spreadsheet
#5.12 : Rangkuman Buku
#5.13 : Software atau Aplikasi

(Penjelasan lebih rinci dan contoh aplikatif dari lead magnet berjenis 5-10-1 ini, bisa Anda baca di buku Kirim Email Aja! karya Fikri Fatullah).

Demikian, beberapa jenis lead magnet yang bisa Anda gunakan sebagai daya pikat mendapatkan email list ribuan calon pembeli potensial bagi bisnis Anda.

Jadi, secara singkat, setelah Anda memiliki lead magnet yang memikat, Anda harus segera membuat opt-in form di website atau blog Anda, kemudian berupaya mendatangkan leads agar mendaftarkan email mereka lewat opt-in form tersebut sebelum mendapatkan lead magnet yang mereka kehendaki.

Setelah mendapatkan ribuan email list, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menjalin hubungan yang baik dengan kontak Anda ini sembari sesekali melakukan promosi jualan kepada mereka.

Bagaimana proses komunikasi dan promosi yang baik melalui email, dibahas lengkap di artikel berjudul Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog ini.

Selamat membuat lead magnet dan mengumpulkan email list!

download ebook videobook gratis

2 thoughts on “Membuat Lead Magnet Yang Bisa Membuat Ribuan Orang Mendaftarkan Emailnya Dengan Sukarela”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>