Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog

pemasaran melalui email atau email marketing
Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog

Saat ini, di tengah hingar bingar populernya teknik pemasaran lewat jalur sosial media, ada satu teknik pemasaran secara online dengan tingkat ROI (return of investment) yang tinggi dibandingkan dengan teknik pemasaran sosial media, yakni teknik email marketing atau pemasaran melalui email.

Hampir semua blogger kelas dunia selalu merekomendasikan penggunaan email marketing dalam meningkatkan traffic atau kunjungan ke blog.

Blogger-blogger ini selalu menyarankan bahwa langkah berikutnya setelah Anda membuat blog adalah membangun database email (email list) dari para pengunjung blog Anda.

Dapat dikatakan, email adalah tool atau alat bantu nomor satu yang digunakan oleh para blogger kelas dunia untuk meningkatkan traffic (kunjungan) blog dan melipatgandakan penjualan dari blog mereka.

Fakta Menarik Terkait Pemasaran Melalui Email atau Email Marketing

Inilah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai pemasaran melalui email atau email marketing :

Fakta #1 : 91% konsumen mengecek dan menggunakan email setidaknya sekali sehari melalui smartphone, menjadikan email sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya (ExactTarget)

Fakta #2 : Konversi email 3x lebih besar dibandingkan social media, dengan value yang 17% lebih besar (McKinsey & Company)

Fakta #3 : 44% konsumen menbuat setidaknya 1x aktivitas belanja dari informasi yang di peroleh melalui email dalam rentang waktu 1 tahun (Convince and Convert)

Fakta #4 : Marketers secara konsisten menempatkan email marketing sebagai taktik paling efektif untuk melakukan pengenalan produk, pendekatan, penjualan dan repeat order dari konsumen (Gigaom Research).

– sumber Kirim.Email –

Studi lain menyebutkan bahwa ROI (return of investment) yang diperoleh dari pemasaran melalui email atau email marketing bisa mencapai 40 kali lipat dari modal yang Anda keluarkan.

Oleh sebab itu, setelah blog yang Anda buat jadi, segeralah membangun database email list Anda sekarang juga.

 

3 Fungsi Pemasaran Melalui Email atau Email Marketing

Setidaknya ada 3 fungsi dari pemasaran melalui email atau email marketing yang Anda terapkan di blog Anda :

Baca juga :   6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Fungsi #1 : Mendatangkan Trafik Kunjungan

Melalui email, Anda bisa membangun hubungan yang lebih personal dengan pembaca blog Anda.

Anda bisa memberikan berbagai konten dan informasi berkualitas bagi mereka yang Anda sediakan di blog Anda dengan cara mengarahkan para pelanggan email Anda ini untuk membaca konten dan informasi berkualitas tersebut di blog Anda lewat link (tautan) yang Anda bagikan di email yang Anda kirim kepada mereka.

Fungsi #2 : Membangun Hubungan Dengan Pembaca Anda

Dengan sering membagikan konten dan informasi yang baik, para pelanggan email Anda ini akan memiliki hubungan erat dengan blog Anda dengan cara yang sangat personal.

Hubungan (secara personal) ini sangat penting dalam dunia pemasaran karena banyak studi yang mengatakan bahwa penjualan akan lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan calon pembeli Anda.

Fungsi #3 : Sebagai Sarana Berjualan

Selain digunakan sebagai sarana membagikan konten berkualitas dan menjalin hubungan yang baik, Anda juga bisa menjadikan email sebagai sarana mempromosikan produk atau jasa yang hendak Anda jual.

Salah satu tips agar promosi jualan yang Anda lakukan lewat email tidak membuat pelanggan email Anda bosan adalah agar Anda juga rutin berbagi konten-konten yang berkualitas yang bisa membantu para pelanggan email Anda di kehidupan pribadi, karir, ataupun bisnisnya melalui email selain juga rutin mengirimkan email promosi jualan Anda.

 

Manfaat Pemasaran Melalui Email atau Email Marketing

Setelah Anda paham fungsi dari pemasaran melalui email, lalu bagaimana Anda bisa memanfaatkan email marketing bagi blog atau bisnis Anda?

Langkah #1 : Mendaftar ke Jasa Layanan Email Marketing

Pertama-tama, Anda harus mendaftarkan diri Anda ke jasa layanan pemasaran melalui email atau email marketing yang akan Anda gunakan.

Ada beberapa jasa layanan email marketing yang bisa Anda gunakan, seperti Mailchimp, Aweber, Sendy, dan Kirim.Email.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

Bagi pemula yang ingin mencoba seperti apa pemasaran melalui email atau email marketing ini bekerja dan belum memiliki dana yang cukup untuk membayar jasa layanan yang profesional, silakan menggunakan Mailchimp yang memiliki fitur gratis sampai dengan 2000 kontak email.

Bagi Anda yang masih pemula (ataupun sudah profesional) yang ingin mendapatkan layanan email marketing dengan fitur lengkap dan dukungan profesional, Anda bisa menggunakan KIRIM.EMAIL. Harganya terjangkau dan menyediakan fitur yang sangat lengkap dan mendukung kemajuan bisnis Anda.

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan mampu melakukan instalasi layanan email marketing yang profesional dengan harga yang sangat murah, Anda bisa menggunakan Sendy yang digabung dengan fasilitas server email Amazon SES dengan harga semurah $1 per 10.000 email terkirim.

Langkah #2 : Membuat Form Pendaftaran Email di Blog

Langkah selanjutnya adalah membuat form pendaftaran tempat para pembaca blog bisa mendaftarkan email agar bisa berlangganan konten secara rutin dari Anda.

Setidaknya ada beberapa jenis form yang biasa digunakan para blogger untuk menjaring email para pembaca blog mereka, di antaranya adalah : Pop-Up Form, Sidebar Form, dan Embedded Form.

Jika memungkinkan, buatlah ketiga jenis form tadi di blog Anda, agar bisa menjaring email pelanggan sebanyak-banyaknya.

Langkah #3 : Memberi Iming-Iming (Lead Magnet) Gratis Sebagai Pemikat

Agar semakin banyak pembaca blog yang mau secara sukarela memberikan emailnya kepada Anda, ada baiknya Anda memberikan “iming-iming” berupa voucher diskon, ebook atau videobook gratis, atau sesuatu hal lain yang bernilai kepada mereka sebagai “hadiah” jika mereka mendaftarkan emailnya.

Iming-iming ini sering disebut sebagai lead magnet dalam dunia pemasaran online.

Mengenai apa itu Lead Magnet dan bagaimana membuat lead magnet, Anda bisa membaca artikel berjudul Membuat Lead Magnet Yang Bisa Membuat Ribuan Orang Mendaftarkan Emailnya Dengan Sukarela ini.

Berikanlah lead magnet yang bisa memberikan nilai lebih atau bermanfaat bagi para pembaca yang memberikan emailnya kepada Anda.

Baca juga :   Menentukan Tema Blog

Sebagai contoh, blog TrikBisnisOnline.Com memberikan banyak ebook dan videobook gratis bagi para pembaca yang ingin belajar memulai bisnis online.

Langkah #4 : Rutin Memberi Konten Berkualitas Kepada Para Pendaftar

Seseorang akan menuai apa yang ia tanam. Hal ini pun berlaku juga dalam dunia pemasaran online termasuk email marketing.

Jika Anda mengharapkan bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah dari penjualan yang Anda lakukan kepada para pelanggan email Anda, maka Anda pun haruslah mau merawat para pelanggan email Anda dengan cara secara rutin membagi konten-konten berkualitas yang bisa membantu para pelanggan email Anda bertumbuh dalam kehidupan pribadi, karir, dan bisnisnya.

Dengan Anda merawat para pelanggan email Anda ini, Anda turut serta membantu secara langsung ataupun tidak langsung dalam perkembangan diri maupun bisnis mereka.

Semakin mereka berkembang, semakin besar pula kemampuan membeli yang mereka miliki, dan semakin besar pula kesempatan jualan Anda laku jika Anda jualkan kepada mereka.

Setelah Anda rajin berbagi konten-konten berkualitas, silakan Anda sesekali ataupun berkali-kali membagikan email promosi jualan produk atau jasa Anda kepada mereka.

Niatkan agar jualan Anda itu sesungguhnya adalah bagian dari upaya Anda membantu para pelanggan email Anda ini untuk bertumbuh dalam bisnis maupun kehidupan pribadinya.

DEMIKIAN, gambaran singkat bagaimana pemasaran melalui email atau email marketing bisa Anda terapkan untuk mendongkrak trafik kunjungan ke blog Anda, membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan para pembaca Anda, serta meningkatkan omset jualan Anda.

download ebook videobook gratis

5 thoughts on “Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>