SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor

seo untuk blog
SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor

Pernahkah Anda bertanya, dari mana sebetulnya kunjungan (trafik) para pengunjung website atau blog Anda berasal? Salah satu sumber trafik yang besar adalah dari mesin pencarian Google. Sumber trafik ini menggunakan teknik SEO untuk blog dengan trafik ribuan visitor.

Pada prinsipnya, ada 3 faktor pendorong kunjungan blog, yakni :

1. Mesin Pencarian

Budaya mencari sesuatu lewat search engine (mesin pencarian) sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet. Melalui mesin pencarian seperti Google, umumnya orang-orang mencari informasi mengenai hal-hal tertentu misalnya, harga barang, manfaat barang, informasi umum, dan lain sebagainya.

Orang-orang yang berkunjung ke blog Anda melalui mesin pencarian, biasanya karena mereka meng-klik website blog Anda yang ada di halaman awal di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk bisa senantiasa menampilan web blog Anda di halaman pertama hasil pencarian Google untuk kata-kata kunci yang relevan dengan tema blog yang Anda buat atau produk yang Anda jual.

Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik atau upaya mengoptimasi blog atau website Anda agar senantiasa muncul di halaman pertama dan urutan awal di hasil pencarian untuk kata-kata kunci tertentu.

2. Email

Melalui email marketing, Anda akan mendapatkan kunjungan rutin dari para pelanggan email yang Anda peroleh dengan mengumpulkan database pembaca blog Anda.

Lebih lanjut mengenai email marketing bisa Anda baca di artikel Pemasaran Melalui Email Atau Email Marketing Untuk Blog.

3. Sosial Media

Sosial media memang tidak dapat dipungkiri telah menjelma menjadi kekuatan marketing yang mampu membuat konten-konten bermutu menjadi viral.

Viralitas inilah yang mendorong bertambahnya kunjungan-kunjungan baru ke blog atau website Anda jika memang konten artikel blog Anda bisa menjadi viral lewat sosial media.

Ketiga faktor ini, mesin pencarian Google; email; dan sosial media, idealnya menyumbang sepertiga bagian trafik masing-masing.

Baca juga :   7 Kiat Ampuh Menulis Konten Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

Nah, di artikel ini, saya akan khusus membahas bagaimana tips menggunakan SEO untuk blog untuk meningkatkan trafik blog Anda.

 

Apa Itu SEO?

Menurut Wikipedia,

“SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.”

Dari definisi tersebut, satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut dalam menempatkan situs atau blog ke halaman pertama di hasil pencariannya.

Dengan kata lain, Anda harus paham apa yang diinginkan Google (mesin pencari) dalam memberikan peringkat SEO terhadap suatu blog atau website.

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat SEO

Setidaknya ada 4 faktor yang mempengaruhi algoritma Google dalam memeringkat suatu situs blog.

Faktor #1 : Konten

Google sangat menyukai konten artikel yang mendalam, kuat, serta fresh.

Mendalam artinya artikel tersebut membahas topik yang spesifik disertai dengan argumen dan data yang komprehensif.

Kuat artinya tema yang diusung dalam suatu konten artikel benar-benar selaras dengan tema blog dan dengan tema artikel-artikel lainnya dalam blog tersebut.

Fresh berarti segar atau kekinian. Google menyukai blog-blog yang rutin memperbarui kontennya secara teratur. Mengenai freshness suatu blog pernah saya bahas lebih mendalam di artikel 3 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis Artikel Blog Dengan Frekuensi Teratur.

Baca juga :   6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Faktor #2 : Otoritas Blog

Otoritas blog ini adalah penilaian Google terhadap suatu situs atau blog dalam hal seberapa terpercaya situs atau blog ini dalam suatu bidang yang spesifik.

Google akan menilai sebuah blog atau situs dengan nilai otoritas tinggi (yang berarti peringkat SEO untuk blog yang lebih tinggi juga) jika konten yang disajikan benar-benar spesifik dengan tema yang tidak gado-gado.

Faktor #3 : Performa Situs atau Blog

Blog dengan loading time yang lama (lambat) akan dinilai memiliki performa yang rendah oleh mesin pencari Google.

Demikian juga jika situs blog tersebut memiliki time spent yang rendah, maka peringkat performanya akan rendah juga.

Time spent diartikan sebagai total waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung ketika berkunjung ke situs atau blog tersebut.

Google sangat menyukai situs blog dengan loading time cepat dan time spent pembacanya yang tinggi.

Faktor #4 : User Experience

User experience atau kesan pengunjung dalam menjelajahi situs blog, bisa dinilai dari beberapa hal, yakni :

  • kemudahan navigasi
  • situs yang mobile friendly (tampilannya indah dan loading time cepat jika dibuka dari smartphone)
  • tampilan yang responsif (tampilan bagus jika dibuka di komputer desktop maupun mobile phone)

Semakin ringan, cepat, dan bagus tampilan sebuah situs, semakin tinggi peringkat SEO untuk blog tersebut di Google.

 

Teknik SEO Untuk Blog

Untuk menaikkan peringkat SEO untuk blog, Anda bisa melakukan optimasi di dua area besar yakni On Page (dari dalam situs blog) dan Off Page (dari luar situs blog).

Teknik SEO On Page

Teknik SEO On Page ini adalah segala upaya yang dilakukan dari dalam situs blog untuk menaikkan peringkat SEO blog tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam penerapan teknik SEO on page ini, yakni :

  • Menggunakan engine blog, misalnya WordPress, yang URL friendly
  • Menggunakan theme yang mobile friendly
  • Menggunakan theme yang memiliki loading time yang cepat
  • Memasang plugin SEO
  • Memasang plugin Google Sitemap
  • Memasang plugin Social Share
  • Menempatkan internal link di setiap artikel. Internal link ini adalah link atau tautan ke artikel lain di dalam blog tersebut.
  • Membidik kata kunci (keyword) dan kata kunci panjang (long tail keyword) yang bisa Anda cari dari recommended search result.
Baca juga :   Apa Itu Viral Marketing dan Bagaimana Penerapan Viral Marketing Untuk Blog dan Bisnis Anda?

Teknik SEO Off Page

Teknik SEO Off Page adalah segala upaya untuk menaikkan peringkat SEO blog yang berasal dari luar situs blog yang bersangkutan.

Teknik SEO off page ini umumnya dilakukan dengan mengusahakan agar blog memiliki link di situs lain sebanyak-banyaknya.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

  • Menulis konten yang kuat sehingga menjadi bahan referensi blogger-blogger lain.
  • Saling bertukar link dengan blogger lain yang memiliki tema blog yang relevan atau berdekatan dengan tema blog yang Anda miliki.
  • Menjadi guest blogger di blog orang lain yang populer sehingga Anda selain bisa mendapatkan baclink gratis, Anda juga bisa mendapatkan pembaca-pembaca baru untuk blog Anda.
  • Rajin memberi komentar di berbagai forum atau blog orang lain sambil menyertakan link ke blog Anda.
  • Memanfaatkan jasa review website dan jasa backlinks

Demikian uraian singkat mengenai apa itu SEO, faktor yang mendorong peringkat SEO tinggi, dan bagaimana menaikkan peringkat SEO dengan teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.

download ebook videobook gratis

3 thoughts on “SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>