Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda

mobile marketing
Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda

Selain social media marketing dan email marketing, sebetulnya ada satu lagi kanal pemasaran dahsyat yang bisa melejitkan trafik website Anda, yakni mobile marketing.

Mobile marketing berada di posisi bersama dengan sosial media marketing (facebook, twitter, dan instagram) serta email marketing bersama-sama mendongkrak trafik kunjungan ke blog Anda.

Mengapa mobile marketing menjadi salah satu kanal pemasaran yang patut Anda pertimbangkan?

Setidaknya ada 3 alasan mengapa mobile marketing sangat membantu mendatangkan ribuan trafik ke blog Anda, yakni :

Alasan #1 : Ledakan Pengguna Smartphone

Membanjirnya pasar ponsel smartphone Android dalam jangka waktu 5 tahun belakangan turut memicu terjadinya ledakan pengguna smartphone. Ditambah lagi dengan biaya koneksi internet yang semakin terjangkau, Indonesia pun menjadi negara urutan ketiga di dunia yang menjadi pengguna smartphone terbesar dunia.

Hal ini adalah potensi yang tak terbantahkan bagi Anda para pelaku bisnis online untuk dapat memanfaatkan momentum ini.

Alasan #2 : Komunikasi Yang Lebih Personal

Aplikasi chatting di mobile smartphone seperti BBM, Whatsapp, dan Line, memiliki karakteristik yang cenderung lebih personal dibandingkan dengan aplikasi social media.

Komunikasi personal ini bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi Anda dalam membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda.

Alasan #3 : Indonesia Adalah Pasar Pengguna Aplikasi Chat Mobile Yang Besar

Demografi Indonesia saat ini didominasi oleh generasi melek internet yang cenderung sangat senang bercakap-cakap lewat aplikasi chatting online seperti BBM, Whatsapp, maupun LINE.

Besarnya demografi ini tentu adalah pasar potensial yang bisa Anda garap untuk dijadikan target pasar Anda ke depannya.

Aplikasi Populer Untuk Mobile Marketing

Saat ini banyak sekali aplikasi chatting yang seringkali digunakan sebagai kanal marketing oleh para digital marketer di Indonesia. Beberapa yang populer di antaranya antara lain : BBM, Whatsapp, LINE, dan Telegram.

Baca juga :   GAMPANG "BAPER" ? MUNGKIN BERIKLAN DI FACEBOOK (FACEBOOK ADS) BUKAN UNTUK ANDA

Tujuan Mobile Marketing

Melalui mobile marketing, setidaknya ada 3 tujuan yang bisa Anda capai bagi keuntungan bisnis online Anda.

Tujuan #1 : Mendatangkan Trafik

Melalui mobile marketing, Anda bisa dengan mudah mendatangkan trafik ke blog atau ke website Anda. Caranya, secara berkala Anda bisa melakukan broadcast atau menyebarkan konten yang berkualitas ke seluruh kontak Anda dengan menyisipkan tautan (link) ke blog atau website Anda.

Tujuan #2 : Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan Secara Lebih Personal

Aplikasi chatting di mobile smartphone ini karakteristiknya personal atau pribadi. Dengan karakteristik yang demikian, Anda bisa dengan sangat mudah membangun hubungan yang sangat dekat dengan para pelanggan Anda.

Bedakan dengan komunikasi yang biasa Anda lakukan di platform social media. Di social media, tulisan atau sapaan yang Anda bagikan kepada para follower Anda, sangat dengan mudah tertimpa oleh ratusan status dari orang lain.

Sedangkan, dengan aplikasi chat di mobile, Anda bisa dengan mudah mengirimkan sapaan, tulisan, atau membagikan konten yang berkualitas kepada setiap kontak yang Anda miliki.

Itulah sebabnya, mobile marketing ini memang sangat cocok Anda gunakan dalam upaya Anda membangun hubungan baik dengan para pelanggan atau kontak Anda.

Tujuan #3 : Sebagai Sarana Melakukan Prospek Berjualan

Dengan kemudahan membagikan konten yang berkualitas kepada seluruh kontak yang Anda miliki, Anda bisa juga sesekali menyisipkan konten jualan Anda kepada mereka.

Lakukan sesekali di antara konten-konten berkualitas yang sesering mungkin Anda bagikan kepada kontak-kontak Anda tersebut.

Kunci Sukses Mobile Marketing

Kunci sukses mobile marketing adalah jumlah database kontak yang banyak dan tertarget.

Itulah sebabnya sejak awal, dapatkan sebanyak mungkin kontak di BBM, Whatsapp, atau LINE yang Anda miliki agar jualan Anda semakin mudah laku.

Baca juga :   Penghasilan Jutaan Rupiah Lewat Instagram Marketing dan Kunci Sukses Jualan di Instagram

Selain kuantitas atau jumlah kontak yang sebanyak mungkin, kontak yang Anda miliki haruslah tertarget.

Tertarget di sini maksudnya adalah bahwa mereka yang menjadi kontak Anda ini adalah memang kontak yang secara sukarela menambahkan diri Anda sebagai bagian dari kontak mereka karena konten-konten berkualitas yang Anda tulis selama ini dan sesuai dengan minat mereka.

Percuma jika Anda memiliki kontak yang banyak tapi tidak tertarget, alias gado-gado minatnya. Jualan Anda akan sangat sulit menjadi laris, karena produk yang Anda jual belum tentu sesuai dengan minat mereka.

Oleh sebab itu, ketika berusaha mencari kontak dengan melakukan upaya menambah kontak dan prospek berjualan, jangan lakukan cara-cara yang spamming.

Ada 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah jumlah kontak Whatsapp atau BBM atau Line Anda secara natural dan tertarget.

Tips #1 : Tulis Nomor Kontak Anda di Blog

Anda bisa menambahkan no kontak pin BBM atau no Whatsapp atau id Line Anda di setiap artikel blog, atau di bagian blog yang mudah dilihat pembaca. Dengan cara ini Anda secara tidak langsung bisa membuat para pembaca konten blog Anda untuk menambahkan no kontak Anda di smarphone mereka.

Tips #2 : Beri Bonus

Anda juga bisa memberikan bonus ebook sebagai imbalan bagi mereka yang mau bergabung ke kontak Anda.

Tips #3 : Beritahu Tentang Broadcast Yang Akan Anda Lakukan Berkala

Sejak awal kontak Anda bergabung, sebaiknya Anda juga memberitahu mereka bahwa secara berkala Anda akan sering membagi (melakukan broadcast) konten-konten berkualitas kepada mereka. Karena jika tidak, broadcast yang Anda lakukan akan sia-sia karena dihapus sebelum dibaca.

Tips #4 : Bagikan Konten Berkualitas Secara Berkala

Bagikanlah konten yang berkualitas secara berkala kepada kontak-kontak Anda. Dengan melakukan hal ini secara kontinyu, Anda terus-menerus membangun hubungan baik dengan kontak-kontak Anda tadi.

Baca juga :   INI DIA RAHASIA JUALAN TANPA KELIHATAN MENJUAL (COVERT SELLING)

Tips #5 : Sesekali, Promosikan Jualan Anda

Kombinasikan promosi jualan, sharing link website, dan sharing konten yang berkualitas secara berkala.

Yang terbaik adalah sharing konten berkualitas haruslah lebih banyak ketimbang sisipan jualan Anda.

Jangan takut dan ragu untuk sesekali mempromosikan produk jualan Anda. Niatkan promosi jualan yang Anda lakukan ini adalah untuk membantu orang-orang di kontak Anda yang memang sedang membutuhkan solusi bagi permasalahan mereka.

DEMIKIAN, penjelasan mengenai pentingnya mobile marketing dalam mendongkrak trafik web blog Anda serta tips dan trik untuk menambah jumlah kontak database pelanggan di smartphone Anda.

download ebook videobook gratis

2 thoughts on “Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>