5 Jenis Trafik Berdasarkan Awareness (Kesadaran)

jenis trafik
5 Jenis Trafik Berdasarkan Awareness (Kesadaran)

5 Jenis Trafik (Cold, Warm, and Hot ) berdasarkan Awareness (Kesadaran)

Dalam posting saya yang berjudul Mengenal Apa itu Trafik Panas dan Trafik Dingin, Saya sudah menjelaskan secara singkat bahwa dalam berjualan di internet orang-orang yang akan menjadi calon pembeli Anda dikenal dengan sebutan trafik. Di artikel ini, saya akan membantu Anda untuk mengenal jenis trafik berdasarkan kesadaran.

Jenis trafik ini dapat dikategorikan menjadi tiga jenis : cold (dingin), warm (hangat), dan hot (panas). Cold traffic adalah orang-orang yang baru kenal dengan kita. Mereka belum pernah bertemu dengan kita, jadi sangat sulit jika kita berharap untuk dapat menjual sesuatu kepada mereka. Di sini tugas Anda adalah memperkenalkan diri, memberi hadiah perkenalan untuk mereka, dan berbagi manfaat kepada mereka.

Warm traffic adalah orang-orang yang sudah mengenal kita. Mereka sudah mengenal siapa kita, menikmati sharing-sharing kita, dan sudah mulai percaya bahwa kita ini adalah orang baik.

Mereka juga sudah mulai berani untuk berinvestasi atau mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu dari kita, walaupun nilainya masih kecil.

Sementara hot traffic adalah orang-orang yang sudah terbiasa membeli dari kita dan percaya bahwa kita hanya akan menjual sesuatu yang baik untuk mereka. Mereka percaya bahwa kita tidak akan menipu mereka. Jadi di sini mereka tidak akan berkeberatan membeli produk yang harganya mahal jika mereka memang memerlukannya dan sanggup untuk membelinya.

Sebagai pengetahuan tambahan, jika Anda ingin mendatangkan ribuan trafik lewat blog ke situs jualan yang Anda miliki, silakan baca artikel berjudul SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor. Di artikel ini, akan dikenalkan dengan cara mendatangkan ribuan trafik baik itu cold maupun hot traffic dengan metode SEO.

Dalam artikel ini Saya ingin memperkenalkan konsep yang lebih detil dari tiga jenis trafik di atas.

Dalam konsep trafik yang baru ini, Saya akan membaginya menjadi 5 kelompok, mulai dari yang paling cold (dingin) sampai yang paling hot (panas). Saya juga akan membahas materi iklan apa yang cocok untuk masing-masing kelompok.

Berikut ini adalah 5 kelompok jenis trafik yang berdasarkan kesadarannya (awareness) :

1  .  Unaware (tidak menyadari apa-apa)

Jenis trafik unaware adalah kelompok orang-orang yang tidak menyadari apa pun. Mereka tidak tahu bahwa mereka punya masalah, apalagi berpikir membutuhkan membutuhkan sebuah produk yang dapat menjadi solusi untuk mereka.

Mereka berada di posisi kutub cold yang paling dingin. Jika Anda langsung berjualan kepada orang-orang di kelompok ini, hasilnya sudah bisa dipastikan cenderung gagal total.

Baca juga :   9 CARA MENGUMPULKAN MODAL UNTUK MEMULAI BISNIS ONLINE

Kelompok ini sangat membutuhkan perkenalan dan edukasi lebih dahulu untuk mengubah mereka jadi lebih sadar akan masalah mereka dan apa saja pilihan solusinya.

Jika target Anda adalah orang-orang di kelompok ini maka selamat Bro dan Sis, perjalanan Anda masih panjang. Orang-orang di kelompok ini bisa dikategorikan prospek baru.

Langkah pertama adalah perkenalan. Jika Anda ingin memanfaatkan ads (iklan) di Facebook atau menulis sebuah artikel untuk memperkenalkan diri dan memberitahu bahwa mereka punya masalah. Tugas Anda di sini adalah membuat mereka tahu bahwa mereka punya masalah.

Materi iklan yang paling cocok untuk kelompok ini adalah elegant clickbait.

Elegant clickbait adalah sebuah gambar dan serangkaian kalimat yang membuat orang tertarik untuk meng-klik gambar atau tautan yang diberikan di iklan atau postingan status.

Mari kita ambil sebuah contoh : Anda ingin berjualan sebuah produk suplemen untuk diet (weight loss / mengurangi berat badan). Di tahap ini Anda cukup memberikan gambar dan tulisan yang menarik / membuat penasaran orang untuk meng-klik dan membaca status Anda. Misalnya : ban kempes, celana robek, baju kekecilan, atau orang kelelahan. Lalu sertakan tulisan (copywriting) Apakah ini sering terjadi kepada Anda ??? Mau tahu solusinya ??

Orang-orang yang pernah mengalami hal ini atau penasaran apa isi artikel / postingan Anda akan terpancing meng-klik link atau foto iklan Anda.

2  .  Problem Aware (Menyadari masalah / problem)

Di jenis trafik ini orang-orang sudah mengetahui bahwa mereka punya masalah, tapi belum tahu seberapa berat masalahnya. Mereka belum memahami problem mereka secara lengkap. Tugas Anda di sini adalah memberi tahu mereka mengapa patut menaruh perhatian penuh kepada masalah mereka itu.

Materi iklan atau postingan yang cocok untuk orang-orang di kelompok ini adalah tentang pain (rasa sakit yang ditimbulkan masalah tersebut jika tidak segera diatasi).

Misalkan :

Produk : suplemen diet (mengurangi berat badan )

Materi pembahasan / iklan : Apakah Anda ingin jomblo sampai tua ? Apakah Anda ingin menderita penyakit jantung, diabetes, atau stroke di usia muda ? Dengan menggunakan …

Mereka sudah tahu mereka over weight, tapi belum begitu peduli dengan masalahnya.

Artikel / postingan / iklan Anda yang menyebutkan masalah-masalah / rasa sakit (pain) yang bisa saja mereka hadapi jika mereka tidak segera menurunkan badan, akan menyebabkan pikiran mereka mengingat dan lebih perhatian dengan masalah berat badan ini.

Baca juga :   GAMPANG "BAPER" ? MUNGKIN BERIKLAN DI FACEBOOK (FACEBOOK ADS) BUKAN UNTUK ANDA

Salah satu insting terkuat dari manusia adalah survival (bertahan hidup), tidak ingin merasa sakit atau menderita. Materi iklan pain akan membangkitkan insting ini.

3  .  Solution Aware (Menyadari solusi)

Orang-orang di jenis trafik ini sudah memahami masalah mereka tapi belum mengetahui apa saja pilihan solusi untuk mengatasi masalah mereka.

Tugas Anda adalah mengedukasi mereka tentang solusi-solusi apa saja yang cocok untuk mengatasi masalah mereka.

Materi iklan yang pas untuk menguatkan keinginan mereka dalam rangka menyelesaikan masalah adalah pleasure (kesenangan / mimpi). Rasa senang, pengalaman indah yang akan mereka alami, jika masalah mereka bisa diselesaikan.

Pendorong manusia untuk bertindak ada dua hal reward (hadiah) / gain (apa yang didapatkan) dan punishment (hukuman) / pain (rasa sakit). Jadi jika dua hal ini Anda sediakan dalam materi iklan Anda / promosi Anda, maka efeknya akan sangat “powerful”.

Misalkan :

Produk : suplemen diet (mengurangi berat badan )

Materi iklan / pembahasan : bayangkan Anda bisa punya kekasih yang cantik, Anda punya percaya diri yang tinggi, punya vitalitas yang bagus, stamina yang luar biasa, panjang umur, tidak mudah sakit, bisa bermain dengan gembira bersama keluarga Anda, memakai baju / pakaian apa pun tanpa takut sobek.

4  .  Produk Aware (mengetahui produk Anda)

Orang-orang di kelompok jenis trafik ini sudah memahami bahwa mereka punya masalah dan tahu apa saja pilihan solusinya. Tapi belum tahu produk yang apa yang tepat.

Tugas Anda adalah memperkenalkan produk Anda kepada mereka sebagai solusi / penyelesaian terbaik dari masalah mereka. Anda harus berusaha membuat mereka yakin bahwa produk Anda adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah mereka.

Materi iklan yang tepat untuk kelompok ini adalah : iklan penawaran terbaik (apa saja yang akan mereka dapatkan jika mereka membeli produk tersebut). Di dalamnya ada harga yang menarik, diskon (potongan harga), bonus-bonus yang akan mereka dapatkan jika membeli lewat Anda, reminder / mengingatkan lagi apa saja rasa sakit dan kesenangan yang dapat mereka alami, dan testimonial dari para pembeli yang sudah pernah memakai produk ini.

5  .  Most Aware (Hot traffic : sudah mengenal Anda dengan baik, pernah membeli dari Anda)

Kelompok dengan jenis trafik terakhir ini adalah yang paling hot. Mereka sudah pernah membeli dari Anda, sudah mengenal baik Anda, dan sudah percaya pada Anda.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

Mereka tidak lagi perlu banyak edukasi seperti kelompok lainnya. Mereka sudah tidak takut-takut lagi belanja ke toko Anda.

Orang-orang di kelompok ini biasanya lebih senang straight to the point (langsung), “Oke, sekarang Anda punya produk apa ? Kalau penawarannya bagus dan saya ada budget saya akan beli. ” Mereka sudah siap membeli.

Inilah pentingnya menyimpan database pembeli Anda. Lebih mudah menjual ke pelanggan lama Anda daripada menjual ke prospek / calon pembeli yang baru. Usaha yang Anda lakukan jauh lebih kecil.

Pembeli baru Anda yang sama sekali belum sadar masalahnya butuh edukasi dari tahap 1 sampai tahap 5. Hal ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Materi iklan yang tepat untuk kelompok ini adalah : iklan penawaran terbaik (apa saja yang akan mereka dapatkan jika mereka membeli produk tersebut). Di dalamnya ada harga yang menarik, diskon (potongan harga), bonus-bonus yang akan mereka dapatkan jika membeli lewat Anda, reminder / mengingatkan lagi apa saja rasa sakit dan kesenangan yang dapat mereka alami, dan testimonial dari para pembeli yang sudah pernah memakai produk ini, event spesial (bonus gathering atau seminar), new version dari produk (untuk yang sudah pernah beli).

Setiap calon pembeli bisa saja berada di posisi / kelompok yang berbeda. Sebagai penjual harus mampu menyesuaikan strategi penjualan untuk masing-masing kelompok.

Jika Anda punya kolam / kelompok yang berisikan orang-orang baru  (unaware) tentu waktu interaksinya harus lebih sering, intens, dan edukasinya harus banyak.

Tapi untuk kolam / kelompok yang isinya pelanggan-pelanggan lama Anda, tentunya tidak perlu lagi edukasi yang lama. Cukup perkenalan produk, apa keunggulan produk, dan penawaran yang bagus.

Perjalanan untuk mengubah cold traffic menuju hot traffic membutuhkan waktu dan tenaga. Anda haruslah bekerja dengan konsisten dan memegang teguh komitmen, karena di saat-saat sharing dan masih harus berbagi, Anda mungkin akan dilanda kebosanan, kehabisan ide, dan bahkan frustasi karena Anda tidak dapat dengan segera melihat hasil (uang).

Sampai bertemu di artikel berikutnya. Salam sukses !!!

download ebook videobook gratis

2 thoughts on “5 Jenis Trafik Berdasarkan Awareness (Kesadaran)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>