Menentukan Tema Blog

tema blog
Menentukan Tema Blog

Untuk menulis blog yang menghasilkan uang, Anda harus benar-benar bisa mendatangkan banyak pengunjung yang memang sesuai untuk dijadikan target pasar jualan produk atau jasa yang akan Anda jual nanti. Mencari pengunjung yang tertarget inilah tujuan utama mengapa Anda harus menentukan tema blog yang spesifik.

Mungkin Anda beranggapan, mengapa tidak membuat tema gado-gado saja agar target pasarnya pengunjungnya semakin luas?

Semakin gado-gado tema blog Anda, semakin gado-gado pula minat para pengunjung blog Anda nantinya. Hal ini akan menyulitkan ketika Anda mulai berharap hendak menjual produk/jasa Anda di blog Anda tersebut.

Mengapa akan sulit menjual?

Bisnis adalah soal kepercayaan. Tingkat kepercayaan pengunjung kepada blog Anda dinamakan authority. Semakin tinggi authority sebuah blog, semakin blog ini disukai mesin pencari seperti Google, yang pada akhirnya semakin banyak pengunjung yang akan berkunjung.

Tingkat kepercayaan pengunjung dibangun lewat kunjungannya berulang kali ke sebuah blog karena memang konten di dalamnya informatif, enak dibaca, dan mampu memberi solusi bagi permasalahan yang dimiliki oleh para pengunjungnya.

Konten yang demikian, tidak mungkin dibangun jika blog Anda menawarkan berbagai macam tema artikel yang saling tidak berhubungan dan tidak saling mendukung satu sama lain. Para pengunjung akan menganggap bahwa blog Anda adalah semacam situs berita yang hanya menyajikan informasi saja.

Dengan kondisi demikian, bagaimana Anda hendak membuat pengunjung Anda percaya bahwa blog Anda adalah blog yang ahli di bidang tema tertentu?

Guru saya pernah berkata, lebih baik memiliki 5.000 pengunjung tertarget ketimbang 10.000 pengunjung gado-gado. Akan lebih mudah menjuali yang 5.000 ketimbang yang 10.000.

Sudah jelas ya, kenapa harus punya tema yang spesifik dan tidak gado-gado?

Baca juga :   SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor

Kalau sudah paham, kita lanjut membahas pendekatan apa saja yang bisa Anda ambil untuk menentukan tema blog yang spesifik. Setidaknya ada 3 pendekatan untuk menentukan tema blog yang bisa menghasilkan uang dari internet.

 

Pendekatan ke-1 : Menentukan Tema Blog Berdasarkan Produk/Jasa Yang Hendak Dijual

Pendekatan ini digunakan jika Anda sudah tahu hendak berjualan produk atau jasa tertentu, silakan tentukan topik tema blog yang berkaitan dengan produk atau jasa tadi.

Misalnya, Anda hendak menjadi RESELLER atau DROPSHIPPER produk hijab dan busana muslim wanita, maka Anda bisa menentukan tema blog Anda mengenai tren fashion wanita muslim, blog mengenai tutorial hijab, atau blog mengenai gaya hidup wanita muslim modern.

Apapun tema blog yang Anda pilih, sebaiknya tetap berkaitan dengan produk atau jasa yang hendak Anda jual kepada pengunjung blog Anda nantinya, karena bagaimanapun juga, tujuan awal Anda membuat membuat blog yang menghasilkan uang dari internet.

 

Pendekatan ke-2 : Menentukan Tema Blog Berdasarkan Minat atau Keahlian Anda

Bisa jadi Anda belum tahu hendak berjualan apa di blog Anda. Jika demikian kondisinya, Anda bisa mengambil pendekatan dengan mulai menentukan tema blog berdasarkan minat atau keahlian Anda.

Misalkan Anda memiliki keahlian di bidang masak dan minat Anda adalah segala sesuatu terkait memasak makanan tradisional, mungkin Anda bisa menentukan tema blog mengenai aneka masakan tradisional tiap daerah, resep masakan tradisional, dan tentang rumah makan yang menyajikan makanan-makanan tradisional.

Banyak alternatif cara menghasilkan uang dari blog tadi nantinya, misalnya Anda bisa menjual ebook kumpulan resep 100 masakan tradisional, mendaftarkan diri ke Google Adsense dan mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di blog Anda, atau Anda bisa membuka jasa review rumah makan tradisional di berbagai kota.

Baca juga :   6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Jika blog Anda memang memiliki jumlah pengunjung yang banyak, hal tersebut bukan tidak mungkin bisa terealisasi bukan?

Oya, jika Anda masih bingung juga mencari ide produk untuk Anda jual, silakan baca artikel berjudul TRIK MENCARI IDE PRODUK DAN MEMBUAT RENCANA BISNIS SEDERHANA, yang akan memandu Anda untuk mengembangkan ide-ide produk yang mungkin terkait dengan keahlian dan minat yang Anda punya.

 

Pendekatan ke-3 : Menentukan Tema Blog Dengan Menggabungkan Produk/Jasa Yang Hendak Dijual Dengan Minat dan Keahlian Anda

Jika sedari awal Anda sudah memiliki minat dan keahlian di bidang tertentu dan sudah tau hendak menjual produk atau jasa yang berkaitan dengan bidang dan minat Anda, maka Anda tentu sudah memiliki banyak bekal informasi, pengalaman, dan tema topik blog yang hendak Anda buat.

Untuk kondisi demikian silakan menggunakan pendekatan ke-3 ini untuk menentukan tema blog Anda.

Misal Anda adalah seorang guru yang memang minat di dunia pendidikan dan melayani jasa guru privat panggilan ke rumah di kota Anda, maka blog yang Anda buat mestinya terkait dengan dunia pendidikan, kurikulum, solusi pengerjaan soal, dan topik lain yang masih berkaitan dengan dunia pendidikan.

Dengan membangun blog dan menulis konten-konten yang informatif dan membantu para pelajar atau orang tua siswa dalam memahami soal-soal tertentu, maka lambat laun blog Anda bisa dikenal dan dipercaya oleh pengunjung blog Anda. Dan jika suatu saat Anda menawarkan jasa guru privat, Anda pasti bisa dengan mudah mendapat banyak permintaan yang berminat les privat melalui blog Anda ini.

Demikian 3 pendekatan yang bisa Anda ambil untuk menentukan tema blog yang menghasilkan uang dari internet.

Baca juga :   Cara Membuat Blog Sendiri

Langkah selanjutnya setelah Anda menentukan tema blog yang spesifik adalah menentukan kategori di blog Anda yang bisa mencerminkan cakupan tema menjadi beberapa subtema yang saling berkaitan meskipun masih memiliki keunikannya masing-masing.

Sebagai contoh, jika tema blog Anda adalah mengenai kesehatan, maka subtema yang bisa Anda jadikan kategori di blog Anda antara lain : panduan olahraga, gaya hidup sehat, nutrisi sehat, dan solusi penyakit.

Nah, dari subtema atau kategori ini, Anda bisa mengembangkan banyak artikel dengan topik bermacam-macam sesuai kategorinya masing-masing.

Dengan membuat kategori blog, Anda membuat bahasan tema blog Anda menjadi luas tapi tetap dalam kerangka tema utama blog yang Anda buat di awal.

Selamat mencoba.

download ebook videobook gratis

3 thoughts on “Menentukan Tema Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>