menulis konten

7 Kiat Ampuh Menulis Konten Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

menulis konten
7 Kiat Ampuh Menulis Konten Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

Artikel ini adalah kelanjutan dari seri artikel mengenai cara menghasilkan uang dari internet lewat blog. Setelah Anda membuat blog sendiri di artikel sebelumnya, saatnya Anda mulai mengisi blog Anda dengan berbagai konten yang disukai oleh calon pembaca Anda. Lalu, apa dilakukan untuk menulis konten yang bisa mendatangkan ribuan pengunjung setiap bulannya ke blog Anda?

Setidaknya ada 7 langkah praktis yang bisa Anda lakukan dengan mudah, meskipun Anda belum pernah menulis konten blog sekalipun. Simak sampai habis artikel ini.

Langkah #1 : Menentukan Tema Blog

Menentukan tema blog adalah langkah pertama ketika Anda hendak membangun blog dan mendapatkan penghasilan dari internet.

Anda bisa bisa memilih tema yang berdasarkan pada : (1) keahlian atau minat Anda, (2) jenis produk atau jasa yang hendak Anda jual, dan (3) kombinasi antara keahlian, minat, serta produk atau jasa yang akan dijual.

Seringkali tema blog ini adalah tema yang luas cakupannya. Langkah selanjutnya adalah membuat beberapa subtema yang lebih spesifik yang mengacu pada tema utama.

Subtema-subtema yang Anda tentukan ini kemudian bisa menjadi acuan pembuatan kategori-kategori topik dari blog Anda nanti.

Lebih jelas mengenai menentukan tema blog dan membuat kategori topik bisa Anda pelajari di artikel berjudul : Menentukan Tema Blog.

 

Langkah #2 : Menulis Konten Artikel Blog Yang Dahsyat

Setelah tema blog Anda tentukan dan kategori-kategori topiknya juga sudah Anda buat daftarnya, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengisi blog Anda dengan konten-konten tulisan yang dahsyat dan mampu membuat pembaca blog Anda senantiasa merindukan tulisan-tulisan blog Anda ini.

Jika Anda memang senang sekali menulis, tentu Anda tidak akan kesulitan dalam menuangkan ide-ide Anda dalam sebuah tulisan konten artikel blog yang menarik.

Namun, jika Anda tidak terbiasa menulis, dan sangat sulit sekali mendapatkan ide dan sumber inspirasi untuk tulisan Anda, maka 6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog ini bisa memudahkan dan membantu Anda menemukan sumber ide dan inspirasi untuk menulis konten blog yang dahsyat.

Setelah Anda mendapatkan banyak ide dan sumber inspirasi, langkah berikutnya adalah menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Sebagai pengingat, banyak sekali jenis tulisan menarik yang bisa Anda tiru agar pembaca blog Anda senantiasa disuguhi dengan aneka jenis gaya penulisan yang tidak membosankan akan tetapi tetap relevan dengan tema yang dibawakan.

Sebagai contoh, Anda sesekali bisa menulis dengan gaya tulisan berupa tutorial dalam mengerjakan sesuatu. Atau, Anda bisa membahas profil seorang tokoh yang sangat berpengaruh di dunia yang relevan dengan tema blog yang sedang Anda tulis.

Di artikel berjudul 5 Jenis Konten Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung ini Anda bisa mempelajari jenis-jenis konten tulisan yang berbeda-beda yang bisa Anda contoh untk disajikan bagi para pembaca blog Anda.

 

Langkah #3 : Menulis Konten Dengan Frekuensi Teratur

Setiap pekerjaan haruslah disertai dengan komitmen, tak terkecuali dengan menulis konten blog. Anda haruslah memiliki komitmen untuk menulis konten artikel blog secara rutin dan teratur.

Di artikel berikut ini, dijelaskan 3 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis Artikel Blog Dengan Frekuensi Teratur  dan seberapa rutin Anda harus menulis konten untuk blog Anda.

Di artikel tesebut dijelaskan juga panjang artikel yang disarankan untuk Anda tulis secara teratur.

Rasa jenuh dan malas memang kerap menjadi penghalang utama bagi para blogger pemula dalam menjalankan komitmen ini. Di artikel tadi, juga dijelaskan beberapa tips melawan rasa malas ketika menulis.

 

Langkah #4 : Merancang Judul Yang Dahsyat (Strong Headline)

Memilih tema blog yang menarik, kemudian menulis artikel-artikel dengan konten yang dahsyat memang sangat penting agar blog Anda bisa menjadi blog idaman para pembaca Anda.

Namun, bagi calon pembaca yang belum pernah membaca konten-konten berkualitas dari blog Anda ini, isi tulisan belum tentu bisa mereka tahu ketika mereka menemukan blog Anda di tengah ratusan blog lain di mesin pencarian Google.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa memenangi persaingan dan membuat calon pembaca Anda ini meng-klik blog Anda ketika mereka menemukannya di mesin pencarian Google?

Judul yang dahsyat akan memancing rasa penasaran calon pembaca untuk meng-klik dan membaca artikel Anda. Jika memang konten tulisan blog Anda berkualitas, tentu calon pembaca tadi akan sangat senang menjadi pembaca setia blog Anda selanjutnya.

Untuk merancang judul yang dahsyat, diperlukan pengetahuan mengenai teknik copywriting. Di artikel berjudul 4 Cara Membuat Judul Yang Mampu Menaikkan Klik 5x Lipat ini, Anda akan dibimbing untuk membuat judul dengan teknik copywriting sederhana yang umum digunakan oleh blogger-blogger kelas dunia dalam membuat judul yang dahsyat.

 

Langkah #5 : Menambah Gambar Ilustrasi Yang Menarik

Tidak semua orang tertarik hanya melihat deretan huruf yang panjang dalam layar monitor mereka. Banyak orang yang sangat menyukai gambar dan ilustrasi grafis dalam suguhan konten yang mereka baca.

Oleh sebab itu, ketika Anda menulis konten tulisan blog, ada baiknya jika Anda menambahkan gambar ilustrasi yang menarik untuk menambah keindahan konten blog Anda dan membantu para pembaca lebih memahami isi dari tulisan Anda.

Namun, tidak semua gambar atau ilustrasi yang bisa Anda mudah dapatkan di mesin pencarian ini bebas untuk Anda pergunakan sebagai bagian dari konten blog Anda. Banyak gambar menarik yang memiliki hak cipta dan tidak boleh sembarangan Anda gunakan yang kadang harus Anda bayar jika ingin digunakan.

Nah, jika Anda bingung dari mana harus mendapatkan gambar ilustrasi yang menarik dan gratis, Anda bisa mendatangi 3 Situs Download Gambar Gratis Yang Bisa Mendongkrak Jumlah Pengunjung Blog Anda ini.

 

Langkah #6 : Tulis Konten Yang Bermanfaat Bagi Target Pembaca

Bisa saja calon pembaca Anda menemukan blog Anda di mesin pencarian Google karena mereka penasaran dan tertarik dengan judul salah satu artikel Anda.

Akan tetapi, setelah mereka mengeklik judul tadi dan mereka membaca isi artikel Anda dan ternyata mereka kecewa karena isinya tidak sesuai dengan harapan mereka dan tidak mampu memberikan kualitas konten yang mereka harapkan, lalu apa yang akan terjadi? Mereka akan segera menutup blog Anda dan berpindah ke blog lain yang mungkin menyajikan konten yang lebih berkualitas dari Anda.

Calon pembaca Anda tadi tidak akan betah berlama-lama di blog Anda untuk mencari artikel-artikel berkualitas lainnya.

Apa efeknya?

Efeknya, Anda akan sangat sulit memiliki pembaca-pembaca setia yang kerap mengunjungi blog Anda dan menanti-nantikan artikel barunya.

Efek lain adalah blog Anda akan sangat sulit dikenal banyak orang karena tidak ada yang mau membagikan (share) artikel-artikel Anda tadi. Efek viralitas konten blog Anda menjadi minim.

Oleh sebab itu, tulislah konten yang berkualitas. Artikel berjudul Tulis Konten Artikel Yang Segar dan Bermanfaat Agar Pembaca Selalu Merindukan Blog Anda ini akan memandu Anda untuk menghasilkan konten-konten yang berkualitas.

 

Langkah #7 : Banyak dan Tekun Membaca

Blogger yang hebat kebanyakan adalah pembaca yang hebat juga. Semakin sering Anda membaca banyak buku, majalah, dan artikel berkualitas yang relevan dengan tema blog Anda, maka Anda akan semakin mudah menemukan sumber inspirasi penulisan bagi konten blog Anda.

Semakin sering dan tekun membaca, Anda akan semakin memahami secara mendalam topik-topik tertentu yang akan Anda jadikan konten yang berkualitas bagi blog Anda.

DEMIKIAN, 7 langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk menulis konten yang mampu mendatangkan ribuan pengunjung ke blog Anda.

Selamat menulis. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>