6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

artikel blog
6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Sekarang ini adalah era konten marketing, yang berarti fokus dari marketing bukan lagi semata-mata pada produk, tapi pada konten (isi artikel blog atau informasi yang berguna) yang bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan calon konsumen.

Blog adalah salah satu kanal marketing yang bisa digunakan sebagai sarana penyampaian konten yang bermanfaat bagi penggunanya.

Lalu bagaimana sebuah blog bisa menjadi kanal marketing yang dahsyat?

Jawabannya adalah dengan mampu memberikan beragam konten yang menarik, informatif, dan dibutuhkan oleh target pembaca blog Anda.

Sekilas Mengenai Konten Marketing

Konten marketing adalah proses marketing yang berfokus pada pemberian konten-konten yang menarik, informatif, dan dibutuhkan oleh target pasarnya melalui beragam jalur penjualan, seperti media sosial, pencarian google, blog, youtube, dan lainnya.

Konten marketing menyamarkan penjualan produk atau jasa dengan cara membangun tingkat kepercayaan yang tinggi di benak calon pembeli, bahwa Anda adalah orang yang ahli di bidang tertentu dan memiliki kemampuan untuk memberi solusi terhadap permasalahan calon pembeli di bidang tertentu lewat konten-konten bermanfaat yang Anda bagikan.

Bingung?

Misalnya begini, kebanyakan penjual akan langsung menawarkan jualannya kepada calon pembelinya. Penjual ini tidak peduli apakah calon pembelinya sungguh-sungguh tertarik atau memiliki masalah yang solusinya sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Penjual jenis ini seringkali dianggap sebagai penjual yang sangat mengganggu karena seakan memaksa calon pembeli yang belum tentu membutuhkan solusi dari produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Anggap saja misalkan Anda yang sedang tidak butuh pembersih toilet mendadak disodori aneka jenis produk pembersih ketika Anda sedang enak-enak bersantai. Tentu akan sangat terganggu bukan?

Nah, berbeda dengan penjual yang menerapkan konsep konten marketing. Penjual jenis ini akan banyak membagikan tips, artikel, video, bahkan rangkaian email berisi beragam informasi, tutorial, dan mungkin diselingi satu atau dua produk/jasa yang relevan dengan topik yang dibahas.

Calon pembeli yang sedang memiliki masalah dan butuh solusi, biasanya akan mencari informasinya di media sosial, pencarian google, youtube, dan lain sebagainya. Kemudian karena begitu banyak konten yang dibagikan oleh si penjual, salah satu konten ini muncul di hasil pencarian Anda dan menarik minat Anda untuk membaca dan mempelajarinya lebih lanjut.

Dengan berbekal informasi yang Anda perlukan dan tingkat kepercayaan yang mulai tumbuh di benak Anda, kemudian Anda mulai melirik produk yang si penjual tawarkan apakah cocok dan bisa mengatasi masalah yang Anda miliki. Jika iya, tentu Anda akan sangat mau membelinya karena Anda sudah diyakinkan bahwa si penjual sangat memahami bidang tersebut terbukti dari beragam konten yang ia bagikan. Dan akhirnya setelah menimbang-nimbang, Anda pun membeli produk tersebut.

Baca juga :   Tulis Konten Artikel Yang Segar dan Bermanfaat Agar Pembaca Selalu Merindukan Blog Anda

Demikian sekilas alur bagaimana konten marketing bisa mendorong penjualan produk atau jasa Anda dengan cara berbagi konten-konten yang menarik, informatif, dan dibutuhkan oleh calon pembeli Anda.

Konten Dahsyat Untuk Artikel Blog

Dengan memahami bahwa konten itu penting, sudah selayaknya blog yang Anda buat ini menampilkan konten-konten yang dahsyat yang bisa memikat semua pengunjung yang mampir dan menjadi pembaca di blog Anda.

Untuk menghasilkan konten yang dahsyat, konten artikel yang Anda tulis bagi blog Anda setidaknya haruslah memenuhi 2 syarat ini :
1. Berisikan tema yang disukai pembaca, dan
2. Sesuai dengan bidang keilmuan dalam tema blog Anda

Memang tidak mudah menemukan ide pembuatan konten blog yang bagus dan memenuhi dua kriteria tadi. Namun, Anda bisa menemukan sumber inspirasi untuk menulis artikel blog lewat 6 sumber inspirasi konten artikel blog yang disukai orang sebagai berikut :

Sumber ke-1 : Isu Yang Sedang Hot

Kalau Anda membaca media online, Anda sering mendapati bahwa beberapa media online ini memiliki kategori berita-berita yang sedang populer di berbagai bidang. Anda tinggal mencari artikel yang berkaitan dengan bidang tema blog Anda dan menggali inspirasi isu apa yang sedang populer saat ini.

Sumber ke-2 : Riset Kata Kunci

Jika Anda sedang bingung hendak menulis konten apa, Anda bisa mengetikkan satu atau dua kata di kotak pencarian google untuk mendapatkan petunjuk topik apa yang kemungkinan banyak dicari dan disukai orang.

Misalkan blog Anda adalah blog dengan tema kecantikan, Anda bisa mengetikkan satu atau dua kata saja, seperti kata “pemutih wajah”, dan akan muncul alternatif kata kunci yang lebih panjang untuk bisa Anda jadikan sumber penulisan konten blog Anda.

sumber inspirasi konten artikel blog dari pencarian google
Sumber Inspirasi Konten Artikel Blog dari Pencarian Google

Di gambar atas, muncul beberapa alternatif sumber penulisan bagi artikel blog Anda. Misalnya Anda bisa menulis mengenai “sumber pemutih wajah alami dari alam” atau mengenai “daftar produk pemutih wajah terbaik”. Nah, di dalam artikel ini, bisa saja Anda sisipkan produk pemutih wajah yang sedang Anda jual.

Baca juga :   Apa Itu Viral Marketing dan Bagaimana Penerapan Viral Marketing Untuk Blog dan Bisnis Anda?

Selain hasil alternatif yang muncul di kotak pencarian tadi, Anda juga bisa menggunakan alternatif hasil penelusuran terkait yang ada di bagian bawah hasil pencarian. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

ide artikel blog dari penelusuran terkait
Sumber Inspirasi Konten Artikel Blog dari Hasil Penelusuran Terkait

Dari riset kata kunci ini, Anda bisa mendapatkan beberapa alternatif ide untuk tulisan Anda. Tinggal pilih yang paling membawa inspirasi bagi Anda.

Dari contoh gambar di atas, Anda bisa menulis mengenai “krim pemutih wajah yang aman dan terdaftar di BPOM” misalnya.

Mudah bukan caranya? ^^

Sumber ke-3 : Teknik Mind Mapping

Teknik mind mapping adalah teknik memecah satu tema menjadi subtema yang menarik untuk ditelaah lebih lanjut. Dengan teknik ini, Anda bisa memecah satu tema sentral menjadi banyak subtema lain yang masih berkaitan dan bisa saling mendukung.

Jika Anda belum tahu cara menentukan tema blog, Anda bisa membaca artikel berjudul Menentukan Tema Blog ini.

Perhatikan gambar teknik mind mapping untuk mengembangkan tema “kesehatan” berikut.

sumber ide artikel blog dengan teknik mind mapping
Sumber Inspirasi Konten Artikel Blog Dengan Teknik Mind Mapping – sumber : www.tonybuzan.com

Teknik mind mapping membantu Anda mengeluarkan ide-ide yang seringkali muncul dengan acak di kepala Anda yang seringkali membuat Anda semakin bingung ketika hendak mencari ide untuk menulis artikel blog Anda. Dengan memanfaatkan teknik mind mapping untuk mengembangkan tema blog, Anda akan dengan mudah menuliskan ide-ide tadi menjadi cabang-cabang subtema yang bisa Anda kembangkan lebih lanjut menjadi ide artikel blog yang menarik.

Sumber ke-4 : Pengalaman Personal

Pengalaman personal Anda dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu sumber inspirasi penulisan konten blog. Tidak ada salahnya jika ada salah satu pengalaman hidup pribadi Anda yang masih berkaitan dengan tema blog Anda dijadikan sumber tulisan artikel blog Anda.

Agar artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman ini memiliki bobot yang baik, sebaiknya artikel ini ditulis dari sudut pandang yang relevan dengan tema blog Anda.

Misalnya, tema blog Anda adalah tentang keuangan dan suatu hari mengalami kejadian kesulitan melakukan transaksi keuangan lewat jaringan mesin ATM sebuah bank yang mendadak mati karena suatu hal. Nah, pengalaman ini bisa Anda tulis dari sudut pandang bagaimana kesiapan sebuah institusi keuangan besar dalam menghadapi musibah semacam itu.

Baca juga :   7 Kiat Ampuh Menulis Konten Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

Atau jika tema blog Anda adalah tentang manajemen, lewat peristiwa tadi Anda bisa membuat artikel tentang bagaimana perusahan tersebut melakukan langkah-langkah pemulihan dan tetap menjaga operasionalnya dalam melayani konsumennya meskipun dalam kondisi yang penuh tekanan.

Mudah bukan?

Sumber ke-5 : Inspirasi Dari Blog Lain

Untuk tema blog yang umum, seperti kesehatan, fashion, bisnis, keuangan, elektronika, dan lain sebagainya, akan banyak blog-blog lain yang memiliki tema serupa.

Blog-blog ini banyak yang sudah ada bertahun-tahun yang lalu dan sudah memiliki banyak pengunjung. Sesekali, carilah blog-blog lain dengan tema sejenis dan bacalah isi artikel di blog tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk sumber artikel yang akan Anda buat.

Kriteria blog yang boleh Anda pelajari isinya sembari mencari inspirasi adalah selain isinya berbobot, artikel-artikel penyusun blog itu pun ditulis dengan rutin dan masih terus bertambah hingga saat ini.

Sumber ke-6 : Ide Dari Buku dan Majalah

Seorang blogger yang baik haruslah memiliki minat baca yang tinggi. Dengan rajin membaca buku dan majalah yang berkaitan dengan tema dan bidang keahlian dari blog yang Anda yang buat, Anda bisa mendapat banyak sekali pengetahuan baru dan inspirasi untuk menulis konten yang segar yang mungkin disukai pembaca Anda.

Bisa juga sesekali Anda membahas isi buku tertentu yang memang erat kaitannya dengan bidang tema blog yang Anda buat.

DEMIKIAN, 6 sumber inspirasi artikel blog yang bisa mendatangkan ribuan visitor dan bisa menghasilkan uang dari internet.

Satu hal yang harus Anda ingat, seringkali penjualan terjadi bukan karena produknya bagus semata, tapi lebih karena si pembeli menyukai penjualnya. Oleh sebab itu, buatlah blog yang disukai oleh pembaca Anda, sehingga ketika Anda menjuali mereka sesuatu, mereka akan menaruh kepercayaan kepada Anda karena konten-konten artikel yang selama ini sudah banyak membantu mereka.

Kalau sudah cinta, dompet pun akan mudah terbuka. ^^

Selamat menulis konten yang dahsyat!

download ebook videobook gratis

5 thoughts on “6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>