5 Jenis Konten Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung

konten blog terbaik
5 Jenis Konten Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung

Artikel berjudul 6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog yang lalu banyak bercerita mengenai sumber-sumber yang bisa Anda pergunakan untuk mendapatkan ide bagi konten artikel blog. Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis konten blog yang bisa membuat pembaca Anda ketagihan.

Sebagaimana mungkin sudah Anda ketahui juga, di era konten marketing,

Content is King

Konten blog adalah hal utama yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin memiliki blog yang memiliki ribuan pengunjung dan menghasilkan uang dari internet.

Memang tidak mudah memikirkan isi konten apalagi jenis tulisan yang harus Anda tulis untuk blog Anda nantinya. Oleh sebab itu, artikel ini akan membimbing Anda menentukan jenis konten yang bisa Anda buat untuk konten blog Anda.

Setidaknya ada 5 jenis konten blog terbaik yang bisa Anda tiru model penulisannya.

#1 Jenis Konten Blog : Tutorial

Jenis konten ini menitikberatkan fokus isi artikel pada tutorial atau cara melalukan sesuatu secara detil langkah demi langkah. Artikel jenis ini sangat berguna bagi target pembaca yang memang sedang mencari solusi pembelajaran praktik di bidang tertentu yang sesuai dengan tema blog Anda.

Misalnya, Anda memiliki blog bertema busana muslim bagi wanita modern. Di blog Anda ini, Anda sesekali bisa menulis artikel mengenai tutorial mengenakan hijab lewat paduan tulisan dan gambar yang menarik. Bisa juga Anda menulis mengenai tutorial menghilangkan noda membandel di pakaian atau hijab tadi.

Tulis dengan runut dan rinci, sertakan gambar-gambar atau foto yang menarik, agar pembaca tidak kesulitan mencerna maksud tulisan Anda.

Jenis konten blog tutorial ini bisa sangat meningkatkan kepercayaan pembaca Anda dan akan membuat mereka datang kembali lagi untuk menantikan tutorial menarik lainnya dari blog Anda.

Baca juga :   7 Kiat Ampuh Menulis Konten Untuk Mendatangkan Ribuan Visitor

#2 Jenis Konten Blog : Informasional

Jenis konten blog informasional sifatnya hanya menyampaikan suatu informasi saja secara berimbang dari segi fakta dan opini. Namun, perlu diingat bahwa opini yang Anda bangun, haruslah berdasarkan pendapat profesional Anda terkait penilaian Anda sesuai bidang keilmuan yang relevan dengan tema blog dan tema tulisan Anda tadi.

Misalnya, jika blog Anda adalah blog mengenai pakaian muslim wanita, maka sesekali perlu Anda menulis mengenai model-model pakaian muslim yang sedang tren dan tetap syarii juga.

Nah, di artikel semacam ini, tulisan yang Anda buat haruslah menampilkan fakta dan pendapat pakar atau keilmuan yang mendasari mengapa model pakaian tadi selain tren, juga tetap sesuai syariah yang berlaku.

Jika Anda bukan pakar di bidang ini, tidak apa-apa. Anda bisa membaca referensi blog atau buku atau majalah yang memang kompeten di bidang tadi. Kemudian Anda tinggal menggabungkan ide dari berbagai sumber terpercaya tadi dalam rangkuman artikel konten blog Anda.

Lalu, isi artikel yang seperti apakah yang cocok ditulis untuk jenis konten blog informasional?

Tulislah jenis artikel yang membawa informasi yang krusial atau penting bagi pembaca Anda.

Jika Anda menganggap berbusana sesuai syariah itu penting, tulislah itu. Contoh lain, jika beberapa kenalan Anda mengalami kesulitan mencari jenis hijab yang adem (tidak bikin gerah) bagi yang sering beraktivitas di luar, maka jadikan hal tersebut sebagai ide tulisan konten blog Anda yang sifatnya informasional mengenai jenis-jenis bahan kain untuk hijab, dan mana yang cocok untuk aktivitas luar ruangan di bawah terik matahari.

Kira-kira demikian.

#3 Jenis Konten Blog : Profil

Konten blog berjenis Profil ditulis untuk membahas seorang atau beberapa orang tokoh yang berpengaruh di bidang yang selaras dengan tema blog yang Anda buat.

Baca juga :   Tulis Konten Artikel Yang Segar dan Bermanfaat Agar Pembaca Selalu Merindukan Blog Anda

Contohnya, dengan tema blog seputar busana muslim wanita modern, Anda bisa memilih profil seorang tokoh masyarakat yang menjadi penggiat busana muslimah yang syarii di kota Anda. Atau Anda bisa memilih menulis mengenai sosok pengusaha busana muslim yang mampu membawa tren berbusana muslim yang syarii dan mendapat tempat di hati anak-anak muda.

Siapapun sosok yang Anda tulis, pastikan Anda menulisnya dengan tujuan agar para pembaca Anda mendapatkan inspirasi kebaikan dari sepenggal kehidupan profil sosok yang Anda tulis tersebut.

#4 Jenis Konten Tulisan : Review Buku

Review atau resensi buku adalah salah satu jenis konten blog yang layak Anda pertimbangan untuk ditulis. Selain membawa informasi yang menarik, buku bisa menjadi sumber solusi yang dibutuhkan oleh pembaca blog Anda. Oleh sebab itu, dengan menampilkan review atau resensi sebuah buku yang menarik dan relevan dengan tema blog Anda, pembaca blog Anda bisa merasa terbantu dan bisa jadi merasa butuh membeli buku tadi.

Anda bisa membahas buku berjudul Berbusana Muslim Sesuai Dress Code – Okky Asokawati oleh penulis Threes Emir, jika blog Anda bertema seputar busana muslim muslimah modern. Dan tentu masih banyak buku yang bisa Anda bahas sesuai tema blog Anda.

Bedahlah buku tersebut melalui resensi isi, opini Anda, dan bagaimana buku tersebut bisa membantu pembaca-pembaca Anda mendalami tema atau topik tertentu yang mungkin memang sedang mereka cari solusinya.

Dengan demikian, Anda membantu mereka melalui tulisan konten blog Anda tersebut.

#5 Jenis Konten Blog : List atau Daftar

Konten blog jenis ini dapat dengan mudah Anda kenali dari judulnya yang biasanya diawali oleh angka. Misalnya, 5 Hal Yang Bisa Membuat Anda Tampil Menarik Dengan Busana Muslim atau 7 Panduan Memilih Jenis Hijab Yang Cocok Bagi Wanita Karir.

Baca juga :   3 Situs Download Gambar Gratis Yang Bisa Mendongkrak Jumlah Pengunjung Blog Anda

Jenis konten blog ini berisikan daftar sesuatu dengan jumlah tertentu yang menginformasikan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam oleh para pembaca blog Anda.

Beberapa tips jika hendak membuat konten blog berjenis List atau Daftar antara lain :

  1. Gunakan angka ganjil, sebagai jumlah daftar yang Anda tampilkan. Beberapa penelitian, menyebutkan angka ganjil menarik perhatian pembaca lebih banyak ketimbang angka genap. Angka 5, 7, dan 9 paling banyak disarankan sebagai permulaan angka judul artikel blog.
  2. Buat urutan List atau Daftar tadi dengan sistematis dan runut serta jelas bagi pembaca

DEMIKIAN, 5 jenis konten blog terbaik yang bisa Anda jadikan ide untuk mulai menulis blog yang menghasilkan uang dari internet.

Selamat menuangkan ide dalam tulisan! ^^

download ebook videobook gratis

One thought on “5 Jenis Konten Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>