6 FUNGSI DATABASE UNTUK MEROKETKAN OMZET BISNIS ONLINE ANDA

6 FUNGSI DATABASE UNTUK MEROKETKAN OMZET BISNIS ONLINE ANDA
6 FUNGSI DATABASE UNTUK MEROKETKAN OMZET BISNIS ONLINE ANDA

Dalam sebuah bisnis fungsi database sangat besar artinya, termasuk juga dalam bisnis online. Database ini dapat terdiri dari data kontak pribadi dari orang-orang yang merupakan prospek (calon pelanggan) baru ataupun para pelanggan lama Anda.

Kontak pribadi ini bisa dalam bentuk email, no HP, no WA, PIN BB, akun Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan lain sebagainya.

Mengapa fungsi database ini sangat penting dalam bisnis online  ?

Hal ini disebabkan karena database memiliki banyak sekali manfaat, antara lain :

1  .  Sarana Edukasi

Fungsi database yang pertama bagi para internet marketer adalah sebagai sarana edukasi para prospek mereka mengenai suatu hal atau topik yang erat dengan komoditi jualan mereka. Misalnya : internet marketer yang berjualan produk-produk suplemen fitness, menggunakan database mereka untuk menjelaskan mengapa punya berat tubuh yang ideal itu penting, bagaimana cara mendapatkan tubuh ideal, pentingnya suplemen dalam proses latihan mendapatkan tubuh ideal.

Proses edukasi sangat penting untuk meningkatkan awareness para calon pembeli. Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel saya yang berjudul 5 Jenis Trafik Berdasarkan Awareness (Kesadaran) , tidak semua calon pembeli aware (sadar) bahwa mereka punya masalah. Orang-orang yang termasuk prospek baru ini tidak tahu mereka bermasalah, jadi jika mereka langsung ditawari produk, tentu saja hasilnya sudah pasti tidak akan terjadi konversi penjualan.

2  .  Sarana untuk Membangun kedekatan dengan prospek

Fungsi database yang kedua adalah sebagai sarana untuk menjalin kedekatan antara para internet marketer / pebisnis online dengan prospeknya.

Anda bisa memperkenalkan diri dengan pantas lewat email atau grup, menjelaskan siapa Anda, apa keahlian Anda, apa value (nilai lebih) yang Anda tawarkan, apa produk yang Anda jual, apa kelebihan produk Anda, dan seterusnya.

Anda juga bisa memberikan konten-konten gratis yang berguna untuk prospek Anda lewat database yang Anda punya. Konten-konten (informasi, artikel, quote, dan sebagainya) gratis ini membuat mereka merasa terbantu, meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Anda, dan membuat Anda meningkat levelnya dari hanya seorang asing menjadi mentor dan kawan.

Sekali lagi saya ingin mengingatkan, jika dihadapkan kepada beberapa penjual, orang cenderung membeli kepada orang yang mereka lebih kenal, lebih dekat hubungannya.

3  .  Sarana Membangun Personal Branding

Secara singkat personal branding adalah sebagai pribadi seperti apa Anda ingin dikenal. Apa keahlian Anda ? Apa hal yang bisa diidentikkan dengan Anda ? Atau jika orang mendengar nama Anda, apa hal yang pertama yang mereka akan ingat ?

Contoh : Denny Santoso (digital marketer, praktisi fitness), Dewa Eka Prayoga (penulis, copywriting), Merry Riana (pengembangan diri), Sri Mulyani (Ahli Keuangan), Cristiano Ronaldo (Pesepakbola hebat, No 7) dan lain sebagainya.

Fungsi database yang satu ini memungkinkan Anda bisa secara konsisten mengingatkan dan menguatkan brand personal Anda. Salah satu caranya dengan membagi berbagai konten tentang suatu hal yang spesifik.

Spesifik di sini maksudnya fokus. Personal branding yang fokus akan lebih powerful. Jadi sebaiknya Anda pilih lebih dahulu mau dikenal punya kekuatan dan keahlian di bidang apa. Misalnya : Property, Keuangan, Saham, Pengembangan Diri, Facebook Ads, SEO, dan lain sebagainya.

Setelah itu fokuslah memberi konten yang sesuai dengan keahlian Anda. Lama-kelamaan Anda akan semakin identik dengan apa yang sering Anda bahas tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan dianggap ahli di bidang itu.

Saat seorang ahli mengungkapkan pendapat atau merekomendasikan produk, atau menjual sebuah produk, orang akan lebih percaya bahwa produk itu kualitasnya bagus, sehingga konversi penjualan jauh lebih besar kemungkinan terjadinya.

4  .  Berjualan

Fungsi Database yang utama bagi para pebisnis online adalah sebagai sarana untuk mengirimkan informasi penawaran suatu produk atau jasa.

Setelah Anda melakukan sharing-sharing yang berisi berbagai informasi dan pengetahuan mengenai topik yang menjadi fokus Anda. Anda bisa memulai memperkenalkan produk atau jasa yang Anda jual.

Dengan memanfaatkan database, Anda bisa mengirimkan informasi mengenai masalah yang mungkin dihadapi prospek Anda, bagaimana alternatif solusinya, produk atau jasa apa yang bisa dijadikan solusi (produk dan jasa yang Anda jual).

Anda bisa mengirimkan informasi mengapa produk atau jasa Anda itu adalah solusi terbaik untuk masalah prospek Anda. Sebutkan kelebihan-kelebihannya, dan yakinkan mengapa mereka harus beli dari Anda bukan dari penjual yang lain, berikan bonus-bonus yang menarik.

5  .  Database adalah aset digital Anda

Fungsi database yang selanjutnya adalah sebagai salah satu bentuk aset digital bagi para pebisnis online. Aset adalah sesuatu yang punya kemampuan untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Rumah kos, deposito, saham, emas, dan reksadana mungkin adalah beberapa aset yang Anda sudah pernah kenal.

Database kontak juga adalah sebuah aset. Semakin besar dan banyak database kontak Anda, semakin besar kemungkinan Anda bisa menjual sesuatu.

Anda bisa saja menjual barang atau jasa yang berbeda kepada database yang sama. Jika mereka memang membutuhkan barang itu, mereka akan membelinya dari Anda.

Hal ini bisa terjadi sekali lagi karena mereka sudah pernah merasakan membeli dari Anda. Anda sudah terbukti dapat dipercaya, bisa karena memang produk atau jasa Anda memang mereka rasakan manfaatnya, atau karena memang pelayanan Anda yang nomor satu.

Mereka tidak lagi bertanya-tanya, “Apa ini penipuan ya ?” , “Barang ini benar-benar bagus atau tidak ya ?” , “Uang saya aman tidak ya?” dan berbagai pertanyaan bernada tidak percaya dan keraguan lainnnya.

Jika dibandingkan harus membeli dari orang lain yang menjual barang yang sama, maka Anda sebagai penjual yang sudah mereka kenal (familiar) memiliki keunggulan yang sangat besar.

Database adalah mesin uang Anda. Saat Anda membutuhkan uang, Anda dapat berjualan sesuatu kepada database Anda.

Setelah Anda sharing dan memberikan manfaat untuk database Anda, maka kemungkinan terjadinya penjualan jauh lebih besar daripada berjualan secara acak kepada orang-orang baru.

6  .  Sarana survey produk atau Jasa yang benar-benar dibutuhkan konsumen

Menurut Anda mana yang lebih mudah ?

Menjual apa yang Anda ingin jual, atau menjual apa yang orang-orang butuhkan ?

Ya, Anda benar sekali. Jawabannya tentulah menjual apa yang banyak dibutuhkan orang banyak.

Tidak ada yang salah dengan menjual barang yang ingin Anda jual.

Tapi sayangnya apa yang Anda jual belum tentu apa yang prospek Anda butuhkan. Belum tentu barang yang ingin Anda jual itu banyak demand (permintaan) nya.

Saat penawaran suatu barang atau jasa bertemu dengan permintaan, maka besar kemungkinan barang atau jasa tersebut akan laku. Jika hanya ada salah satu, transaksi tidak bisa terjadi.

Fungsi database yang satu ini memungkinkan Anda memiliki sarana untuk menggali apa yang saat ini benar-benar dibutuhkan prospek Anda.  Anda bisa bertanya barang atau jasa apa saja yang saat ini benar-benar dibutuhkan orang-orang di dalam database Anda.

Anda juga bisa mengetes apakah sebuah produk atau jasa itu banyak peminatnya atau tidak, dengan mengajukan pertanyaan seperti ini, “Hai, teman-teman saya punya produk baru, minuman peningkat stamina A, kira-kira ada yang mau ga ya kalau saya kasih gratis ? Like, comment, dan share ya jika Anda ingin termasuk ke dalam 5 orang beruntung mendapatkan produk ini secara gratis.”

Anda bisa melihat seberapa besar animo orang yang menginginkan produk tersebut lewat tanggapan (banyaknya engangement (like, comment, dan share)) yang muncul. Jika banyak kemungkinan besar produk ini laku dijual, jika tidak Anda tidak perlu berlama-lama berkutat di produk itu, move on dan coba ganti dan tes produk lainnya.

Contoh pertanyaan yang lain  ” Hai teman-teman, saya punya 3 desain T-Shirt, mana yang menurut kalian paling keren ?”

Fungsi Database ini membuat Anda bisa melihat mana desain yang paling disukai dari tanggapan teman-teman di database Anda secara gratis.

Database adalah milik Anda, Anda bisa mengirimkan pesan dalam bentuk message inbox atau email secara gratis ke semua orang di daftar kontak Anda.

Anda sebenarnya juga bisa melakukan ini lewat Ads (iklan), tapi tentunya Anda harus menyediakan budget untuk melakukan ini.

Dari penjelasan mengenai kegunaan database di atas, Anda bisa memahami betapa pentingnya fungsi database dalam kehidupan seorang internet marketer atau pebisnis online.

Dalam artikel berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara yang jitu untuk mulai membangun database Anda sendiri.

Jadi tunggu artikel saya berikutnya ya !

Salam sukses untuk Anda semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>