Cara Membuat Blog Sendiri

cara membuat blog sendiri
Cara Membuat Blog Sendiri

Cara Membuat Blog Sendiri. Untuk merealisasikan niatan Anda membuat blog yang menghasilkan uang, tahap pertama yang adalah dengan cara MEMBUAT BLOG SENDIRI terlebih dahulu. Nah, artikel ini akan memandu Anda tahap demi tahap cara membuat blog sendiri yang akan menjadi sarana bagi Anda menghasilkan uang dari internet.

Sebelum masuk ke pembahasan teknis tahapan cara membuat blog sendiri, saya akan ajak Anda memahami gambaran singkat hal-hal yang harus Anda siapkan sampai kemudian Anda bisa mulai masuk ke langkah teknis membuat blog Anda sendiri.

 

Pemahaman Sederhana

Tahap awal dari cara membuat blog sendiri, Anda memerlukan nama (domain) blog dan tempat (hosting) untuk menaruh file blog Anda tersebut.

Jika BLOG anda diibaratkan RUMAH, maka :

Domain (nama) adalah ibarat ALAMAT RUMAH yang bisa diakses oleh setiap TAMU (pengunjung blog) di internet yang sering dituliskan sebagai http://namadomain.com dan sebagainya.

Hosting adalah ibarat sepetak KAVLING TANAH yang dirujuk oleh ALAMAT (nama domain) yang sudah Anda pilih sebelumnya. Di sepetak KAVLING TANAH (hosting) inilah Anda akan membangun RUMAH (Blog Anda).

Jadi, jika Anda hendak membangun RUMAH (blog), maka Anda perlu membeli sepetak TANAH KAVLING (hosting) dan memberikan ALAMAT (domain) terlebih dahulu agar TAMU-TAMU (pengunjung blog) Anda nantinya bisa dengan mudah menemukan RUMAH (blog) Anda tadi.

Setelah, hosting (TANAH) dan domain (ALAMAT) sudah Anda miliki, saatnya Anda meng-install platform blog (PONDASI RUMAH) Anda. Selanjutnya, Anda tinggal memilih theme atau tema tampilan blog (BENTUK TAMPILAN RUMAH) Anda sesuai selera. Setelah itu, silakan mengisi blog (RUMAH) Anda tadi dengan konten-konten artikel (ISI RUMAH misal : FURNITURE) yang bermutu sehingga para pengunjung blog (TAMU) Anda betah berlama-lama menikmati konten blog (ISI RUMAH) Anda.

Setiap pengunjung blog (TAMU) disebut dengan istilah visitor. Kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung blog disebut dengan istilah visit (BERTAMU). Setiap visitor (TAMU) bisa melakukan visit (BERTAMU) berkali-kali ke blog (RUMAH) Anda.

Tujuan setiap pemilik blog adalah menarik Visitor (TAMU) sebanyak mungkin dan membuat para visitor ini melakukan visit (BERTAMU) berkali-kali ke blog Anda. Semakin ramai pengunjung blog Anda, tentu semakin mudah jika Anda memiliki rencana menjual sesuatu di blog Anda ini.

Hosting

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa hosting adalah penyedia jasa layanan penyimpanan data di internet dalam bentuk server tempat menyimpan data website blog yang hendak dibuat.

Jenis hosting untuk blog ada 2 macam, yakni :

1. Hosting Gratis

Di hosting gratisan, Anda bisa membuat blog gratis. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ruang penyimpanan data blog Anda secara gratis sampai dengan batas ukuran tertentu. Beberapa contoh hosting gratisan antara lain seperti wordpress.org, blogspot.com, kompasiana.com, detik.com, dan lain sebagainya.

Kelebihannya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang karena memang pengelola jasa menyediakannya gratis bagi Anda. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak memiliki kebebasan untuk mengelolanya.

Seringkali, jika memang blog yang Anda buat di hosting gratisan ini ternyata ramai pengunjung, pihak pengelola seringkali menempatkan iklan-iklan tertentu yang mungkin kurang nyaman bagi Anda.

Selain itu, di hosting gratisan, nama blog (nama domain) yang Anda buat biasanya memiliki ciri tambahan nama jasa pengelolanya, misalnya : bloganda.wordpress.com atau bloganda.kompasiana.com.

Membuat blog di hosting gratis akan dibahas lain waktu di artikel lain di blog ini. ^^

2. Hosting Berbayar

Hosting jenis ini mengharuskan Anda membayar sejumlah uang berlangganan setiap bulan atau setiap tahun untuk fasilitas penyimpanan data blog Anda dengan batasan ukuran tertentu.

Berbeda dengan hosting gratis, hosting berbayar ini memiliki kelebihan dalam bentuk keleluasaan pengelolaan untuk Anda lakukan sendiri, walaupun masih dalam batasan tertentu.

Harga sewa jasa hosting ini bisa bervariasi tergantung kualitas dan kuantitas server yang Anda sewa. Contoh jasa hosting berkualitas adalah niagahoster.co.id atau idwebhost.com.

 

Domain

Sudah dijelaskan sebelumnya, domain itu adalah nama yang menunjukkan alamat website atau blog kita di internet.

Nama domain itu unik, sehingga tidak mungkin ada dua nama domain yang sama merujuk pada dua website atau blog yang berbeda. Domain bisa Anda manfaatkan sebagai sarana pendongkrak rangking SEO blog Anda jika Anda tahu caranya.

Baca juga :   5 Jenis Konten Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung

Beberapa tips memilih nama domain yang baik dan sekaligus membantu untuk menaikkan skor SEO blog Anda :

  1. Pilih nama domain yang sesuai dengan tema blog yang Anda pilih. Jika blog Anda temanya adalah tentang bercocok tanam dengan cara hidroponik, Anda bisa menggunakan nama domain seperti : hidroponik.com atau tanamanhidroponik.com
  2. Pilih nama domain yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual. Jika Anda memiliki blog bertema hidroponik tadi dan memiliki rencana menjual nutrisi untuk tanaman hidroponik, Anda bisa memilih nama blog seperti : nutrisihidroponik.com atau jualnutrisihidroponik.com
  3. Gunakan Google Keyword Planner untuk menentukan kata kunci (keyword) yang cocok sebagai nama domain blog Anda sesuai dengan tema blog atau nama produk/jasa tadi.
  4. Pilih domain berakhiran “.com” karena selain lebih populer, nama domain berakhiran “.com” inipun memiliki nilai rasa jual yang lebih tinggi.
  5. Sebisa mungkin gunakan nama domain yang sama dengan nama akun sosial media untuk produk atau jasa yang Anda, jika Anda memiliki akun sosial media di Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.
  6. Jika Anda belum memiliki akun sosial media yang khusus untuk menjual produk atau jasa tadi, Anda bisa menggunakan alat pencari ketersediaan nama domain sekaligus nama akun sosial media yang masih bisa Anda gunakan, seperti : Namecheckr di https://www.namecheckr.com/ atau atau Namechk di https://namechk.com/.
  7. Usahakan nama domain yang Anda pilih itu singkat, jelas, dan mudah diingat, sehingga jika pembaca blog Anda suatu saat hendak mengakses blog Anda kembali mereka tidak perlu repot-repot mencari di pencarian google.
  8. Setelah Anda memiliki beberapa alternatif nama domain untuk dipilih, Anda bisa mengecek ketersediaan nama domain tersebut di perusahaan penyedia layanan hosting dan nama domain. Jika nama domain yang Anda pilih tersedia, silakan segera beli sebelum keduluan orang lain.
  9. Jika nama domain tadi sudah Anda beli, tapi Anda belum memiliki akun sosial media khusus untuk berjualan, segera buat akun sosial media di Facebook, Instagram, dan lainnya sama seperti nama domain Anda supaya tidak keburu diambil orang lain.

Memilih Blog Platform

Tahap berikutnya dari cara membuat blog sendiri, setelah menentukan hosting dan nama domain, adalah memilih Blog Platform (platform blog) yang Anda mau di server hosting yang Anda telah sewa.

Apa itu blog platform?

Blog platform adalah seperangkat layanan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan konten atau artikel tulisan dalam bentuk blog. Platform layanan ini seringkali tersedia dalam bentuk aplikasi CMS (Content Management System) yang memudahkan penggunanya dalam pengelolaan ribuan konten tulisan maupun media gambar bahkan video sekalipun.

Blog platform kebanyakan gratis dan memiliki banyak tampilan tema (theme) yang variatif. Beberapa blog platform yang cukup populer antara lain : WordPress, Blogger, Tumblr, Blog.com, dan Medium.com.

Dari banyak alternatif platform blog, penulis merekomendasikan penggunaan blog platform WordPress sebagai salah satu blog platform terbaik di dunia.

Mengapa Wordrpress adalah platform blog terbaik? Ada beberapa alasan yang mendasarinya, antar lain :

  1. WordPress menyediakan platform blog gratis bagi penggunanya.
  2. Memiliki koleksi ribuan theme (tema tampilan) yang menarik dan gratis pula.
  3. Menyediakan berbagai dukungan gratis dalam bentuk upadate berkala, fitur keamanan yang mumpuni, fungsi backup, dan kemampuan spam filter.
  4. Ribuan plugin gratis yang menyediakan berbagai fungsi tambahan untuk mendukung kinerja blog Anda.
  5. Salah satu plugin SEO yang dimiliki WordPress, memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk menghasilkan konten-konten artikel dengan bobot nilai SEO yang bagus.

Cara Membuat Blog Sendiri di WordPress

Nah, setelah Anda paham garis besar pemahaman singkat apa itu BLOG, dan sudah melakukan persiapan berupa : memilih perusahaan jasa layanan hosting dan domain, memilih nama domain, dan memilih platform blog yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah menyelesaikan langkah teknis agar blog Anda benar-benar terwujud.

Langkah Teknis #1 : Register ke Perusahaan Jasa Layanan Hosting dan Domain

Jika sampai saat ini Anda belum memiliki referensi perusahaan hosting bagus di Indonesia, ada 2 alternatif yang bisa Anda jadikan pilihan.

Baca juga :   6 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Alternatif #1 : IDWEBHOST.COM

Idwebhost.com menyediakan layanan sewa hosting dan domain dengan harga terjangkau dengan kualitas pelayanan yang prima. Jika Anda baru memulai memiliki sebuah blog, idwebhost.com ini tempat yang cocok bagi Anda untuk membeli layanan hosting dan pembelian nama domain.

Di sini, Anda akan mendapati layanan chat dengan Customer Service dengan respon yang cepat untuk membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan cara membuat blog sendiri.

Alternatif #2 : NIAGAHOSTER.CO.ID

Jika Anda memiliki rencana memiliki lebih dari 1 buah blog, dan sudah agak paham teknis pembuatan blog, penulis menyarankan Anda untuk membeli hosting dan domain di Niagahoster.co.id, meskipun agak mahal biaya totalnya, akan tetapi jumlah total kapasitas yang ditawarkan sangat besar, sehingga harga per MB-nya sangat-sangat murah sekali. Selain itu fitur-fitur seperti domain gratis selamanya betul-betul membuat harga awal tadi menjadi murah sekali.

Kekurangannya Niagahoster salah satunya adalah respons Customer Service yang kurang responsif alias lama antriannya, mungkin karena kebanyakan pelanggan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda sudah memiliki sedikit pengalaman dan pengetahuan dalam cara membuat blog sendiri agar tidak sedikit-sedikit bertanya ke Customer Service.

## Membeli Sewa Hosting dan Nama Domain

Untuk membeli hosting, Anda cukup memilih paketan hosting yang ditawarkan oleh Perusahaan Penyedia Layanan Hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah proses pemesanan dan pembayaran Anda bereskan, dalam waktu yang tidak terlalu lama biasanya Anda akan menerima email konfirmasi bahwa Anda sudah memiliki akses khusus ke server hosting dengan alamat nama domain yang Anda pilih sebelumnya.

Di email konfirmasi tadi, biasanya juga terdapat informasi rahasia berupa akses ke cpanel server hosting, yakni layanan untuk mengelola server hosting Anda.

Langkah Teknis #2 : Masuk (Login) ke cPanel

Setelah proses pembayaran dan aktivasi akun hosting dan domain yang Anda beli sudah selesai, Anda akan diberikan akses ke ruang khusus pengelola melalui cPanel.

cPanel adalah layanan antarmuka yang bisa Anda gunakan untuk mengelola segala hal terkait dengan server hosting yang Anda sewa.

Di cPanel, Anda bisa mengelola database, fitur keamanan, email, menambahkan file-file, dan Anda juga bisa melakukan instalasi blog lewat cPanel ini.

Untuk mengakses cPanel, cukup ketikkan http://namadomain.com/cpanel/ di browser yang Anda gunakan.

cara membuat blog sendiri - login cpanel
login cPanel

Hampir setiap jasa layanan hosting menyediakan panduan lengkap untuk mengakses cPanel. Jadi, jika Anda bingung hendak mengakses sesuatu di situ, silakan hubungi perusahaan tempat Anda menyewa hosting dan mintalah panduan untuk cPanel agar Anda memahami tahapan cara membuat blog sendiri.

Langkah Teknis #3 : Install WordPress via Softaculous

Setelah Anda masuk ke dalam cPanel server hosting Anda, silakan cari bagian Softaculous Apps Installer (biasanya di bagian bawah). Di situ, Anda akan melihat logo WordPress sebagai penanda script instalasi otomatis untuk blog engine WordPress.

softaculous installer untuk membuat blog sendiri
Softaculous Apps Installer

Klik saja logo WordPress tersebut, dan Anda akan dibawa masuk ke tampilan awal untuk instalasi blog WordPress Anda. Klik Install Now untuk memulai proses instalasi.

membut blog wordpress dengan softaculous
Script Instalasi WordPress di Softaculous

 

Langkah Teknis #4 : Masuk ke Admin Area Blog Anda

Setelah blog Anda terinstal, Anda bisa mencoba mengakses http://namabloganda.com dan mendapati bahwa blog Anda sudah bisa dilihat bentuk utuhnya.

Namun, blog tersebut baru lahir, belum memiliki konten apa-apa dan belum memiliki fungsi-fungsi pendukung lain yang bisa membuat blog Anda lebih nyaman bagi pengunjung, mendukung rencana jualan Anda, dan disukai oleh Google.

Untuk mengatur isi dan tampilan blog, Anda bisa masuk ke bagian administrasi blog Anda dengan mengakses http://namabloganda.com/wp-admin.

Segera login di situ sesuai dengan nama akun dan password yang sudah Anda buat selama proses instalasi sebelumnya.

login panel wp-admin wordpress
Tampilan wp-admin di Login Panel WordPress

Jika login berhasil, maka Anda akan dibawa ke bagian dalam blog Anda, yakni di bagian Dashboard blog WordPress.

tampilan dashbord wordpress
Tampilan Dashboard WordPress

Di dalam Dashboard, tersedia berbagai tautan menu untuk pengaturan blog Anda, dari mulai pengaturan keamanan, konten, kategori, halaman, tampilan depan blog, dan lain sebagainya.

Baca juga :   Apa Itu Viral Marketing dan Bagaimana Penerapan Viral Marketing Untuk Blog dan Bisnis Anda?

Langkah Teknis #5 : Ubah Theme (Tampilan Blog) Sesuai Selera Anda

Salah satu tips agar blog Anda disukai oleh pengunjung dan Google, pilihlah tampilan theme yang responsif dan mobile friendly. Saat ini, kebanyakan orang mengakses internet menggunakan smartphone mereka. Oleh sebab itu, jika tampilan blog Anda tidak menggunakan desain theme yang ramah terhadap smartphone dan tablet, ada kemungkinan Anda akan sulit mendapatkan rangking yang bagus di Google.

Hal lain yang bisa terjadi jika tampilan blog Anda tidak ramah bagi smartphone adalah tampilannya akan berantakan dan membuat pembaca tidak betah berlama-lama di blog Anda. Hal ini adalah kerugian yang besar jika benar ini terjadi di kemudian hari.

WordPress sendiri memiliki banyak komunitas yang mendukung dengan menyediakan theme-theme gratis yang mobile friendly dan responsif serta gratis dengan tampilan yang bagus sekali yang sering dimanfaatkan banyak orang sebagai bagian dari cara membuat blog sendiri.

Beberapa sumber theme gratisan blog WordPress bisa Anda temukan di pencarian Google dengan mengetikan keyword seperti : “wordpress free blog mobile responsive theme“.

theme wordpress gratis mobile responsive
Mencari Theme WordPress Gratis Yang Mobile Friendly dan Responsif

Buka website-website terkait yang muncul di hasil pencarian tadi, dan silakan Anda pilih-pilih alternatif theme yang Anda sukai.

Setelah itu silakan kembali ke Dashboard -> Appearance -> Theme -> Add New. Di sini Anda bisa mencari nama theme yang Anda ingin pasang di blog Anda di kotak pencarian.

tambah theme wordpress mobile responsive
Menambahkan Theme Baru Yang Mobile Responsive dan Mobile Friendly

Setelah Anda menemukan Theme yang Anda inginkan, klik saja Install di theme tersebut agar tampilan blog Anda berubah sesuai dengan theme yang Anda kehendaki.

Langkah Teknis #6 : Instal Plugin Yang Diperlukan

Setelah tampilan blog Anda menjadi indah dan mobile responsive, langkah selanjutnya adalah menambahkan berbagai fungsi pendukung kinerja blog Anda. Fungsi pendukung ini seringkali dinamakan Plugin.

Plugin adalah komponen perangkat lunak yang memiliki fungsi spesifik dan memiliki fitur khusus yang memberi tambahan kemampuan pada blog Anda.

Gambaran mudahnya begini, misal Anda ingin menampilkan data statistik harian pengunjung blog Anda, maka Anda perlu menginstal plugin yang memiliki fungsional terkait statistik ini.

Beberapa plugin yang direkomendasikan untuk mendukung kinerja blog Anda ketika Anda belajar cara membuat blog sendiri, antara lain :

  1. Jetpack, untuk mengetahui statistik blog Anda
  2. Akismet, untuk menangkal spam
  3. Google XML Sitemap, untuk menghasilkan Peta Situs (sitemap) bagi Google
  4. WP Super Cache, untuk mengoptimalkan kecepatan tampil blog Anda bagi pengunjung
  5. ShareThis, menyediakan sarana berbagi di sosial media bagi para pengunjung Anda
  6. Yoast SEO, untuk memandu Anda membuat skor SEO konten artikel blog Anda optimal
  7. dan masih banyak lagi

Anda bisa menginstal plugin sesuai kebutuhan Anda tentunya, caranya masuk ke Dashboard -> Plugin -> Add New. Tinggal cari plugin yang sesuai kebutuhan Anda di situ dan klik Install Now.

plugin penting bagi blog wordpress
Plugin Yang Penting Bagi Blog WordPress

Langkah Teknis #7 : Tulis Artikel Pertama Anda

Artikel adalah hal paling utama yang harus ada di blog Anda. Nah, untuk memulai menulis artikel, Anda bisa langsung menuliskannya di Dashboard -> Posts -> Add New.

menambah artikel di blog wordpress
Menambahkan Konten Artikel di Blog WordPress

Selain informatif, artikel yang Anda tulis haruslah juga mengikuti kaidah-kaidah SEO dari Google agar memiliki skor SEO yang tinggi dan bisa menduduki halaman pertama di halaman pencarian untuk kata kunci tertentu.

Panduan SEO untuk artikel blog akan saya tulis di artikel lain yang berjudul SEO Untuk Blog Dengan Trafik Ribuan Visitor.

DEMIKIAN, langkah cara membuat blog sendiri yang bisa Anda lakukan.

Banyak penyederhanaan yang dibuat dalam penulisan yang dilakukan di artikel ini. Jika Anda ingin lebih jelasnya, silakan tonton video lengkap tentang cara membuat blog sendiri dengan terlebih dulu mendownloadnya bersama bonus beberapa video panduan lainnya bagi Anda di VideoBook GRATIS Panduan Bisnis Online Bagi Pemula.

Selamat belajar cara membuat blog sendiri! ^^

download ebook videobook gratis

2 thoughts on “Cara Membuat Blog Sendiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>