4 NICHE SUPER (Trik Memilih Niche Untuk Anda yang Tidak Punya Ide)

4 niche super
4 NICHE SUPER (Trik Memilih Niche Untuk Anda yang Tidak Punya Ide)

Dalam artikel Saya sebelumnya yang berjudul NICHE IS NICE (TRIK MENENTUKAN CERUK PASAR YANG TEPAT)  saya sudah menjelaskan apa itu NICHE (ceruk pasar). Nah di artikel kali ini saya ingin mengajak Anda berkenalan dengan 4 niche super dan trik memilih niche untuk Anda yang tidak punya ide jualan sama sekali.

Beberapa dari Anda mungkin sudah bisa membayangkan kira-kira produk atau jasa apa yang ingin Anda pasarkan.

Bagi Anda yang punya minat dan pengetahuan  / keahlian / pengalaman mungkin dengan cepat bisa menemukan produk dan jasa apa yang dibutuhkan target market Anda.

Anda juga mungkin sudah bisa membayangkan siapa saja yang akan jadi target market Anda.

Tapi beberapa dari Anda mungkin kebingungan, Anda tidak punya hobi yang spesifik, Anda juga mungkin tidak percaya diri dengan pengetahuan atau keahlian Anda.

Beberapa dari Anda mungkin benci pekerjaan Anda sekarang jadi ingin mencoba sesuatu yang baru.

Lalu kira-kira produk atau jasa dari NICHE apa yang bisa Anda pilih ???

Jika Saya di posisi Anda, Saya akan memilih NICHE yang sudah jelas ada pasarnya / ada kebutuhannya.

Berikut ini 4 NICHE SUPER yang pasarnya besar dan kebutuhannya selalu ada, tetap, bahkan meningkat :

 1 .  FASHION

Apa yang Anda bayangkan saat mendengar Fashion, beberapa dari Anda mungkin berpikir baju.

Tapi Saya sampaikan dunia fashion luas sekali tidak terbatas hanya baju atasan dan bawahan seperti celana atau rok.

Segala sesuatu yang dipakai orang dari ujung kepala sampai ujung kaki bisa digolongkan ke dalam Fashion.

Topi, hiasan rambut seperti pita dan bando, perhiasan (anting-anting, kalung, bros), syal, kemeja, T-shirt, Blouse, rompi, Bra, kaos dalam, celana pendek, celana panjang (jeans, chino, dan lain-lain), rok, sarung, sepatu, lingerie (pakaian dalam wanita), celana dalam, kaos kaki, sepatu, sandal, baju sport, baju renang, kacamata, jas, dan sebagainya.

Baca juga :   CUSTOMER PERSONA (MENENTUKAN TARGET MARKET ANDA)

Itu baru itemnya. Satu item misalnya jaket saja ada banyak variannya : jaket parasut, jaket motor, jaket kulit, dan sebagainya.

Edannya semua itu ada yang beli, ada pengusaha yang kaya dari semua item itu.

Setiap orang butuh pakaian, sandang adalah salah satu kebutuhan primer.

Oleh karena itu, kebutuhan di dunia ini tidak pernah sepi.

Satu item dari industri Fashion bisa jadi satu perusahaan sendiri. Ada pabrik khusus pakaian dalam, ada pabrik khusus T-shirt, dan sebagainya.

Anda bisa coba masuk dan memilih NICHE ini jika Anda belum punya ide sama sekali.

2 . OBAT-OBATAN (bukan untuk penyakit yang kritis atau mengancam jiwa)

Obat-obatan adalah salah satu NICHE SUPER yang selalu ada permintaannya.

Obat-obatan yang Saya maksud di sini adalah obat-obatan yang menjadi solusi dari masalah kesehatan manusia.

Manusia ingin sehat dan ingin tampil prima. Ada yang ingin punya berat badan ideal, langsing, tampil perkasa di ranjang, ingin bertambah tinggi, ingin segera memiliki keturunan, ingin menurunkan kolesterol, sembuh dari diabetes, dan sebagainya.

Anda mungkin pernah mendengar Obat pemutih, penghalus, pemanjang, pembesar, penyubur, peninggi, penguat, penurun kolesterol, jantung, dan sebagainya.

Obat-obatan ini bisa obat-obatan herbal maupun yang dibuat di pabrik obat.

Saran saya cari supplier yang menyediakan obat yang original (ORI) jika memang Anda memilih niche obat ini sebagai pilihan jualan Anda.

Perhatikan testimoni dari para pembelinya, pastikan jauh lebih banyak komentar yang positif daripada yang negatif.

Anda juga harus mempelajari apa pengaruh obat ini, apakah ada efek sampingnya, bagaimana penggunaan obat yang benar. Singkatnya pelajari product knowledge nya.

Pastikan tidak ada efek yang membahayakan dari penggunaan obat tersebut. Jauh lebih bagus lagi kalau obat ini sudah memiliki ijin dari BPOM.

3 . HOBI (BARANG-BARANG HOBI / FANS)

Barang-barang atau merchandise yang terkait suatu HOBI tertentu biasanya selalu akan dicari oleh para fans atau penggemar dan pelaku hobi tersebut.

Baca juga :   DROPSHIP DI TOKO ONLINE ANDA SENDIRI (situs / website pribadi)

Setiap hobi pasti punya kebutuhan atau peralatan yang dipakai.

Misal : Hobi memancing, akan selalu ada kebutuhan untuk alat pancing, kursi pancing, umpan, dan sebagainya.

Hobi sepakbola akan menimbulkan kebutuhan akan jersey (kaos dan celana tim sepakbola), sepatu bola, kaos kaki bola, deker (pelindung tulang kering), dan bola sepak.

Kesukaan bermain mobil-mobilan TAMIYA atau HOT WHEELS akan membuat pasar untuk mobil-mobilan diecast dan TAMIYA.

Selain Hobi yang dilakukan , NICHE ini juga melingkupi merchandise fans dari suatu hal yang diidolakan atau disukai. Hal yang disukai ini bisa dalam bentuk FILM, KLUB OLAHRAGA, atau seorang TOKOH yang terkemuka.

Contoh : Film Harry Potter adalah salah satu film yang punya FANS yang FANATIK. Mereka membeli replika tongkat sihir, baju penyihir, kalung Horcrux, syal ASRAMA (Ada 4 ASRAMA yang punya warna ciri khas masing-masing), T-Shirt dengan lambang ASRAMA atau tulisan mantra yang ada di Novel atau Film Harry Potter.

MANCHESTER UNITED (MU) adalah salah satu klub sepakbola yang memilki jumlah Fans terbesar di dunia.

Selama MU masih berdiri, akan selalu ada kebutuhan untuk JERSEY (Seragam klub dengan nama pemain), merchandise dengan gambar-gambar bintang klub atau lambang klub (mug, action figure, T-Shirt, Custom Case, Syal, banner, video games, dan poster.

Klub-klub sepakbola yang besar sudah ada sejak satu abad yang lalu, mereka masih bertahan sampai sekarang. Akan selalu ada pasar di sini, karena biasanya orang tua yang nge-fans pada sebuah klub tertentu akan menurunkan atau mengajarkan anaknya untuk juga mencintai klubnya itu.

NARUTO adalah sebuah film seri anime yang berkisah tentang petualangan ninja bernama NARUTO. NARUTO memiliki banyak sekali fans. Ada kebutuhan untuk kostum,  pernak-pernik NARUTO, T-Shirt, video games, komik, film, custom case, dan sebagainya.

Baca juga :   6 Jenis Produk Penetrasi Yang Bisa Memikat Hati Calon Pembeli Anda

4. BARANG-BARANG UNIK

Barang-barang unik karena biasanya punya suatu karakteristik yang khas.

Bisa dari bentuknya yang menarik atau karena kegunaanya.

Barang ini biasanya ada trennya, jadi biasanya ada waktu produk ini sedang ngetrend dan dicari di mana-mana karena orang-orang ingin terlihat kekinian. Dan ada waktunya permintaan barang ini juga menurun.

Tidak ada patokan berapa harga yang tepat untuk barang-barang di NICHE ini. Harga ditentukan oleh marketing, kebutuhan, dan persaingan.

Contoh : Spinner saat awal-awal tren berharga lebih dari 200 ribu rupiah, tapi karena HIT jadi tren mulai bermunculan para penjual baru, harga mulai turun, sampai akhirnya barang ini trennya sudah lewat, supply nya terlalu banyak, permintaannya sedikit, harga jadi sangat murah.

Contoh lain : Squishy, batu akik, tongsis, self stirring mug, dan sebagainya.

Tugas Anda yang memilih berjuang di NICHE ini untuk berusaha memanfaatkan tren ini dan berjualan.

Anda harus jeli dalam mengamati tren ini.

Kalau Anda masuk di saat tepat keuntungannnya akan sangat menjanjikan.

Anda mungkin bertanya di mana saya bisa mendapatkan produk-produk dari 4 NICHE ini ??

Anda bisa mendapatkan barang-barang ini dari supplier di Marketplace. Coba install aplikasi market place di smart phone Anda dan silakan browsing barang-barang apa saja yang penjualannya terbanyak, hotlist, atau masuk dalam kategori Best Seller.

Untuk hasil yang lebih fokus coba cari produk-produk best seller di dalam sebuah kategori tertentu, misal best seller di kategori Fashion, sepatu.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang saat ini sedang kebingungan dalam memilih niche dan mencari produk untuk dijual.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>