GRATIS JUALAN DI FACEBOOK ??

jualan di facebook
Gratis Jualan di Facebook ??

Gratis jualan di facebook alias FREE atau gak bayar ? Apa itu mungkin di jaman sekarang ini?

Apakah kita bisa berjualan di Media Sosial atau pada khususnya Facebook secara gratis ?

Jika saya mendapat pertanyaan seperti di atas ?

Maka saya akan menjawab “Ya, itu mungkin saja terjadi jika Anda mau melihat dari sisi uang yang dikeluarkan.”

Kita bisa saja jualan di Facebook tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Bahkan kita bisa menggunakan internet bebas biaya pulsa di jaman sekarang ini. Alasannya karena di masa ini banyak bermunculan tempat yang menyediakan wifi gratis.

Mulai dari perpustakaan, taman-taman kota, rumah sakit, mall, universitas, sekolah, dan banyak tempat umum mulai menyadari bahwa fasilitas wifi gratis adalah sebuah daya tarik untuk mengundang perhatian calon pengunjung.

Itu adalah keuntungan bagi Brothers and Sister pemula yang baru ingin memulai berbisnis online. Mutlak harus dimanfaatkan … He he he.

Lalu, BAGAIMANA CARANYA SECARA GRATIS JUALAN DI FACEBOOK ?

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan mungkinkah jualan di Facebook gratis, ya.

Tapi sebelum ke trik bisnis online jualan di Facebook secara gratis, ada baiknya kalau Anda tahu bagaimana program Facebook bekerja.

Facebook sangat memprioritaskan pengalaman yang menyenangkan buat para penggunanya.

Beberapa tahun yang lalu, saat kita membuat sebuah postingan / update status semua teman kita akan mendapat notifikasi bahwa ada postingan dari kita, dan postingan kita akan tampil di dinding Facebook mereka.

Jaman dahulu, jika kita ingin berjualan di Facebook yang harus kita lakukan adalah memiliki teman sebanyak-banyaknya, rajin-rajin membuat postingan foto produk, maka orderan pun akan mengalir.

Semua teman kita akan dapat melihat barang dagangan kita.

Akan tetapi saat ini hal itu tidak bisa lagi dilakukan oleh para penjual di Facebook. Algoritma pemrogaman Facebook telah berubah.

Saat ini ada dua jenis profil akun di Facebook, yang pertama adalah akun pribadi kita yang sudah ada dari sejak dulu eksis. Yang kedua adalah akun bisnis, yang dikenal dengan Halaman Facebook / Facebook page.

Akun pribadi kita saat ini punya lebih banyak keterbatasan, jumlah teman (friends) kita terbatas hanya 5000 orang. Saat ada yang ingin menjadi teman kita lagi, mereka hanya akan diberi pilihan untuk menjadi follower atau pengikut akun kita.

Jaman dulu kita akan bisa melihat semua postingan teman kita, dan sebaliknya teman kita juga bisa melihat setiap postingan kita.

Baca juga :   Dropship di Media Sosial

Saat ini hanya postingan dari teman-teman, grup, atau halaman facebook yang kita sukai saja yang akan tampil di dinding kita. Itupun tidak muncul semuanya.

Kita juga harus mengubah setting di Facebook dulu untuk bisa melihat semua postingan dari grup atau halaman Facebook Favorit kita.

Facebook menilai kita suka atau tidak terhadap sebuah akun dari berbagai hal. Facebook bisa mendata mana postingan teman yang seringkali kita tanggapi (like, comment, dan share). Facebook juga bisa menandai postingan dari siapa yang sering kita lihat dalam waktu lama.

Biasanya postingan orang-orang inilah yang muncul di dinding kita. Jaman dulu di dinding kita bisa muncul banyak sekali postingan iklan dari akun-akun pribadi teman-teman kita. Ini sangat mengganggu. Facebook tidak ingin para penggunanya tidak menikmati saat menggunakan Facebook. Mereka ingin para penggunanya berlama-lama di Facebook.

Oleh karena itu, saat ini hal itu tidak bisa lagi dilakukan. Walaupun kita punya banyak teman, hanya sebagian kecil dari mereka yang akan melihat postingan dari kita. Facebook kini hanya menampilkan postingan yang memiliki kemungkinan besar kita sukai.

Jika kita ingin menampilkan iklan produk kita ke orang-orang yang kita inginkan, kita harus membuat akun bisnis, halaman Facebook untuk toko online kita, lalu beriklan.

“Tidak ada lagi makan gratis” begitu kata Facebook. Kalau Anda ingin jualan, Anda harus membayar.

Tapi uang yang Anda keluarkan sebanding dengan potensi yang bisa Anda dapatkan. Batasan beriklan di Facebook adalah 1,6 miliar pengguna Facebook. Jadi luar biasa besar potensinya.

Beriklan di Facebook juga sangat targeted (fokus). Kita bisa mengarahkan iklan ke orang-orang yang punya kecenderungan besar untuk membeli produk kita. Contoh : iklan jersey PERSIB / PERSEBAYA / REAL MADRID, bisa diarahkan hanya ke Halaman Fans Club PERSIB /  PERSEBAYA / REAL MADRID.

Hal ini sangat-sangat efektif jika dibandingkan beriklan di koran atau majalah yang dilihat semua pembaca koran / majalah tersebut, tanpa menghiraukan mereka punya relasi atau keterikatan dengan produk tersebut atau tidak.

Tapi memang masih ada jalan untuk menekan biaya iklan di Facebook.

Caranya adalah dengan MEMBUAT KOLAM di Facebook.

Mengapa teknik ini dikenal sebagai “MEMBUAT KOLAM” ?

Karena memang prinsipnya seperti membuat kolam ikan.

Anggaplah Anda adalah seorang peternak ikan di sebuah pinggiran sungai.

Baca juga :   Penghasilan Jutaan Rupiah Lewat Instagram Marketing dan Kunci Sukses Jualan di Instagram

Anda membuat sebuah kolam yang terhubung dengan sungai besar.

Anda lalu menebarkan pakan yang enak dan menarik agar ikan-ikan dari sungai yang besar mau masuk ke dalam kolam.

Setelah ikan-ikan masuk, Anda lalu memelihara ikan-ikan tersebut dengan memberi mereka pakan yang berkualitas tinggi. Anda memberi mereka perhatian dan cinta Anda untuk mereka.

Saat ikan-ikannya sudah banyak dan gemuk-gemuk, barulah Anda memanen ikan-ikan tersebut dengan menjaringnya.

Kurang lebih demikian filosofinya.

Menjaring ikan jauh lebih mudah daripada memancing. Menjaring ikan di kolam ikan jauh lebih mudah lagi, bukan ??

Oke, sekarang itu kan kolam ikan, kalau di Facebook bagaimana caranya ?

Prinsipnya sama ternyata :

  1. Temukan sebuah hal yang jadi interest atau minat Anda. (Contoh : Anda suka FILM dan membuat FILM)
  2. Baca semua buku, ikuti semua training yang ada untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang minat Anda tersebut. Anda harus punya pengetahuan lebih banyak dan dalam dari orang-orang kebanyakan.
  3. Buat sebuah Public Group (KOLAM IKAN) untuk mengumpulkan follower (IKAN-IKAN). Public Group dipilih karena ada fasilitas Sharenya, Anda tentunya berharap agar makin banyak anggota di dalam grup ini, fasilitas Share bagi para member ini akan memungkinkan mereka mengajak teman-teman mereka untuk join grup ini. (Contoh : GRUP FILM MAKER INDONESIA)
  4. Buat sebuah produk gratis yang menarik perhatian para pengguna Facebook untuk bergabung dengan Public Group Anda. (Contoh : VIDEO BOOK MEMBUAT FILM PENDEK YANG MENARIK)
  5. Setelah itu mulailah bagikan konten-konten menarik dan bagus untuk para anggota Grup ini . Share dan berikan sebanyak mungkin manfaat untuk para anggota Grup. Sharing dari Anda ini juga akan meningkatkan Authority (power /  wewenang) Anda. Orang yang memiliki Authority cenderung dipercaya dan didengarkan saat mengungkapkan pendapat. Dalam tahap ini Anda juga membangun relasi dan kepercayaan dengan para anggota grup Anda. (Contoh : TIPS DAN TRIK MENGEDIT FILM)
  6. Setelah beberapa waktu, grup Anda sudah mulai banyak anggotanya, konten-konten yang Anda sudah berikan juga sudah cukup banyak, dan mereka sudah mulai merasakan manfaat dari konten-konten Anda barulah Anda boleh mulai berjualan. (Contoh : KURSUS MEMBUAT FILM ANIMASI)
  7. Salah satu keuntungan memiliki kolam ikan, Anda bisa menanyakan apa produk yang tepat buat penghuni grup Anda. Anda bisa menanyakan masalah apa yang mereka alami. Anda bisa menjual produk yang menjadi solusi dari tantangan yang mereka hadapi. Anda juga bisa mengetes apakah produk Anda diminati atau tidak. Anda bisa bertanya, “Kalau saya mengeluarkan produk tentang A, ada yang mau atau tidak ?”
  8. BERJUALANLAH. Saatnya Panen.
  9. Hebatnya dengan Grup dan Kolam. Anda bisa berjualan produk lain untuk Anggota grup yang sama yang ada hubungannya dengan grup. Contoh : BERJUALAN KAMERA, BERJUALAN JASA MEMBUAT SCRIPT FILM, dan sebagainya.
  10. Yang harus Anda pertahankan adalah bahwa roh atau jiwa grup ini adalah berbagi dan memberi manfaat. Anda boleh berjualan, tapi tetap rajin-rajinlah memberi konten yang menarik untuk Member Grup Anda.
Baca juga :   Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda

Dengan konsep membuat kolam ikan ini, memungkinkan terjadinya closing jualan di Facebook tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Tapi jika Anda perhatikan dengan seksama, uang untuk beriklan di Facebook itu Anda tukarkan dengan waktu, tenaga, dan pikiran saat Anda membuat konten-konten untuk para anggota Grup.

Membuat konten yang menarik tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Konten-konten bermutu tentu akan disenangi oleh para pembaca / anggota grup Anda, mereka akan kerasan dan merasa di rumah saat berada di grup Anda. Tapi konten yang asal-asalan tentu membuat mereka malas masuk grup Anda, mereka tidak akan membagikan konten-konten Anda untuk teman-teman mereka, bahkan bisa saja mereka keluar dari grup.

Saat Anda beriklan di Facebook dengan tahapan dan cara yang benar, Anda bisa melewati proses lama pembangunan Authority ini. Konten-konten tadi diganti dengan sejumlah uang.

Produk Anda akan langsung ditampilkan ke hadapan orang-orang yang berpotensi membeli produk Anda.

Jadi Teman-teman, segala sesuatu itu Ada harga yang harus dibayar. Uang hanya salah satu cara. Tidak ada yang 100 persen gratis. Jika Anda tidak mau membayar dengan uang, Anda harus membayar dengan waktu dan tenaga.

Silakan Anda coba, jika masih bingung memilih produk untuk jualan di facebook, ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini : TRIK MENCARI IDE PRODUK DAN MEMBUAT RENCANA BISNIS SEDERHANA.

Selamat jualan!

download ebook videobook gratis

2 thoughts on “GRATIS JUALAN DI FACEBOOK ??”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>