Apa itu Website, Domain, dan Hosting ? (bagian pertama)

website domain hosting
Apa itu Website, Domain, dan Hosting ? (bagian pertama)

“Anda harus punya website !!! ”

Ada seorang Teman yang berkata begitu.

“Pertama-tama Anda harus beli Domain, lalu menyewa Hosting.”

Teman Saya itu melanjutkan. Anda mungkin pernah mendengar istilah-istilah ini.

Beberapa dari Anda mungkin sudah fasih dan tahu apa yang harus dilakukan jika ingin membuat sebuah website.

Tapi beberapa dari Anda mungkin punya pikiran yang sama dengan Saya beberapa tahun yang lalu.

“Iki opoooo ?? (Ini apa ???), Mmm, jadi Mas Saya harus beli tiga-tiganya begitu ??”

Jangan khawatir kalau Anda masuk ke kategori yang kedua ini. Anda banyak temannya kok =)

Banyak orang bilang jasa membuatkan website itu mahal bisa 2 sampai 5 juta rupiah.

Apakah harus semahal itu ??? Saya juga akan membahas sedikit tentang masalah itu.

Oke, sekarang coba kita bahas pengertian website terlebih dahulu.

Pengertian Website

Website adalah gabungan beberapa / sejumlah halaman yang terdiri dari berbagai data berupa tulisan, gambar diam atau bergerak, animasi, suara, video, atau kumpulan semuanya. Halaman-halaman ini dapat bersifat statis (tetap) atau dinamis (berubah-ubah) membentuk sebuah kesatuan yang saling terkait (terhubung) melalui jaringan-jaringan halaman (hyperlink)

Website adalah sebuah cara untuk menampilkan ide atau diri kita di internet. Sering juga dikenal dengan istilah web, situs, atau portal.

Website bisa dikatakan sebuah tempat di internet, di mana semua pengguna internet dapat mengunjungi tempat tersebut. Mereka dapat berkunjung kapan pun mereka mau. Selama website Anda aktif dan terhubung dengan internet, maka para pengguna internet bisa mendapatkan informasi di website Anda, tanpa batasan ruang dan waktu.

Situs web pertama kali dibangun oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, sedangkan website yang pertama kali terhubung dengan jaringan internet muncul di tahun 1991.

“Tim” merancang website dengan tujuan untuk mempermudah pertukaran dan pembaharuan informasi di antara para peneliti di tempatnya bekerja.

Saat ini teknologi web telah berkembang secara pesat. Banyak hal yang bisa dilakukan di dalam sebuah website. Anda bisa membaca berbagai informasi, melihat  video, mengunduh dan mengunggah data (tulisan, gambar, ataupun video), melakukan transaksi jual beli, bermain game, belajar, dan sebagainya tergantung dari jenis kegunaan web yang Anda kunjungi.

Jenis Website Berdasarkan Bentuknya

Website dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :

1  .  Website statis

Web statis adalah website yang tampilannya cenderung tidak banyak berubah seiring waktu. Website ini hanya bisa diperbaharui atau diubah secara manual oleh pemilik website. Jadi arus informasinya searah hanya dari pemilik web.

Beberapa situs web yang termasuk ke dalam tipe ini antara lain : web perusahaan, web profil (organisasi atau pribadi).

2  .  Website dinamis

Website dinamis adalah situs web yang dirancang dapat diubah secara berkala dengan cara yang mudah. Situs ini cenderung akan berubah tampilannya dalam periode waktu tertentu.

Contoh web yang mewakili jenis web dinamis ini adalah web berita, yang secara berkala diupdate (diubah) sesuai berita terbaru.

3  .  Website interaktif

Website ini bersifat dua arah (interaktif). Jadi isi website ini tidak hanya bersumber dari pemilik website tapi juga dari para penggunanya (user). User dapat mengajukan pertanyaan, memberi jawaban, mengungkapkan suatu ide, gambar, film, dan lain-lain.

Website ini dikenal dengan istilah website generasi 2.0 (web 2.0).

Hubungan dapat terjalin antara pemilik web dan pengunjung, atau antara pengunjung dan sesama pengunjung.

Baca juga :   9 CARA MENGUMPULKAN MODAL UNTUK MEMULAI BISNIS ONLINE

Contoh : web forum, website komunitas, media sosial seperti Facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.

Jenis Website Berdasarkan Kegunaan atau Manfaat

Website memiliki banyak sekali kegunaan. Berikut ini adalah jenis-jenis website berdasarkan kegunaannya :

1  .  Website Profile

Website ini memiliki kegunaan untuk memperkenalkan profil pribadi seseorang, organisasi maupun perusahaan.

Di dalamnya Anda dapat menemukan biodata pribadi , organisasi, ataupun perusahaan tersebut. Anda juga akan bisa melihat berita-berita terbaru tentang mereka.

Hal lain yang biasa ditampilkan antara lain visi dan misi, perkenalan atau informasi layanan dan produk dari perusahaan atau organisasi, alamat dan nomor kontak yang dapat dihubungi, lokasi atau alamat, blog atau artikel yang berkaitan dengan pemikiran atau bisnis dari pemilik situs.

2  .  Website Blog

Website ini berisi berbagai artikel yang ditulis pemilik website mengenai suatu topik yang menarik untuknya. Ada berbagai macam jenis topik blog mulai dari blog tentang bisnis, makanan, hobi, travelling, kesehatan, keuangan, dan sebagainya.

Blog ini biasanya dijadikan sarana dari pemilik blog untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya untuk semua orang di internet.

Blog ini bisa diisi banyak hal, mulai dari cerita aktivitas sehari-hari si penulis seperti diari online, artikel mengenai suatu topik yang menarik minat si Blogger, gambar, video, dan sebagainya

Pemiliknya dikenal dengan nama Blogger, sedangkan kegiatannya disebut blogging.

Blog cocok untuk seorang profesional untuk memperkenalkan karya-karyanya pada dunia. Jadi jika Anda seorang fotografer, pelukis, penulis, desainer, atau koki blog bisa jadi sarana untuk memajang portfolio Anda.

Blog juga bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan penghasilan melalui berbagai iklan yang muncul di blog. Blog yang memiliki pengunjung (trafik) yang banyak akan memiliki potensi besar untuk membuat penghasilan.

3  .  Website toko online

Web ini seperti namanya memiliki tujuan untuk berjualan berbagai barang secara online. Ada banyak jenis toko online, mulai yang besar seperti marketplace (tokopedia, bukalapak, lazada, dan sebagainya), sampai toko online kecil dengan niche (ceruk pasar) yang lebih spesifik contoh : toko online khusus perlengkapan bayi, toko online khusus buku, toko online khusus menjual barang-barang merchandise tim sepakbola “BARCELONA” atau “REAL MADRID”, dan sebagainya.

Jika Anda ingin berjualan di internet, Anda bisa saja berjualan di sosial media atau marketplace.

Tapi Anda juga sebaiknya mempertimbangkan opsi / pilihan untuk membuat toko online di website yang Anda miliki sendiri.

Pertimbangannya adalah tidak ada yang pernah tahu sampai kapan sebuah sosial media akan eksis. Beberapa belas tahun yang lalu sebelum ada facebook, ada sebuah media sosial yang disebut friendster. Friendster di jamannya punya jutaan pengguna, tapi begitu facebook muncul, friendster tidak dapat mengikuti perkembangan facebook. Mereka lambat sekali mengantisipasi berbagai inovasi facebook. Akhirnya banyak pengguna friendster yang pindah ke facebook dan pada akhirnya friendster harus tutup.

Selain itu jika Anda berjualan di marketplace dan media sosial, itu berarti Anda harus senantiasa siap dan mengikuti perubahan peraturan yang terjadi di marketplace atau media sosial itu.

Beberapa tahun yang lalu Anda bisa dengan bebas berjualan di akun personal facebook, tapi kini Anda harus beriklan di facebook agar status barang dagangan Anda bisa muncul di dinding target market Anda.

Beberapa waktu yang lalu Anda dapat dengan bebas meng copy – paste judul dan deskripsi produk dari barang dagangan supplier Anda di tokopedia. Saat ini Anda jika Anda masih lakukan itu, toko / lapak Anda akan mendapat peringatan.

Baca juga :   Apa itu Website, Domain, dan Hosting ? (bagian kedua)

Di toko online Anda sendiri (website Anda sendiri), Anda dapat menentukan peraturan Anda sendiri. Walaupun satu media sosial tutup, lalu muncul media sosial yang lain, terjadi berbagai perubahan aturan di marketplace, apapun yang terjadi, asalkan masih ada jaringan internet Anda masih bisa berjualan di toko online Anda sendiri.

Toko online di website milik Anda sendiri itu laksana rumah, di mana Anda bisa selalu pulang jika di luar ada badai.

4  .  Website berita

Web berita sesuai dengan namanya memiliki kegunaan untuk menyampaikan berita terkini (terupdate). Web jenis ini biasanya akan senantiasa berubah jika ada laporan berita terbaru. Jenis beritanya sangat beragam, mulai dari berita terkini, politik, ekonomi, olahraga, sampai entertainment (gosip).

Contoh : detik.com , kompas.com

5  .  Search Engine atau Mesin Pencari

Search Engine atau mesin pencari adalah situs web yang memiliki kegunaan untuk mencari dan mengumpulkan daftar website yang ada di internet di dalam databasenya, lalu menampilkan daftar indeks website tersebut sesuai dengan kata kunci atau keywords yang diketikkan oleh pengguna search engine.

Saat ini pengguna internet sudah terbiasa mencari berbagai informasi yang mereka butuhkan di internet melalui search engine. Informasi yang bisa ditampilkan pun beragam mulai dari artikel / teks, gambar, video, peta, dan sebagainya.

Contoh search engine : Google.com , Bing.com , Yahoo.com

6  .  Website e-commerce (marketplace)

E-commerce adalah website yang mempunyai fitur untuk dapat melakukan kegiatan jual beli produk atau jasa lewat internet.

Situs e-commerce mempunyai kemampuan untuk memajang produk-produk / jasa, mengecek stok, melakukan pemesanan dan bertransaksi online.

Saat ini situs-situs e-commerce menyediakan fasilitas rekening bersama untuk meningkatkan keamanan baik pembeli maupun penjual. Saat seorang pembeli membeli sebuah produk, membayar sejumlah uang, uang ini akan masuk ke rekening bersama.

Uang ini baru dapat diambil penjual jika barang telah sampai dengan selamat ke alamat pembeli. Hal ini ditandai saat si pembeli memberikan konfirmasi penerimaan barang, atau ada konfirmasi barang telah dikirim sampai tujuan dari perusahaan jasa pengiriman.

Dengan demikian kejadian barang tidak dikirim penjual, atau pembeli tidak membayar dapat dihindari.

Situs e-commerce membuka kesempatan bagi semua orang untuk membuka lapak dan berjualan di situsnya. Siapa pun kini punya kesempatan berjualan online dengan cara yang relatif mudah. Biasanya, situs e-commerce mengambil keuntungan dari persentase uang hasil penjualan atau dari uang biaya iklan.

Contoh : tokopedia.com , bukalapak.com , amazon.com , dan sebagainya

7  .  Website Komunitas atau Forum

Situs komunitas atau forum adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin saling berinteraksi dan bersosialisasi tentang sebuah hal (biasanya didasari minat yang sama) melalui pembentukan sebuah forum atau komunitas.

Di dalam situs ini, anggota / member dari komunitas dapat saling bertukar info dan membentuk grup-grup untuk berkomunikasi dengan lebih intens. Grup ini sering disebut sebagai forum.

Forum ini biasanya juga dibentuk sebagai after sale (bentuk pelayanan setelah kita membeli produk atau jasa tertentu). Di forum ini penjual akan melayani berbagai pertanyaan seputar produk atau jasa yang telah dibeli, mulai dari cara penggunaan, komplain, sampai masalah lain yang ada hubungannya dengan produk.

Contoh : kaskus.co.id

8  .  Situs Cloud

Situs Cloud adalah situs menyediakan jasa penyimpanan data secara online. Jadi kapan pun Anda butuhkan data tersebut bisa Anda unduh dari situ cloud tersebut.

Baca juga :   NICHE IS NICE (TRIK MENENTUKAN NICHE atau CERUK PASAR YANG TEPAT)

Anda tidak perlu lagi membawa laptop, flash disk atau hard disk portabel Anda ke mana-mana.

Situs ini biasanya juga memiliki fitur media sharing yang dapat memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi para anggotanya, disertai dengan fitur canggih untuk melakukan sinkronisasi file. Fitur sinkronisasi file memberikan fasilitas untuk membuka file-file yang mereka simpan di situs server cloud di berbagai komputer, laptop, gadget (tab dan smartphone) tanpa harus mengcopy dan memindahkan file-file tersebut secara manual.

Contoh : dropbox.com, googledrive, skydrive

9  .  Website Archive

Situs web Archive digunakan untuk menyimpan konten / data elektronik di internet yang terancam hilang. Sebagai contoh adalah Google Groups yang pada tahun 2005 sudah berhasil membuat arsip dari lebih dari 845 juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.

10.  Website Media Sosial

Media Sosial adalah situs yang mengijinkan para penggunanya untuk berbagi kata-kata, gambar, musik, dan video kepada para pengguna lainnya.

Dalam media sosial ini biasanya seorang pengguna memiliki fasilitas untuk berteman dengan pengguna lainnya. Mereka kemudian dapat saling berkomunikasi dengan teman-temannya itu lewat kata-kata, gambar, musik, dan video. Mereka juga dapat saling berbagi status / posting yang mereka anggap menarik antar pengguna.

Di dalam situs ini dikenal istilah like (sukai konten), comment (berikan komentar tentang sebuah konten), dan share (bagikan konten ke teman-teman). Di media sosial sebuah konten dapat menyebar ke banyak orang dalam waktu cepat dengan fasilitas share ini.

Oleh karena itulah muncul istilah viral, di mana sebuah konten / status / posting dapat dibagikan berkali-kali dengan sangat cepat di antara pengguna, seperti penyakit flu yang disebabkan virus dapat menyebar dari satu penderita ke banyak orang dengan cepat.

Contoh : facebook.com , instagram , twitter , youtube , dan masih banyak lagi.

11.  Situs Social Bookmarking

Social bookmarking merupakan situs yang memperbolehkan penggunanya memasukkan informasi (dalam berntuk artikel, gambar, atau video) untuk dibaca lalu di-rating (diberi nilai) dan dikomentari oleh pengguna lainnya.

Situs-situs jenis ini sering digunakan pemilik situs berita dan blog untuk mempromosikan konten situs mereka.

Contoh : Lintasberita , Digg

12.  Situs Wiki

Situs wiki adalah situs yang menyediakan berbagai informasi mengenai berbagai hal seperti sebuah ensiklopedia online. Situs wiki memperbolehkan penggunanya untuk menulis atau mengedit artikel mengenai suatu hal sesuai dengan peraturan yang berlaku di situs wiki tersebut, satu bahasan tertentu bisa ditulis oleh banyak pengguna.

Walaupun situs wiki ini memperbolehkan para penggunanya mengedit informasi di dalam wiki, informasi ini kemudian biasanya akan direview secara berkala oleh tim wiki untuk melihat apakah konten artikel itu layak dimuat atau tidak.

Informasi di wikipedia ini sangat beragam dan banyak yang sangat lengkap, tapi tidak untuk dipercayai 100 persen. Kredibilitas penulis di wikipedia tidak dapat diandalkan.

contoh : wikipedia

Pada postingan berikutnya Saya akan membahas secara khusus mengenai apa itu domain dan hosting. Jadi tunggu artikel berjudul Apa itu Website, Domain, dan Hosting ? (bagian kedua).

 

download ebook videobook gratis

One thought on “Apa itu Website, Domain, dan Hosting ? (bagian pertama)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>