Penghasilan Jutaan Rupiah Lewat Instagram Marketing dan Kunci Sukses Jualan di Instagram

jualan di instagram
Penghasilan Jutaan Rupiah Lewat Instagram Marketing dan Kunci Sukses Jualan di Instagram

Siapa yang tak kenal dengan Instagram? Instagram adalah salah satu social media yang sangat populer dan banyak dimanfaatkan juga sebagai sarana membangun brand (merk), sebagai katalog dan portofolio perusahaan, serta sebagai sarana jualan di Instagram.

Sejak awal kemunculannya, Instagram lebih banyak memfokuskan diri sebagai sarana berbagi gambar atau foto-foto yang menarik. Walaupun saat ini Instagram sudah bisa memfasilitasi video-video pendek, namun kekuatan gambar/foto yang menarik tetap menjadi ciri khas para penggunanya di instagram.

Mengapa Harus Jualan di Instagram?

Sebagai pebisnis online, Anda harus mengetahui mengapa jualan di Instagram harus menjadi salah satu pilihan favorit Anda. Setidaknya ada 5 alasan utama mengapa Anda harus mulai mendalami pemasaran lewat Instagram atau yang biasa dikenal dengan Instagram Marketing.

  1. Studi menunjukkan bahwa tingkat partisipasi keikutsertaan (engagement) di Instagram sangat jauh berada di atas media sosial terpopuler saat ini, yakni Facebook, sebesar 50 kali lipat lebih besar.
  2. Menurut survey kepada beberapa pelaku toko online yang memasarkan produk-produknya lewat jualan di Instagram, mereka mengaku memiliki omset penjualan 20 kali lipat lebih tinggi ketimbang berjualan di Facebook.
  3. Survey juga menyebutkan bahwa media sosial Instagram ternyata lebih banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas di perkotaan, yang artinya lebih memiliki daya beli tinggi dan lebih terbiasa berbelanja online. Tentu konsumen yang demikian yang Anda cari, bukan?
  4. Sebuah studi di mancanegara menyatakan bahwa memang Instagram lebih efektif untuk berjualan ketimbang Facebook. Tampilan elegan Instagram yang tidak banyak distorsi (pengalih perhatian) ketimbang Facebook memang terbukti mampu membuat para penggunanya lebih fokus ketimbang para pengguna Facebook yang memiliki banyak pengalih perhatian di bagian kanan kiri user interface-nya. Dalam sudut pandang psikologi, tampilan yang fokus di Instagram ini sangat mendukung terjadinya proses pembelian.
  5. Gratis dan juga menyediakan fasilitas beriklan yang harganya sangat murah dan sangat terjangkau.

Nah, setelah Anda tahu alasan-alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan Instagram sebagai media pemasaran produk Anda, kini saatnya Anda mulai membuat akun Instagram.

Baca juga :   Jadikan Mobile Marketing Sebagai Sumber Trafik Untuk Blog Anda

 

3 Kunci Sukses Jualan di Instagram

Setelah Anda memiliki akun Instagram, tidak serta merta Anda berjualan kemudian laris manis tanjung kimpul. Tentu ada beberapa hal kunci yang harus Anda perhatikan agar akun jualan Anda di Instagram bisa menghasilkan penjualan yang dahsyat.

3 Hal kunci yang bisa membuat laris jualan di Instagram, yakni :

Kunci #1 : Foto Harus Menarik dan Profesional

Agar akun Instagram jualan Anda bisa menghasilkan omset puluhan bahkan ratusan juta per bulan, syarat utamanya adalah foto produk yang menarik dan profesional.

Beberapa pakar Instagram Marketing menyarankan agar Anda memajang foto/gambar minimal 30 produk sebelum mulai berjualan.

Foto atau gambar yang dipajang pun sebisa mungkin harus menarik dan terlihat profesional. Jika Anda tidak bisa menyediakan foto dan gambar yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa endorsement dan foto produk yang banyak tersedia saat ini. Budget-nya bisa Anda pilih yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Kunci #2 : Follower Akun Instagram Harus Banyak Serta Tertarget

Salah satu kunci jualan yang laris di Instagram adalah follower yang banyak dan tertarget.

Berapa banyak? Minimal Anda harus memiliki 1000 followers tertarget di awal Anda mulai jualan di Instagram.

Lalu apa artinya follower tertarget?

Follower tertarget artinya follower yang Anda miliki adalah follower yang memiliki ketertarikan dengan produk-produk yang Anda jual.

Jika Anda memiliki banyak follower yang tertarget dengan jumlah yang banyak, maka Anda jualan Anda akan lebih laris.

Pertanyaan kuncinya adalah, bagaimana caranya memiliki follower yang banyak dan tertarget secara cepat dan aman?

Ada 2 cara untuk menambah follower secara cepat sekaligus tertarget.

[1] Menambah Follower Instagram Dengan Cara GRATISAN

Anda bisa menambah follower Instagram secara gratis dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Cari kompetitor atau bisnis sejenis di Instagram dan follow follower mereka sebanyak-banyaknya. Agar Anda tidak terkena suspend oleh pihak Instagram, Anda harus melakukan hal ini secara bertahap. Lakukan penambahan follower 100-150 orang setiap harinya dengan pola 50 orang di pagi hari, 50 orang di siang hari, dan 50 orang lagi di sore hari.
  2. Beberapa survey menunjukkan bahwa sebanyak 30% dari orang-orang yang Anda follow ini akan melakukan follow back kepada akun Anda. Jadi, jika Anda rutin menambahkan 100-150 orang setiap harinya, maka dalam 1 bulan harapannya follower Anda akan meningkat menjadi sekitar 1000 orang. Lakukan ini selama 6 bulan sambil Anda terus berjualan.
  3. Sekitar 1 bulan setelah Anda mem-follow banyak akun follower kompetitor Anda tadi, Anda bisa mulai melakukan unfollow akun-akun tersebut sekiranya memang menurut Anda akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berjualan di Instagram. Proses unfollow ini juga sebaiknya Anda lakukan bertahap sama seperti ketika Anda mem-follow mereka, yakni 50 akun di pagi hari, 50 lagi di siang, dan 50 akun lagi di sore hari.
Baca juga :   INI DIA RAHASIA JUALAN TANPA KELIHATAN MENJUAL (COVERT SELLING)

[2] Menambah Follower Instagram Dengan Cara BERBAYAR

Menambah follower Instagram dengan cara gratisan sangat bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi syaratnya tentu Anda harus punya banyak waktu luang dan energi, karena memang terkadang prosesnya cukup melelahkan dan seringkali membuat jenuh.

Nah, bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan cara gratisan menambah follower Instagram, Anda bisa menggunakan cara berbayar untuk menambah follower yang banyak dan tertarget.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah jumlah follower Instagram dengan cara berbayar, yakni :

a. Menggunakan jasa PAID PROMOTE atau promosi berbayar ke akun-akun publik di Instagram yang sudah memiliki follower dengan jumlah yang sangat besar.

Memilih akun publik untuk jasa paid promote ini pun Anda tidak boleh asal pilih. Misalnya Anda berjualan hijab atau busana muslim, ada baiknya Anda memilih akun publik yang memiliki tema postingan yang relevan dengan produk-produk yang Anda jual misalnya akun publik @sahabatmuslimah.

Jika produk jualan Anda lebih generik, misalnya jualan rengginang, Anda bisa menggunakan jasa paid promote akun publik generik seperti @dagelan atau akun yang lainnya.

b. Menggunakan jasa ENDORSEMENT BERBAYAR menggunakan jasa akun-akun yang memang sengaja menjual jasa endorse.

Jasa endorse biasanya dilakukan oleh akun-akun pribadi yang memiliki follower yang sangat banyak, misalnya selebritis, atlet, penyanyi, dan lain-lain.

Melalui jasa endorse, akun-akun ini akan memajang foto produk Anda yang (seolah) sudah mereka gunakan sambil mempromosikan produk Anda tersebut. Dan, biasanya akun-akun ini akan memberikan file softcopy gambar/foto mereka yang sedang menggunakan produk Anda untuk bisa Anda posting di akun Instagram jualan Anda.

Contoh talent management yang menerima jasa endorsement berbayar dengan harga yang cukup terjangkau misalnya @bff_management.

Kedua cara berbayar yang sudah dijelaskan tadi, yakni paid promote dan jasa endorse, bertujuan selain untuk mempromosikan produk jualan sekaligus juga untuk secara tidak langsung bisa menambah jumlah follower Anda.

Baca juga :   GRATIS JUALAN DI FACEBOOK ??

Kunci #3 : Lakukan Promosi Secara Berkala

Salah satu kunci sukses kebanyakan akun jualan di Instagram adalah karena akun-akun ini mau mengeluarkan budget dana untuk melakukan promosi secara berkala. Di bagian sebelumnya, sudah dibahas jenis promosi di Instagram yang selain bisa menaikkan jumlah omset penjualan, juga bisa menaikkan jumlah follower Anda.

Selain itu, Instagram juga menyediakan fasilitas beriklan dengan biaya yang sangat terjangkau yang bisa menjangkau target pasar Anda di luar follower Anda selama ini.

Guru saya pernah berkata, lebih baik keluar dana 1 juta rupiah tapi mendapat penjualan hingga 20 juta rupiah daripada tidak keluar dana sama sekali tapi penjualan juga tidak ada.

Demikian paparan singkat mengenai alasan mengapa Anda harus mulai jualan di Instagram serta tips langkah praktis untuk membuat akun jualan di Instagram yang bisa menghasilkan omset penjualan hingga ratusan juta rupiah.

Selamat mencoba.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>