7 CARA MENCARI UANG DI INTERNET

cara mencari uang di internet
7 Cara Mencari Uang di Internet

Ada banyak cara mencari uang di internet dan kebanyakan dari kita yang sudah sering mendengar kata-kata “BISNIS ONLINE”.

Sekarang pertanyaan saya, “Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar Bisnis Online atau mencari uang di internet ?”

Silakan tutup mata Anda sejenak, lalu ucapkan “BISNIS ONLINE” atau “cara cari uang di internet”. Gambar apa yang terbayang ??

Kebanyakan dari Anda mungkin melihat TOKO ONLINE, berjualan berbagai produk fisik di Instagram atau Facebook.

Sebagian dari Anda mungkin terbayang AFFILIATE MARKETING, menjadi MAKELAR ONLINE.

Tapi apakah BISNIS ONLINE itu hanya TOKO ONLINE dan AFFILIATE MARKETING ??

Mari kita simak berbagai hal yang bisa dilakukan untuk dapat uang dari internet.

1  .  MENJUAL PRODUK FISIK

Berjualan produk fisik sudah tidak asing dengan kehidupan kita di tahun 2017 ini.

Toko Online termasuk ke dalam jenis usaha ini. Kita bisa berjualan berbagai produk di internet.

Toko Online adalah cara mencari uang di internet di internet yang paling populer.

Mulai dari makanan sampai rumah, alat elektronik, peralatan rumah tangga, obat-obatan herbal, pakaian, dan sebagainya.

Banyak situs dibuat untuk mendukung proses jual beli ini secara khusus, sebagai contoh untuk di Indonesia: TOKOPEDIA, BUKALAPAK, SHOPEE, BLIBLI. COM dan sebagainya.

Di luar negeri lebih banyak lagi, tapi beberapa yang paling terkenal adalah AMAZON, E-BAY, dan ALLIBABA.

Situs-situs di atas dikenal sebagai MARKETPLACE, pasarnya BARANG-BARANG / PRODUK FISIK di Internet.

Anda bisa berperan sebagai penjual maupun pembeli di Marketplace ini. Oleh karena ini adalah pasar, banyak penjual / toko, jadi harganya biasanya lebih bersaing.

Selain berjualan di MARKETPLACE, Anda juga bisa membuat situs toko online Anda sendiri. Biasanya dalam bentuk NICHE STORE, atau Toko yang menjual produk-produk dari ceruk pasar tertentu (tematik). Misalnya : Toko Online yang khusus menjual Sepatu Boot (Toko ini memiliki payung besar “TOKO FASHION” tapi mengambil kekhususan untuk menjual “Sepatu BOOT”).

Atau misalnya Toko Online yang khusus menjual “DIECAST “ (Mobil-mobilan kecil, biasanya untuk kolektor). Toko ini memiliki payung besar “MAINAN” tapi mengambil kekhususan untuk menjual “MOBIL-MOBILAN DIECAST”.

Atau Saat ini Anda juga bisa membuat TOKO ONLINE di MEDIA SOSIAL, seperti di FACEBOOK, INSTAGRAM, atau LINE.

Anda bisa menjadi GROSIR, RESELLER, atau DROPSHIPPER.

Grosir berarti agen besar, distributor dengan stok besar, sumber barang biasanya impor atau mendatangkan langsung dari pabrik.

Reseller, membeli dalam jumlah banyak, mendapat harga lebih murah lalu dijual dengan selisih harga atau profit.

Dropshipper menjual sebuah produk milik supplier dengan harga yang lebih tinggi, menerima pesanan, menerima uang , membeli barang dari supplier lalu meminta supplier mengirimkan barang ke customernya. (Tidak perlu punya barang, tidak perlu stok, tidak perlu packaging dan mengirimkan barang.)

2  .  AFFILIATE MARKETER ONLINE

AFFILIATE MARKETER bisa juga dikatakan sebagai MAKELAR ONLINE. Anda membantu orang (VENDOR) menjualkan produk mereka secara online (memanfaatkan internet).

Affiliate marketer juga merupakan salah satu cara mencari uang di internet yang sudah dikenal banyak orang.

Seorang AFFILIATE MARKETER akan mendapatkan komisi sebagai upah pekerjaan mereka.

Ada banyak pilihan dalam dunia AFFILIATE, Anda bisa memilih produk-produk yang akan memberikan komisi saat terjadi penjualan (pay per purchase).

Contohnya di AMAZON, CLICKBANK, IDAFF, RATAKAN.

Anda juga bisa memilih produk-produk yang akan memberikan komisi untuk lead (prospek calon pelanggan). Jadi jika ada orang yang melihat iklan Anda, misal tentang sebuah “SITUS MAKCOMBLANG ONLINE / DATING SERVICE”, tertarik dan lalu mengisi data-data pribadi mereka di sebuah formulir online, Anda akan mendapat komisi. (pay per action)

Atau Anda bisa memilih mempromosikan aplikasi-aplikasi untuk smart phone. Saat seseorang melalui iklan Anda meng-install aplikasi tersebut, Anda akan mendapat komisi (payper install).

Menjadi affiliate memiliki berbagai keuntungan :

  • Modal awal yang relatif rendah
  • Bisa menjual berbagai macam produk dan jasa
  • tidak perlu membuat produk
  • tidak perlu stok produk
  • tidak perlu melakukan packaging dan mengirim produk
  • tidak memerlukan karyawan yang banyak, bahkan bisa dilakukan sendiri
  • Bisa berjualan ke mana saja (dalam negeri maupun luar negeri)
  • pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja
  • tidak perlu menjadi customer service (melayani komplain)

Affiliate Marketer pada prinsipnya melakukan hal-hal berikut ini :

  • Mereka bergabung dalam sebuah situs yang memiliki sistem affiliasi atau memiliki produk-produk affiliate.
  • Mereka memilih produk yang akan dipromosikan lalu membuat link unik atas nama mereka
  • Melakukan riset produk , mencari informasi keunggulan dan kekurangan produk
  • Membuat review produk dalam sebuah landing page (situs perantara)yang isinya mengarahkan calon customer membeli produk melalui link / tautan khusus yang mereka berikan.
  • Membuat iklan untuk mendatangkan traffic (calon customer) lewat berbagai sumber traffic (Traffic gratis (SEO) maupun berbayar) dan media sosial. Proses ini yang akan menghabiskan modal dan tenaga seorang Affiliate. Modal uang dipakai untuk beriklan.
  • Saat seseorang membeli produk melalui link khusus mereka. Sistem akan mencatat nama mereka dan memberikan komisi.
  • Semakin banyak penjualan semakin banyak komisi. Selisih komisi dan biaya iklan adalah pendapatan seorang Affiliate.
Baca juga :   5 Jenis Trafik Berdasarkan Awareness (Kesadaran)

3  .  Jual JASA dan KEAHLIAN ONLINE (SERVICE PROVIDER)

Jika Anda memiliki sebuah keahlian, Anda kini bisa menawarkan jasa Anda lewat internet. Saat ini banyak situs PENYEDIA JASA ONLINE (SERVICE PROVIDER). Seperti Freelancer.com atau Fiverr.

Menjual jasa adalah cara mencari uang di internet yang paling murah, karena modal Anda adalah keahlian, pengetahuan, atau pengalaman Anda.

Jasa yang bisa anda tawarkan juga bervariasi, mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan online marketing, seperti : membuat website, mendatangkan traffic, membuat desain web, translator, dan sebagainya.

Jasa-jasa atau pekerjaan seperti yang ada di kantor offline , seperti : administrasi, marketing & sales, Akuntan, HR, dan sebagainya.

Atau bahkan Jasa-jasa unik yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Ada orang yang menjual jasa “MENJADI PACAR ONLINE PURA-PURA”. Ha ha ha keren kan.

Jadi gadis cantik ini akan memposting sebuah video yang di dalamnya dia akan mengatakan “ILOVE YOU” kepada Anda di akun Facebook Anda, sehingga teman-teman Anda akan berhenti meledek atau membully Anda karena status jomblo Anda.

Atau seperti jasa ini, ada seorang gadis cantik yang bersedia ngobrol apa saja dan menemani Anda selama 1 jam untuk 5 Dollar.

So “BE CREATIVE” dan Anda akan punya jasa untuk Anda jual.

4  .  INFOPRENEUR

INFOPRENEUR adalah seorang ENTERPRENEUR atau wiraswasta yang fokus produknya adalah informasi (bisnis informasi). Menjadi seorang Infopreneur juga termasuk ke dalam cara mencari uang di internet dengan menjual informasi dan pengetahuan dalam bentuk e-book, buku-buku, course, e-course, seminar, membership, dan workshop.

Banyak contoh infopreneur yang sukses, Robert Kiyosaki, Jack Canfield, Donald Trump, Andrie Wongso, Ippo Santoso, James Gwee, Merry Riana, Denny Santoso, Dewa Eka Prayoga, dan masih banyak lagi.

Informasi yang mereka tawarkan juga bervariasi, mulai dari mengatur keuangan, cara-cara mencapai kesuksesan dalam hidup, copywriting, membangun bisnis online, membangun bisnis property,  dan sebagainya.

Anda mungkin bertanya “Lalu apa yang bisa saya jual, saya rasanya tidak punya keahlian seperti mereka.” Informasi bisa berasal dari mana saja.

Ada orang yang sukses dari bisnis informasi yang berasal dari keahlian atau pekerjaan mereka.

Banyak contoh orang sukses menjual e-course fitness (mengurangi berat badan dengan melakukan latihan fitness ala mereka, atau latihan yoga) sebelumnya adalah seorang personal trainer atau pelatih yoga di sebuah gym. Bahan buku atau course mereka berasal dari pengalaman dan keahlian mereka sebagai personal trainer.

Menjadi seorang ahli di sebuah bidang adalah baik. Anda bisa mendapat puluhan bahkan ratusan juta dengan bekerja sesuai keahlian Anda. Tapi itu semua dibatasi waktu dan tenaga Anda. Dengan membuat produk infopreneur Anda akan memiliki peluang untuk membantu banyak orang, menjual berbagai informasi tentang keahlian Anda berkali-kali lipat lebih banyak tidak terbatas waktu dan tenaga. Jadi kemampuan scalling up ini yang dapat dicapai dengan infopreneur.

Selain dari keahlian Anda (asalnya dari titel / gelar, sekolah, kursus), ternyata sumber ide untuk infopreneur juga bisa didapat dari hal-hal yang Anda minati atau sukai.

Ada orang yang sukses membuat produk infopreneur tentang tips dan trik bermain game online. Orang yang lain sukses dengan produk tips dan trik bersih-bersih rumah yang baik.

Jika Anda hobi dan seorang pemancing yang sukses, mengapa tidak Anda buat saja buku atau course tentang Memancing yang baik ?

5  .  BLOGGER

BLOGGING atau membuat Blog adalah salah satu cara mencari uang di internet yang sudah sangat lama diketahui orang.

Konsepnya adalah Anda membuat sebuah website atau blog yang kemudian diisi dengan berbagai artikel yang berguna untuk pembaca blog Anda.

Konten Blog biasanya punya topik yang khusus. Anda sebaiknya fokus pada suatu topik yang menjadi minat atau keahlian Anda.

Mengapa minat dan keahlian Anda ?

Ingat pepatah, “Lakukan apa yang kamu suka, jadikan itu pekerjaanmu, dan Anda tidak akan merasa bekerja sedetik pun.”

Jika Anda punya passion, walaupun Anda bukan ahli, Anda tidak akan berkeberatan untuk mempelajari hal-hal mengenai passion Anda. Anda juga akan punya cadangan semangat saat rasa malas dan bosan melanda.

Jika Anda sudah memiliki keahlian sesuai topik Blog Anda tentu akan memudahkan Anda untuk berbagi berbagai hal yang Anda rasa penting dalam topik tersebut.

Anda juga bisa punya keunggulan karena tahu berbagai tips dan trik untuk sukses di bidang Anda.

Baca juga :   GAMPANG "BAPER" ? MUNGKIN BERIKLAN DI FACEBOOK (FACEBOOK ADS) BUKAN UNTUK ANDA

Selain itu, Anda juga akan mampu menulis dan mengungkapkan argumentasi mengenai sesuatu hal dalam topik keahlian Anda dengan penuh percaya diri.

Minat dan interest yang bisa menjadi topik blog Anda luar biasa banyaknya, mulai dari : bisnis, pendidikan, bursa saham, mainan elektronik, games, remaja, wanita, dunia pria, kamera, travelling, kuliner dan sebagainya.

Semakin menarik isi / konten blog Anda maka akan semakin banyak pula orang yang akan mengunjungi blog Anda dan membaca artikel-artikel atau video di blog Anda.

Sebagian dari pengunjung Anda bahkan akan SUBSCRIBE (menjadi langganan) Blog Anda.

Semakin banyak pengunjung dan SUBSCRIBER Blog Anda, semakin besar potensi Anda untuk menghasilkan uang.

Anda bisa menyediakan space / kolom iklan Adsense dari Google. Setiap kali ada pengunjung Anda yang mengklik iklan di Blog Anda, Anda akan mendapatkan uang. Menarik bukan ?

Anda juga bisa menjual berbagai barang dan jasa (produk sendiri atau affiliate) yang berhubungan erat dengan topik / niche Blog Anda kepada pengunjung dan subscriber Blog lebih mudah jika dibandingkan kalau Anda tidak memiliki Blog.

Isi Blog yang baik didukung dengan email atau social media marketing yang baik, akan mampu meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung blog Anda.

Kualitas blog menggambarkan kualitas penulis atau pemilik Blog tersebut.

Bahkan Anda bisa saja dianggap ahli sesuai topik di Blog Anda, jika memang Blog Anda diisi konten-konten bermutu tinggi. Inilah yang disebut mampu meningkatkan authority Anda.

Jika pengunjung blog merasakan manfaat dari isi / konten di dalam Blog Anda, secara tidak langsung juga akan meningkatkan kedekatan mereka dengan Anda.

Mereka akan lebih mudah percaya saat Anda menjual atau merekomendasikan suatu produk.

Mereka yakin kalau Anda dapat dipercaya dan tidak akan membohongi mereka.

Mereka percaya kalau Anda hanya akan menjual produk yang baik kualitasnya kepada mereka.

Dan jika memang produk yang Anda jual itu bagus kualitasnya, besar kemungkinan mereka akan membeli produk-produk yang Anda tawarkan berikutnya.

Blog Anda adalah salah satu sumber “Kolam Ikan” / Tribe Anda. Konsep kolam ikan pada intinya seperti berikut :

  • Membangun kolam ikan (Anda membuat blog/grup di media sosial/follower )
  • Memberi makan ikan-ikan (Anda memberikan konten-konten yang berguna dan disukai di dalam blog/grup Anda).

Konten-konten yang Anda buat itu akan meningkatkan authority (tingkat kepercayaan terhadap keahlian Anda di topik Blog Anda) dan kedekatan Anda dengan anggota / member kolam / grup Anda.

  • Memanen ikan / menjala ikan (Anda melakukan penjualan produk atau jasa kepada anggota grup / kolam / tribe Anda).

Saat member grup Anda merasakan manfaat dari konten –konten yang Anda berikan, mereka percaya pada Anda. Mereka percaya bahwa produk Anda berkualitas baik dan Anda hanya akan menjual produk yang bagus dan berguna untuk mereka.

Rekomendasi Anda bermutu tinggi di mata mereka.

Oleh karena itu, konversi penjualan akan lebih mudah terjadi.

  • Kolam atau database ini adalah aset Anda di dunia bisnis online. Saat mereka sudah pernah beli dan merasakan manfaat produk Anda, mereka lebih mudah untuk melakukan pembelian untuk produk atau jasa yang Anda jual di masa yang akan datang. Bahkan jika harganya lebih mahal sekalipun.

Kunci sukses memiliki Blog yang baik :

  • mampu menyediakan dan menulis konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Cara menulis konten yang menarik akan Saya bahas di lain kesempatan.

  • disiplin dan komitmen dalam membuat konten

Blog Anda harus secara rutin diisi dan untuk menulis konten-konten blog butuh komitmen serta disiplin.

Pekerjaan ini akan menghadapi tantangan yang asalnya dari diri Anda sendiri. Rasa malas dan bosan adalah tantangan Anda yang paling besar.

Jadi semalas dan sebosan apapun Anda, Anda harus bisa membangkitkan semangat Anda untuk mengisi konten blog. Sekali lagi komitmen dan disiplin !!

  • uptodate, selalu menyesuaikan perkembangan jaman.

Anda harus senantiasa mengupdate pengetahuan Anda mengenai perkembangan terbaru sesuai topik Anda.

Misalnya topik Anda mengenai dunia pendidikan anak, ya Anda harus senantiasa update berita-berita terbaru tentang dunia pendidikan anak.

Anda juga harus rajin-rajin riset mengenai hasil-hasil penelitian terbaru tentang dunia pendidikan anak.

6  .  Membuat tools dan Game Online

Jika Anda memiliki keahlian programming, Anda bisa menghasilkan uang dari internet dengan menjual berbagai tools (software), aplikasi, atau plugin yang berguna untuk banyak orang.

Tools ini banyak sekali variasinya. Mulai dari tools untuk meningkatkan performa website (plugin Google Analytics, berbagai Theme wordpress sesuai fungsi website), Tools untuk facebook / sosial media marketing (The Graph, Zillatics), tools untuk email marketing (Autoresponder Kirim.email atau Get Response), tools untuk pembukuan / akuntasi di perusahaan, tools untuk supply chain perusahaan, dan sebagainya.

Baca juga :   3 FAKTOR KEGAGALAN WIRAUSAHA BISNIS ONLINE

Anda juga bisa membuat aplikasi games yang bisa dijual secara online, contoh : Flappy Bird, Pokemon Go, Clash of Clan, dan sebagainya.

Tools ini bisa Anda jual sendiri lewat website produk Anda dan iklan di sosial media  atau dengan bantuan para affiliate marketer.

7  .  YOUTUBERS

Menurut statistik, situs youtube memiliki 1 milyar pengguna. Setiap tahun ada lebih dari 1 trilliun views. Setiap hari, ratusan juta jam video dilihat oleh orang di seluruh dunia. Sekali orang melihat video, dia akan menghabiskan rata-rata 40 menit. Lebih dari separuh pengguna Youtube berasal dari mobile.

Tempat yang ramai adalah tempat yang baik untuk mencari uang.

Salah satu alternatif cara mencari uang di internet yang sedang trend saat ini adalah menjadi Youtubers.

Prinsipnya sebenarnya mirip dengan menjadi Bloggers, Anda berusaha menyajikan konten-konten menarik di channel youtube Anda.

Bedanya adalah formatnya harus dalam bentuk video.

Video-video Anda yang menarik akan banyak dilihat, di-like, dan di-share oleh para pengguna youtube.

Jika seorang pengguna menyukai video-video dari channel Anda, mereka akan subscribe channel Anda dan menerima update / pesan jika ada video baru dari Anda.

Bila video Anda banyak dilihat, di-like, dan di-share oleh para pengguna youtube. Anda akan dihubungi Google / youtube untuk bekerja sama. Biasanya Google / youtube akan menjadikan video Anda sebagai tempat beriklan.

Saat orang melihat dan mengklik iklan yang tayang di video, Anda akan mendapatkan uang.

Selain dari Google/youtube Anda juga bisa mendapat tawaran untuk mengendorse (mempromosikan) suatu produk atau jasa dalam video-video Anda berikutnya.

Pihak pemilik produk akan memberikan sejumlah uang untuk endorse dari Anda.

Contoh channel youtube yang terkenal di Indonesia, antara lain : Raditya DIka, Edho Zell, PewDieDie, Ricis Official dan sebagainya.

Hal paling penting sebelum anda membuat video Youtube

Jawablah pertanyaan di bawah ini :

Apa tujuan orang melihat youtube ? QuickSprout menjawab pertanyaan ini , mereka melihat youtube karena :

  1. Mau belajar dan mencari solusi permasalahan yang mereka punyai
  2. Ingin mendapatkan hiburan

Ada orang bilang video youtube yang banyak viewnya dan jadi viral itu Cuma ada dua jenis :

  1. Video yang keren habis, kontennya, gambarnya, editingnya, everything .
  2. Video yang katrok habis, ga ada isinya tapi unik, menarik, dan menghibur

Jadi buatlah konten tentang solusi dan sesuatu yang lucu dan menghibur.

Tapi perlu diingat bahwa menjadi youtubers butuh proses. Menjadi seorang youtubers merupakan salah satu cara mencari uang di internet yang membutuhkan waktu.  Agar channel youtube Anda dapat menghasilkan,  Anda harus rajin mengupload video.

Ada masanya Anda hanya akan mengupload video tanpa ada penghasilan sepeser pun.

Sebagai contoh dari ini Saya ingin mengambil pengalaman dari tulisan di bixbux.com yang berjudul “Tips Lengkap Menjadi YouTuber, Dari Strategi Konten Sampai Dengan Estimasi Dollar Yang Didapat” dari Mas Wientor Rahmada.

Di artikel itu dituliskan bahwa seorang teman dari Mas Wientor, seorang youtubers berbagi pengalaman menceritakan bahwa untuk mulai mendapatkan pendapatan dari youtube dia memerlukan waktu sekitar 5 bulan.

Selama 4 bulan dia hanya mengupload video saja tanpa ada uang yang masuk. Dia mulai menghasilkan setelah mengupload sekitar  50 video dan mencapai 1,4 juta viewers.

Di bulan kelima dia mulai mendapat earning. Sekarang pendapatannya sekitar 12 juta sebulan.

Itupun karena kebetulan pemilihan niche nya mendukung dan memang menghasilkan.

Sebagai bocoran, nichenya adalah tentang mainan anak-anak, dengan pertimbangan anak-anak akan menganggap iklan sebagai bagian utuh dari video.

Selain itu anak-anak memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menekan iklan.

Sekitar 20 youtubers terhebat dunia terjun di niche ini.

Practical Psychology sebuah channel di youtube yang kini mempunyai 960.000 subscribers dalam sebuah videonya yang berjudul “How to Make Money Online – 16 Methods to earn Passive Income and get paid from home” menceritakan bahwa dia baru mendapatkan yang dirasakannya besar setelah membuat 98 video.

Jadi ya memang butuh kerja keras, kesabaran, dan keuletan untuk menjadi youtuber yang sukses.

Butuh juga kecerdikan dalam memilih niche dan topik bahasan.

Setelah sekian puluh video Anda tentunya jadi lebih ahli dalam membuat video, menemukan topik yang menarik, mengedit video, membuat script, dan sebagainya.

Setiap pekerjaan perlu pembelajaran, dari tidak bisa sampai menjadi master butuh waktu.

Jadi jika saat ini Anda belum menghasilkan, tetap semangat Anda tidak sendiri, banyak yang seperti Anda, bahkan para MASTER pun dulu pernah menjadi NEWBIE yang lugu.

So Keep Fighting, Bro n Sis.

 

download ebook videobook gratis

One thought on “7 CARA MENCARI UANG DI INTERNET”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>